Connect with us
PERTAMINA

Finansial

Laba BTN Tembus Rp3,20 Triliun di Tahun 2018

MediaBUMN

Published

on

Laba BTN

Laba BTN / PT Bank Tabungan Negara (persero) Tbk (BBTN) sepanjang tahun 2018 berhasil terkumpul Rp3,20 triliun. dimana hal tersebut tercatat berdasarkan laporan bulanan perusahaan pada periode desemnber 2018.

Laba BTN tersebut mengalami kenaikan dibandingkan perolehan laba pada tahun sebelumnya yang tercatat sebesar Rp3,02 triliun atau tumbuh tipis sebesar 5,96 persen secara year on year (yoy).

Namun pertumbuhan tersebut dikatakan mengalami penurunan apabila dibandingkan pertumbuhan pada tahun 2017 yang tumbuh sebesar 15,96 persen dibandingkan perolehan laba pada tahun 2016 yang hanya sebesar Rp2,61 triliun.

Baca Juga: BNI Picu Kinerja Bertindak Sebagai Agen Pemerataan Ekonomi

Adapun pertumbuhan laba BTN pada tahun 2018 ikut didorong oleh pertumbuhan kredit, dimana pada tahun 2018 BTN berhasil menyalurkan kredit sebesar Rp237,75 triliun. total kredit BTN stersebut mengalami kenaikan penyaluran sebesar 19,48 persen dibandingkan penyaluran kredit pada tahun 2017 yang hanya sebesar Rp198,99 triliun.

Sementara itu selain keberhasilan laba BTN, dari sisi Dana Pihak Ketiga (DPK), sepanjang tahun 2018 BTN berhasil menghimpun DPK sebesar Rp211,46 triliun atau tumbuh 9,59% (yoy) dibandingkan tahun 2017 yang hanya terkumpul Rp192,94 triliun.

Direktur BTN Maryono mengungkapkan perseroan sangat bersyukur atas laba btn pada tahun 2018 lalu, untuk itu pada tahun 2019 perseroan membidik target pertumbuhan laba yang lebih tinggi serta pertumbuhan pada kredit dan DPK yang diperkirtakan berada pada kisaran 12 persen hingga 15 persen. Selain itu, rasio kredit macet atau non performing loan (NPL) juga berupaya ditekan pada posisi 1,9 persen sampai 2,1 persen. []

Perbankan

Lebaran Seru #DiRumahAja, bank bjb Sebar Promo Idulfitri 2020

MediaBUMN

Published

on

bjb

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Berbagai kemudahan terus dipersembahkan bank bjb kepada nasabah setianya, masih dalam semarak hari ulang tahun ke-59 tahun serta menjelang Hari Raya Lebaran Idulfitri 2020. bank bjb memberikan kado istimewa kepada para nasabah setianya dengan menggelar program promosi Idulfitri 1441 Hijriah.

Penawaran-penawaran promo ini merupakan program rutin yang diselenggarakan perseroan. Tujuannya, tidak lain untuk memanjakan nasabah loyal yang selama ini telah menjadi mitra bank bjb. Promo ini juga bertujuan untuk memeriahkan perayaan momen lebaran yang kental dengan suasana ingar-bingar.

“bank bjb mencoba memberikan Tandamata lebaran sebagai wujud ungkapan penghargaan dan apresiasi yang diberikan perusahaan kepada nasabah yang selama ini sudah menjadi nasabah setia kami dalam bertumbuh serta berkembang bersama. Semoga dapat dimanfaatkan oleh nasabah agar dapat menambah suasana kemeriahan Hari Raya Idulfitri kali ini,” kata Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto.

Digulirkannya promo lebaran ini ikut dimaksudkan untuk mendukung gerakan lebaran #DiRumahAja di tengah situasi pandemi COVID-19 yang masih menyelimuti dunia. Promo ini dapat dinikmati nasabah melalui layanan e-channel bank bjb.

Dalam pelaksanaannya, terdapat beberapa kategori promo yang diberikan oleh perseroan. Nasabah dapat memanfaatkan promo menarik ini secara optimal. Berikut rinciannya:

Zakat Fitrah

bank bjb juga menyediakan promo Bayar Zakat Fitrah #DiRumahAja melalui QRIS bank bjb. Nasabah yang melakukan pembayaran zakat kepada Baznas via QRIS bank bjb (dengan aplikasi uang elektronik bjb DIGIcash, OVO, GOPAY, LinkAja, Dana) bisa mendapatkan e-voucher Indomaret senilai Rp25.000 hingga 24 Mei 2020 pukul 06.00 WIB. Promo berlaku bagi 200 user pertama yang melakukan pembayaran Zakat.

Food & Beverage

Pada kategori food & beverage, ada sejumlah merchant kuliner yang menawarkan promo, antara lain Ina Cookies, Raacha, Gokana, BMK, Omiyago, dan Marugame Udon.

bank bjb menawarkan merchandise cantik bagi nasabah yang membeli produk Ina Cookies dengan minimum transaksi sebesar Rp150.000 menggunakan bjb DIGI dan bjb DIGICash. Syaratnya dengan menunjukan bukti transfer dan bjb DIGICash dengan melakukan Scan QRIS yang dibawakan oleh kurir. Promo berlangsung pada 20 Mei-20 Juni 2020. Berlaku bagi transaksi menggunakan bjb DIGI dan bjb DIGICash di area Bandung Raya.

Promo di Raacha, Gokana, dan BMK berlaku untuk transaksi minimal Rp200.000 per hari menggunakan bjb Debit Card dan bjb Credit Card akan mendapatkan voucher 25.000 khusus delivery order. Promo berlangsung pada 18 Mei-18 Juni 2020 di outlet Sukajadi, Piset Square, Cimahi Mall dan Jatinangor Town Square.

Promo di Omiyago berlaku pemesanan via home page omiyago.com. Nasabah dapat memperoleh voucher Rp80.000 untuk minimal transaksi Rp400.000. Caranya, masukkan kode voucher bjbTHR sat pemesanan. Promo berlangsung pada 18 Mei-31 Mei 2020. Berlaku untuk 500 transaksi pertama.

Di Marugame Udon, promo diberikan berupa free delivery fee sebesar Rp10.000 dengan minimum transaksi Rp100.000 untuk maksimum pengantaran 7 km. Promo berlaku untuk transaksi menggunakan bjb Credit Card jenis Platinum. Pemesanan dilakukan dengan melakukan telepon langsung ke outlet dan melakukan konfirmasi untuk jenis pembayaran menggunakan bjb Credit Card. Promo berlangsung pada 18 Mei-31 Mei 2020 di outlet Kalideres, Jatiwaringin, Danau Sunter Utara, Jalan Riau Bandung, Buah Batu, Jalan Semeru Malang, Jalan Teuku Umar Bali, Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru.

Marketplace

Pada kategori marketplace, ada sejumlah merchant yang menawarkan promo, antara lain Indomaret, Shopee, Tokopedia, Blibli, iLOTTE, JD.ID.

Promo di Indomaret berlaku untuk pembelian produk Festive Pilihan pada halaman promo Klik Indomaret. Nasabah dapat beroleh tambahan diskon potongan Rp15.000 dengan minimal belanja Rp100.000 menggunakan kupon BJBLEBARAN khusus pembayaran dengan Kartu bjb Credit Card. Periode promosi 20 Mei-30 Juni 2020.

Di Shopee, Tokopedia, iLOTTE, JD.ID nasabah dapat memperoleh diskon sebesar Rp25.000 dengan minimal transaksi Rp250.000. Masukkan kode voucher BJBLEBARAN untuk transaksi di Shopee, dan BJBRAMADAN di Tokopedia, dan BJB-RAMADHAN di Blibli.

Promo berlaku untuk metode potongan langsung dengan menggunakan bjb Credit Card di seluruh marketplace. Promo berlaku untuk 25 transaksi/hari. Periode promosi 22 Mei-31 Mei 2020.

Provider

Pada kategori provider, tiga provider yang menawarkan promo, antara lain Indosat, XL Axiata, Telkomsel.

Promo di Indosat menawarkan tambahan pulsa bagi nasabah terpilih sebesar 5.000 untuk denominasi 100.000 dan 10.000 untuk 150.000. Periode program berlangsung 24 Mei-2 Juni 2020 dan berlaku pukul 12.00-15.00 WIB untuk transaksi menggunakan bjb Mobile, bjb NET, bjb SMS, dan bjb ATM.

Promo di XL Axiata menawarkan double voucher Grabfood hingga 150.000 untuk pembelian Paket Xtra Combo dan Xtra Combo VIP melalui ATM bank bjb, bjb SMS, bjb NET dan Mobile Banking bank bjb. Periode program pada 22 Mei-31 Mei 2020.

Promo di Telkomsel menawarkan tambahan pulsa reguler 20.000 setiap pembelian pulsa internet 200.000 periode 23 Mei 2020 berlaku pukul 00.00 s.d 23.59 WIB.

Promo diberikan khusus bagi nasabah yang melakukan isi ulang pulsa internet melalui e-channel bank bjb (bjb Mobile, bjb NET, bjb SMS, bjb ATM). Info lebih lanjut kunjungi www.bankbjb.co.id atau hub. bjb Call 14049. []

Continue Reading

Perbankan

Bank bjb Salurkan Bantuan Paket Sembako kepada Warga Terdampak COVID-19 di Tegal

MediaBUMN

Published

on

terdampak

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Gelombang batuan untuk meringankan beban mereka yang terdampak pandemi COVID-19 terus digalang berbagai pihak di tanah air. bank bjb, ikut serta menjadi salah satu pihak yang getol mengulurkan tangan kepada yang membutuhkan. Berkali-kali perusahaan yang berkantor pusat di Kota bandung ini berpartisipasi dalam kegiatan sosial mengurangi dampak COVID-19.

Salah satu yang teranyar, bank bjb menyalurkan bantuan berupa 100 paket sembako kepada warga terdampak COVID-19 di Kota Tegal. Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Pimpinan bank bjb Kantor Cabang (KC) Tegal M. Fajar Firdaus kepada Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono di Rumah Dinas Pringgitan Wali Kota Tegal, Rabu (20/05/2020).

Bantuan berupa sembako tersebut merupakan bentuk kepedulian karyawan bank bjb Cabang Tegal kepada warga yang terdampak COVID-19 di Kota Tegal. Seperti diketahui, Pemkot Tegal melaksanakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sejak 23 April 2020 dengan total kasus positif COVID-19 berjumlah 3 orang. Bantuan yang diberikan diharapkan dapat membantu masyarakat yang ikut terdampak kebijakan PSBB.

terdampak

“Alhamdulillah bertepatan di bulan penuh berkah ini kami dapat menyisihkan penghasilan agar dapat memberikan bantuan kepada warga Kota Tegal. Semoga apa yang kami serahkan bisa memberikan manfaat bagi warga yang membutuhkan dan menginspirasi elemen warga lain yang ingin berkontribusi memberikan bantuan,” kata Fajar Firdaus.

Bantuan tersebut sepenuhnya diserahkan kepada Pemerintah Kota Tegal untuk disalurkan karena pemkot yang lebih mengetahui penerima yang berhak. Atas pemberian bantuan tersebut wali kota Tegal mengungkapkan rasa terima kasih serta dukungannya terhadap kepedulian yang ditunjukan bank bjb Cabang Tegal.

Selain kepada pemkot, bank bjb Cabang Tegal juga menyalurkan bantuan untuk warga di Kecamatan Tegal Barat melalui Majelis Wakil Cabang (MWC) Nahdlatul Ulama (NU) Tegal Barat. Penyaluran bantuan berupa paket sembako diserahkan oleh Manager Operasional bank bjb KC Tegal Joseph Labre Baju Ariestanto dan diterima langsung oleh Ketua MWC NU Tegal Barat Witoyo Sueb Muchtar.

Sebagai apresiasi, beliau menyampaikan terima kasih atas kepedulian bank bjb Cabang Tegal serta kerja sama dan kepercayaan yang diberikan kepada MWC NU Tegal Barat. “Alhamdulillah. Terima kasih atas bantuannya untuk warga Tegal Barat yang disalurkan bertepatan dengan bulan Ramadan. Semoga mendapat berkah. Mari terus bergandengan tangan untuk saling membantu dalam memperjuangkan nilai-nilai kemanusiaan. Kerja sama dalam kebaikan adalah salah satu sebab turunnya rahmat Allah SWT,” kata dia. []

Continue Reading

Perbankan

Pedagang Pasar Tradisional Difasilitasi BRI untuk Berjualan Online

GUNADI WITJAKSONO

Published

on

Pedagang pasar tradisional

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Pedagang pasar tradisional mendapat fasilitas dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk agar bisa berjualan secara online. Nantinya, para pedagang di pasar-pasar tradisional dapat memanfaatkan pengelolaan penjualan online untuk barang dagangannya lewat Website Pasar oleh BRI.

Selain itu Bank BRI bersama pengelola pasar juga akan membantu pengelolaan jasa antar jemput barang kepada para pembeli.

Direktur Bisnis Mikro Bank BRI, Supari mengatakan keberlangsungan pasar tradisional atau pasar basah saat ini tidak seramai kondisi normal akibat terdampak pandemic covid-19.

Melihat kondisi tersebut, pihaknya pun tergerak untuk membantu keberlangsungan usaha para pedagang pasar tradisional.

“Untuk pada pedagang pasar tradisional, kami menyiapkan mekanisme pemasaran dari penjualan konvensional ke online lewat Web Pasar. Caraya cukup mudah, yakni pengelola pasar harus bekerja sama dengan BRI. Selanjutnya, Kantor BRI Unit terdekat akan mengedukasi para pedagang pasar tradisional untuk mennerapkan pemasaran secara online via Web Pasar, mekanisme pengiriman barang ke pembeli dan pembayarannya,” jelas Supari melalui siaran persnya, Rabu (20/5/2020).

Dalam mempersiapkan fasilitas ini, Bank BRI terlebih dahulu akan mengumpulkan data pedagang pasar tradisional, pendampingan input data di website dan turut aktif melakukan sosialisasi kepada masyarakat selaku konsumen. BRI pun membuka peluang kerja sama dengan para pengelola pasar secara luas.

“Pandemi Covid-19 ini kan belum ada bisa memprediksi kapan selesainya. Maka terobosan berjualan online ini bisa menjadi solusi dalam menghindari kerumunan masyarakat di pasar-pasar tradisional,” jelas Supari.

Pihak Perseroan BRI sebelumnya juga telah mengenalkan Aplikasi Solusi Transaksi Elektronik BRI atau Stroberi ke pasar-pasar yang ada di berbagai daerah di Indonesia. Aplikasi ini disiapkan untuk meningkatkan kesejahteraan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) melalui transaksi digital.

Dengan tersedianya aplikasi Stroberi Website Pasar ini, Supari berharap BRI dapat hadir memberikan kemudahan bagi pedagang pasar tradisional.

Mulai dari layanan dalam jual beli, pencatatan transaksi, pengelolaan tagihan, pembayaran tagihan melalui berbagai channel yang disediakan, dan monitoring informasi pembayaran tagihan.

“Untuk jangka panjang, berjualan online BRI ini akan mendorong terbentuknya cashless society karena transaksi sudah dilakukan tanpa uang tunai. Selain itu, juga mendorong inklusi keuangan bagi pelaku UMKM di pasar tradisional,” jelas Supari. []

Continue Reading

Trending

Copyright © 2019 MEDIABUMN.COM