Lincah dan Akurat Menembak! Ini Penampakan Tank Harimau Pindad

by
Tank harimau Pindad

Tank Harimau Pindad mulai dipamerkan pada gelaran Indo Defence 2018 Ekspo & Forum, di Jakarta Ekspo Internasional, Kemayoran, Jakarta Pusat (7/11). Tank Harimau merupakan produk kolaborasi antara PT Pindad dengan FNSS Turky. Dinamakan Tank Harimau karena tank ini layaknya Harimau yang mampu bergerak lincah dan cepat dengan akurasi serangan yang tinggi.

“Karena Harimau itu memiliki daya sergap yang cepat serta mobilitas tinggi. Jadi Tank harimau Pindad ini memiliki karakter layaknya seekor Harimau yaitu mampu bergerak cepat serta memiliki maneuver yang sangat lincah,” ujar General Manager Kendaraan Khusus Pindad, Agus Edi.

Menurut Agus, kondisi tanah gembur jika dilewati kendaraan ini tidak akan menghambat kelincahan dalam berlari. Karena, imbuhnya, tank Harimau didesain menggunakan transmisi mesin otomatis.

Baca Juga: Inilah Paradigma Baru Pembiayaan Infrastruktur

“Daya tapak pada kondisi tanah yang gembur sangat kuat serta tetap lincah dalam melakukan mobilisasi dan juga mampu mengarungi kondisi jalan pasir yang mudah menjebak. Tank ini sangat ringan karena itu kami mendesain dengan teknologi transmisi berteknologi tinggi,” jelasnya.

Agus menyebut jika Tank ini memuat sebanyak tiga orang yaitu masing-masing sebagai penembak, pemberi komando dan sebagai pengendara. Tank Harimau didesain senyaman mungkin sehingga mudah melakukan manufer.

“Tank dengan canon seperti ini biasanya harus diisi peluru secara manula, tetapi Tank Harimau memiliki keunggulan dalam pengisian peluru secara otomatis dengan peluru caliber 105mm. Desain stir pun memiliki sistem layaknya kokpit pesawat sehingga ringan,” paparnya.

Bagaimana akurasi menembak? Tank Harimau mempu membaca sasaran tembak dengan sangat baik dan akurat. Meskipun memiliki mobilitas yang sangat lincah, namun dengan teknologi canggih yang diterapkan mampu mengunci target untuk ditembak.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa Pindad telah menjalin kerjasama dengan Turky dalam menggarap produk tersebut sejak 2016 silam. Dimana tank Harimau tersbut telah dilakukan ujicoba serta mendapatkan sertifikat layak dari Kementerian Pertahanan dan TNI Angkatan Darat. []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *