Layanan Data Telkomsel Naik 21 Persen

by

Layanan data Telkomsel mencatatkan trafik layanan data hingga 17,2 petabyte pada periode Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. Angka itu meningkat 21,3% dibanding rata-rata trafik layanan data pada hari biasa.

GM External Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin menyebutkan trafik layanan data Telkomsel naik hingga 61,7% dibanding dengan periode Natal dan Tahun Baru tahun lalu.

Baca Juga: Penjualan Asuransi Jiwa Di Era Digital Marketing

Menurutnya, kenaikan trafik layanan data Telkomsel yang tinggi dipicu oleh meningkatnya aktivitas pelanggan yang menggunakan video streaming di telepon seluler pintar (smartphone) atau komputer tablet saat pergantian tahun baru.

“Selain itu, pelanggan juga melakukan aktivitas para momentum tersebut melalui berbagai media sosial, serta berkomunikasi melalui pesan instan,” ujarnya.

Kenaikan trafik layanan data Telkomsel tertinggi terjadi di wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta dengan peningkatan 27,6% dibanding hari biasa. Selanjutnya, di wilayah Jawa Barat 26,8% dan Sumatera Utara 24,0%.

Aadapun, penggunaan layanan data secara umum kontribusi tertingginya berasal dari pelanggan yang menyaksikan film atau video secara streaming yang mencapai 33,4%. Pelanggan juga memanfaatkan layanan data untuk aktivitas di media sosial dan menyumbang trafik 32,5%.

Sementara itu, komunikasi teks, dan panggilan suara serta video melalui aplikasi pesan instan memberi andil sekitar 17,0% terhadap penggunaan layanan data.

Baca Juga: Menteri BUMN Dorong Milenial Kembangkan Ekosistem Industri Games

Untuk layanan suara, kenaikannya hanya 1,1% dibanding trafik pada hari normal menjadi 1,3 miliar menit. Sedangkan layanan pesan singkat mengalami kenaikan 13,1% menjadi 605,3 juta pesan singkat.

Sejak periode sebelum Natal dan Tahun Baru, Telkomsel mengaku telah memperkuat seluruh elemen jaringan di seluruh Indonesia. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan trafik layanan data telkomsel yang sudah rutin terjadi pada momen pergantian tahun.

Langkah optimalisasi jaringan dilakukan di 628 titik utama seperti stasiun, terminal, ruas jalan tol, mall dan pusat perbelanjaan, serta objek wisata.

Tak hanya itu, dari sisi pelayanan pelanggan, Telkomsel juga menyiagakan 592 Mobile GraPARI (MoGi) dan 3.779 outlet Siaga yang menyediakan kartu perdana, layanan isi ulang pulsa, serta aktivasi berbagai layanan digital. []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *