Connect with us
PERTAMINA

Teknologi & Komunikasi

Layanan IndiHome Diperkuat ke Berbagai Daerah

EKO PRASETYO

Published

on

Layanan IndiHome

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Layanan IndiHome terus diperkuat oleh PT Telkom Indonesia (persero) Tbk (Telkom) hingga ke berbagai daerah.

Salah satu langkah yang dilakukan yaitu penggabungan connectivity, creativity, dan charity (3C) untuk memperkuat layanan IndiHome sebagai fixed broadband berbasis jaringan fiber terluas di Indonesia.

Yang terbaru, PT Telkom melaunching IndiHome Pesona Aceh setelah sebelumnya meluncurkan program IndiHome Wonderful Papua.

Layanan IndiHome Pesona Aceh diresmikan secara hybrid oleh Direktur Consumer Service, Venusiana di beberapa lokasi sekaligus.

Seperti di Taman Seni dan Budaya, Meulaboh, Kuala Simpang, Takengon, Keuchik Lamgugob, dan KM 0 Sabang dengan Wifi.id Corner IndiHome (WiCo), Senin (5/4/2021).

Para peserta kegiatan ini berlokasi di Kota Banda Aceh, dan yang lain mengikuti melalui video conference tempat masing-masing.

Venusiana mengatakan, layanan IndiHome di Aceh ditargetkan akan dibangun hingga 50 Wifi.id Corner IndiHome.

“Wifi.id Corner IndiHome mampu menyediakan kecepatan internet hingga 100 Mbps koneksi internet dengan jaringan yang stabil. Layanan ini dilengkapi dengan fasilitas kursi, meja dan listrik sehingga seluruh pengguna bisa mengakses internet dengan nyaman dan mudah,” jelasnya.

Dijelaskannya, saat ini, layanan IndiHome sudah 100 persen full fiber di Aceh dan telah menjangkau seluruh daerah di Provinsi tersebut, yakni di 5 kotamadya dan 18 kabupaten.

Pihaknya berharap, dengan dibukanya Wifi.id Corner IndiHome di berbagai lokasi akan meningkatkan kreatifitas para komunitas di Aceh dan menghasilkan ide ide yang menarik.

“Kami mengajak berbagai komunitas untuk berkreasi melalui kompetisi Konten Seru bersama IndiHome. Event ini terdiri dari kompetisi film pendek, tarian kreasi hingga puisi,” jelasnya.

Tak haya itu, Telkom juga mengadakan webinar menarik bersama para profesional dan content creator lokal dengan tema “Bikin Konten Seru”.
Untuk mencapai tujuan yang ketiga yaitu charity, IndiHome juga mengatakan berbagai kegiatan sosial untuk menyebarkan kebaikan.

Di antaranya penyerahan bantuan dengan total senilai ratusan juta rupiah kepada para komunitas lingkungan, kesehatan, dan bantuan bagi pondok pesantren.

Berbagai komunitas tersebut yakni Gampong Nusa, Yayasan Darah untuk Aceh dan Pondok Pesantren Yatim Piatu Dayah Syamsul Fata.

“Layanan IndiHome akan terus dioptimalkan hingga ke berbagai pelosok nusantara. Konektivitasnya juga merata dari Sabang sampai Merauke. Ini kita harapkan dapat mewujudkan masyarakat digital yang kreatif dan mewujudkan kedaulatan digital Indonesia,” tutupnya. []

Teknologi & Komunikasi

Pencapaian TKDN Telkom Mulai Diverifikasi, Apa Hasilnya?

EKO PRASETYO

Published

on

Pencapaian TKDN

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Pencapaian TKDN atau Tingkat Komponen Dalam Negeri di PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk mulai diverivikasi.

Proses verifikasi pencapaian TKDN ini dilakukan untuk belanja modal (capex) dan biaya operasional (opex) perusahaan tahun 2020 dengan menggandeng PT Surveyor Indonesia (Persero).

Diketahui, Surveyor Indonesia merupakan BUMN yang ditunjuk sebagai Lembaga Survey Independen untuk TKDN oleh pemerintah.

Verifikasi pencapaian TKDN ini merupakan kegiatan akhir sebelum menyampaikan laporan ke Kementerian untuk mendapatkan validasi dari surveyor independen.

Maka Surveyor Indonesia akan melakukan pemeriksaan (post audit) terhadap lebih dari 15 ribu kontrak belanja Telkom tahun 2020.

Dengan begitu, akan didapatkan kesimpulan yang solid dari penyerapan dan pencapaian TKDN sesuai program peningkatan TKDN yang dicanangkan Presiden RI.

Verifikasi Pencapaian TKDN

Moh. Riza Sutjipto selaku Ketua Satuan Tugas TKDN TelkomGroup, mengatakan kolaborasi ini sebagai wujud keseriusan PT Telkom mendukung program Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN).

“Program P3DN sudah diluncurkan pemerintah sejak beberapa tahun lalu dan kami tentu mendukung guna peningkatan industri dalam negeri. Telkom telah membentuk Satgas TKDN untuk melakukan penyusunan strategi peningkatan pencapaian TKDN,” ungkapnya.

Diketahui, pemerintah mengatur TKDN di jajaran BUMN dalam Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 2018 dan Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 2 Tahun 2014.

Dalam dua aturan ini, baik lembaga/kementerian, pemda hingga perusahaan pelat merah wajib membentuk Tim P3DN.

Untuk itu pihak perusahaan terus meningkatkan kemampuan para karyawan terkait penerapan TKDN dalam operasional perusahaan.

“Ini kami lakukan melalui pelatihan, mengatur ulang pengadaan barang dan jasa, serta membuat laporan pencapaian TKDN secara mandiri,” jelasnya.

Menurut Riza, PT Surveyor Indonesia yang melakukan verifikasi pencapaian TKDN Telkom juga menjadi hal penting guna mendapatkan hasil final terhadap keakuratan pencapaian TKDN yang telah digarap oleh pihak internal Telkom.

Satgas TKDN juga berkoordinasi dengan Kementerian Kominfo dan Pokja Tim Nasional P3DN mengatur penggunaan produk dalam negeri di Telkom Group.

Dari hasil perhitungan secara mandiri, TelkomGroup mencatat penyerapan produk dalam negeri mencapai 41,6 persen dari belanja modal dan 92 persen dari belanja operasional.

Belanja modal perusahaan sejauh ini didominasi material fiber optic dan jasa instalasi.

Riza menyebutkan, teknologi fiber optic memang menjadi infrastruktur utama yang digunakan untuk memberikan layanan IndiHome, sebagai layanan Broadband FTTH Telkom. []

Continue Reading

Teknologi & Komunikasi

Hadirkan Call Center Plasma Konvalesen, Telkom Dukung Program Plasma BUMN

MediaBUMN

Published

on

Donor Plasma

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Dalam rangka Gerakan Nasional Donor Plasma Konvalesen yang dicetuskan oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin, Menteri BUMN RI Erick Thohir memimpin launching program Plasma BUMN Untuk Indonesia, bertempat di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta (8/2).

Acara ini turut dihadiri Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati, dan Direktur Human Capital Management Telkom Afriwandi.

Program yang digelar di 34 provinsi ini merupakan wujud konsistensi Kementerian BUMN dan perusahaan BUMN untuk melawan Covid-19 di Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut Menteri BUMN RI, Erick Thohir memaparkan bahwa potensi dan sumber daya BUMN sangat besar. Tersebar merata di seluruh provinsi di Indonesia dan harus menjadi garda terdepan dalam tiap kesempatan.

Maka dari itu, lanjut Erick, bekerja sama dengan PMI, program ini diluncurkan untuk mendorong karyawan dan keluarga BUMN yang sudah pernah terinfeksi Covid-19 untuk menyelamatkan pasien Covid-19.

“Saya berharap, nantinya semua yang sudah terinfeksi dan sesuai dengan persyaratan tentunya, mau mendonorkan plasmanya untuk sesama. Kami dari BUMN akan selalu siap membantu dengan semua sumber daya yang kami miliki,” ujar Erick.

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) sebagai bagian dari BUMN berkomitmen untuk mendukung penuh program Plasma BUMN Untuk Indonesia yang dicanangkan Menteri BUMN serta Gerakan Nasional Donor Plasma Konvalesen.

Salah satu wujud nyata dukungan Telkom adalah dengan menghadirkan layanan call center 117 ext 5 bekerja sama dengan Satgas Penanganan Covid-19 Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan PMI.

Call center yang mulai beroperasi sejak 8 Februari 2021 ini secara umum berfungsi untuk menerima inbound call dari masyarakat yang ingin mengetahui informasi terkait donor plasma konvalesen, memudahkan masyarakat yang secara sukarela ingin mendaftarkan diri sebagai pendonor, serta outbond call untuk mencari calon pendonor.

Informatif & Percepat Proses

Sementara itu Direktur Enterprise & Business Service Telkom, Edi Witjara mengatakan bahwa hingga saat ini penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional menjadi fokus pemerintah yang terus diupayakan dengan berbagai cara.

Adanya call center 117 ext 5 ini, lanjutnya akan memudahkan masyarakat untuk mengetahui lebih dalam mengenai plasma konvalesen dan mendaftar jika ingin menjadi pendonor untuk selanjutnya akan dipandu hingga proses donor di UDD (Unit Donor Darah) PMI yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

“Diharapkan ini dapat mempercepat proses pengumpulan donor plasma konvalesen yang dapat menolong masyarakat yang terdampak Covid-19,” ujar Edi.

Lebih lanjut Edi menyampaikan bahwa call center plasma konvalesen memiliki operator dan verifikator yang telah dibekali pelatihan soft skill dari Infomedia selaku anak usaha Telkom dan hard skill dari PMI dan BNPB.

Lokasi call center bertempat di Kantor BNPB Jalan Pramuka, Jakarta Timur, yang difasilitasi dengan jaringan internet serta kelengkapan perangkat seperti work station, PC (Personal Computer), headset dan lainnya.

Transfusi plasma Konvalesen merupakan salah satu terapi tambahan untuk mengobati pasien Covid-19 bergejala berat dan kritis, sebagai upaya meningkatkan angka kesembuhan dan menekan angka kematian pada pasien Covid-19.

Adapun syarat pendonor antara lain, penyintas Covid-19 yang sudah negatif dalam kurun waktu 14 hari sampai dengan 3 bulan sejak dinyatakan negatif, berusia 18-60 tahun, berat badan lebih dari 55 kilogram, diutamakan pria (bila perempuan belum pernah hamil), tidak menerima tranfusi darah selama 6 bulan terakhir, memiliki surat keterangan sembuh dari dokter dan bebas keluhan minimal 14 hari. []

Continue Reading

Teknologi & Komunikasi

Telkom Raih Penghargaan di Ajang BUMN Corporate Communications and Sustainability Summit

MediaBUMN

Published

on

BCOMSS

MEDIABUMN.COM, Jakarta – PT Telkom Indonesia Tbk (Telkom) meraih penghargaan “Honorable Mention” dalam BUMN Corporate Communications and Sustainability Summit (BCOMSS) 2021. Penghargaan ini diterima oleh Direktur Human Capital Management Telkom Afriwandi dalam malam penganugerahan BCOMSS 2021 Jumat (29/1) di Jakarta.

Telkom menerima Penghargaan Honorable Mention dalam kategori Creating Shared Value terhadap program Sampah Jadi Emas dengan campaign #DaurBikinMakmur yang telah menciptakan lapangan kerja baru dan menjaga lingkungan hidup di Desa Tuksongo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. BUMN Corporate Communications and Sustainability Summit adalah ajang di dunia komunikasi perusahaan dan program keberlanjutan bagi perusahaan di lingkungan BUMN.

Direktur Human Capital Management Telkom Afriwandi mengatakan, penghargaan ini merupakan bentuk pengakuan bahwa langkah dan inisiatif Telkom dalam program keberlanjutan (sustainabilty). “Penghargaaan ini merupakan bukti komitmen Telkom untuk menjaga lingkungan hidup sekaligus peningkatan kesejahteraan masyarakat dan diharapkan dapat membantu mengatasi masalah kemiskinan di Indonesia, khususnya selama masa pandemi saat ini. Honorable Mention ini menjadi motivasi bagi seluruh jajaran Telkom untuk terus berinovasi dan memberikan yang terbaik bagi masyarakat,” ujar Afriwandi.

Desa Tuksongo merupakan desa yang tidak jauh dari Candi Borobudur. Candi Borobudur merupakan salah satu destinasi wisata utama di Indonesia, dengan meningkatnya wisatawan setiap tahunnya, sampah yang dihasilkan pun ikut melonjak. Ada 12 ton sampah yang menumpuk setiap harinya, dan 30-40% dari sampah tersebut adalah plastik. Belum ada upaya maksimal untuk mengurangi sampah plastik di Candi Borobudur dan area desa sekitarnya.

Di sisi lain, sampah plastik ternyata bisa menjadi keuntungan alternatif bagi masyarakat sekitar, asalkan mereka tahu bagaimana mengolah dan mendaur ulang sampah plastik. Dengan latar belakang tersebut, terbentuklah inisiatif dan melalui kolaborasi antara Balkondes Tuksongo binaan Telkom, dapat diwujudkan masyarakat peduli lingkungan dan kreatif dalam permasalahan sampah plastik.

Langkah konkret yang telah dilakukan antara lain meluncurkan program #DaurBikinMakmur, yakni membuat alat yang digunakan untuk mendaur ulang plastik, terdiri dari shredder, injection, dan extrusion – shredder adalah alat yang berfungsi untuk mengubah bongkahan plastik menjadi potongan-potongan kecil, dan mengubahnya menjadi potongan plastik yang sesuai dengan kebutuhan lalu mencetak sampah plastik tersebut menjadi barang baru. Selanjutnya Telkom membantu penjualan dan pemasaran barang baru tersebut.
Tak hanya itu, Telkom juga mendorong masyakat sekitar untuk mengumpulkan sampah plastik yang dibuang wisatawan. Setiap 1 kg sampah plastik yang dikumpulkan warga akan dihargai Rp10 ribu.

Dikatakan Afriwandi, berkat program #DaurBikinMakmur tersebut masyarakat desa menjadi lebih “pintar” dalam pemanfaatan sampah. Saat ini masyarakat sudah mulai melakukan pemilihan sampah secara mandiri.

Sementara itu dalam waktu dekat, Telkom Magelang akan mengembangkan sistem IT untuk memonitoring project dan sampah keluar-masuk sampai proses penjualan ke umum. []

Continue Reading

Trending

Copyright © 2019 MEDIABUMN.COM

error: Content is protected !!