Laboratorium Internet of Thing Mulai Dibangun Jasa Marga

oleh
Laboratorium Internet of Thing

Laboratorium Internet of Thing atau IoT dimulai pembangunannya oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Laboratorium yang dibangun di bekas Kantor Jasa Marga Cabang Jakarta-Tangerang ini merupakan persiapan perusahaan menghadapai era industri 4.0. Era di mana hampir semua perusahaan harus siap dengan transformasi teknologi agar tetap bisa bertahan.

Direktur Human Capital and Transformation Jasa Marga Alex Denni mengatakan bahwa era yang menjadikan hampir semua transaksi di semua bidang kehidupan akan diambil alih secara digital sehingga lebih mudah, praktis, dan cepat.

Tujuan Pengembangan Laboratorium Internet of Thing

Laboratorium Internet of Thing yang dibangun kelak diharapkan akan menjadi pusat peneltian dan pengembangan teknologi. Tempat penelitian di mana inovasi-inovasi baru yang memberikan manfaat lebih untuk penggunan jalan tol akan bermunculan.

Selain untuk menjadi pusat pengembangan dan penelitian, Alex berharap Laboratorium Internet of Thing Jasa Marga dapat menunjang kinerja Jasa Marga. Kinerja yang selama ini sudah baik dapat meningkat dengan memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat Indonesia.

Tentu saja peningkatan pelayanan tersebut diperoleh dengan lahirnya teknologi-teknologi terbaru dari IoT Jasa Marga.

Selanjutnya, sebagai media pengembangan teknologi, Laboratorium Internet of Thing Jasa Marga yang sedang dibangun direncanakan menjadi pengembangan pelayanan transaksi tol. Semua transaksi tol di bawah Jasa Marga mulai dari Tol Jakarta – Tangerang sampai Probolinggo akan memanfaatkan teknologi terbaru kelak.

Tidak hanya itu, Laboratorium Internet of Thing yang sedang dibangun Jasa Marga juga dapat melakukan pengembangan terkait keamanan. Kemanan yang dimaksud, misalnya pengelolaan antisipasi kendaraan Over Dimention Over Load (ODOL), Augmented Realty, Traffic Monitoring System, Social Media Comment Centre, dan sebagainya. Semua pelayanan keamanan yang berpusat pada satu titik sehingga lebih mudah dikelola.

Sebagai informasi, IoT Jasa Marga ini dibangun dengan benar-benar menggunakan penguasaan teknologi tinggi. Laboratoium Internet of Thing ini akan dilengkapi dengan Robotic Lab, Tooling Room, Server Room, Computer Lab, dan Testing Room. Bahkan di dalamnya direncanakan juga terdapat Music Room, Digital Library, dan berbagai sarana pendukung berteknologi tinggi lainnya. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *