Connect with us
PERTAMINA

Finansial

Laba BTN Tembus Rp3,20 Triliun di Tahun 2018

Published

on

Laba BTN

Laba BTN / PT Bank Tabungan Negara (persero) Tbk (BBTN) sepanjang tahun 2018 berhasil terkumpul Rp3,20 triliun. dimana hal tersebut tercatat berdasarkan laporan bulanan perusahaan pada periode desemnber 2018.

Laba BTN tersebut mengalami kenaikan dibandingkan perolehan laba pada tahun sebelumnya yang tercatat sebesar Rp3,02 triliun atau tumbuh tipis sebesar 5,96 persen secara year on year (yoy).

Namun pertumbuhan tersebut dikatakan mengalami penurunan apabila dibandingkan pertumbuhan pada tahun 2017 yang tumbuh sebesar 15,96 persen dibandingkan perolehan laba pada tahun 2016 yang hanya sebesar Rp2,61 triliun.

Baca Juga: BNI Picu Kinerja Bertindak Sebagai Agen Pemerataan Ekonomi

Adapun pertumbuhan laba BTN pada tahun 2018 ikut didorong oleh pertumbuhan kredit, dimana pada tahun 2018 BTN berhasil menyalurkan kredit sebesar Rp237,75 triliun. total kredit BTN stersebut mengalami kenaikan penyaluran sebesar 19,48 persen dibandingkan penyaluran kredit pada tahun 2017 yang hanya sebesar Rp198,99 triliun.

Sementara itu selain keberhasilan laba BTN, dari sisi Dana Pihak Ketiga (DPK), sepanjang tahun 2018 BTN berhasil menghimpun DPK sebesar Rp211,46 triliun atau tumbuh 9,59% (yoy) dibandingkan tahun 2017 yang hanya terkumpul Rp192,94 triliun.

Direktur BTN Maryono mengungkapkan perseroan sangat bersyukur atas laba btn pada tahun 2018 lalu, untuk itu pada tahun 2019 perseroan membidik target pertumbuhan laba yang lebih tinggi serta pertumbuhan pada kredit dan DPK yang diperkirtakan berada pada kisaran 12 persen hingga 15 persen. Selain itu, rasio kredit macet atau non performing loan (NPL) juga berupaya ditekan pada posisi 1,9 persen sampai 2,1 persen. []

Perbankan

Bank BTN Gelar Akad Massal Kredit Rumah Pekerja

Published

on

akad massal

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Menjelang HUT KPR BTN ke 45 yang jatuh pada tanggal 10 Desember mendatang, Bank BTN menggelar akad massal kredit rumah pekerja MLT Progam Jaminan Hari Tua (JHT) .

akad massal

Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah (ketiga dari kiri) menyerahkan secara simbolis kunci rumah kepada peserta akad massal kredit  rumah pekerja Manfaat Layanan Tambahan (MLT) Program Jaminan Hari Tua disaksikan Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Haru Koesmahargyo (kanan)  dan Direktur Pengembangan dan Investasi  BPJAMSOSTEK Edwin Ridwan (kiri) di Tangerang, Banten, Selasa (30/11).

Kredit rumah tersebut merupakan hasil kolaborasi Kementerian Ketenagakerjaan, Bank BTN dan BPJAMSOSTEK untuk memperluas fasilitas pembiayaan kepada pada pekerja diantaranya fasilitas kredit pemilikan rumah dan renovasi rumah.

akad massal

Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Haru Koesmahargyo.

Tahun ini Bank BTN menargetkan realisasi kredit MLT tersebut mencapai Rp 100 miliar hingga akhir tahun 2021. []

Continue Reading

Perbankan

BTN Ajak Developer Pasarkan Kredit Agunan Rumah

Published

on

Kredit Agunan Rumah

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Menjelang tutup tahun 2021, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk memacu penyaluran kreditnya dengan berbagai jurus. Salah satunya menawarkan program istimewa Kredit Agunan Rumah (KAR) kepada para developer atau pengembang properti. KAR bagi developer ini dibilang istimewa karena selain suku bunga kreditnya yang menarik, plafond KAR bisa menyentuh Rp 10 miliar. Program ini dijadikan andalan Bank BTN untuk mengejar pencapaian target KAR yang tahun ini dipatok dapat menembus Rp 1 triliun.

“Untuk mendorong pencapaian target tersebut, Kami menyasar para developer , khususnya developer yang masuk kategori developer prima yang loyal dengan Bank BTN, sebagai bentuk apresiasi dan menjawab kebutuhan mereka,” kata Kepala Kantor Wilayah V Bank BTN, Teguh Wahyudi saat acara Bincang Antar Mitra dengan Bank Tabungan Negara (Batara) di Makassar, Jumat (26/11).

Mitra pengembang yang menjadi developer prima, lanjut Teguh, adalah developer yang memiliki kinerja positif, berkomitmen terhadap kewajibannya dan senantiasa mendukung Bank BTN dalam menyukseskan Program Sejuta Rumah. Adapun jumlah developer prima Bank BTN di Indonesia mencapai 148 developer. “Sementara di Makassar sendiri ada sekitar 21 developer yang aktif dan kami yakin Program KAR untuk developer ini akan mendapat sambutan baik,” kata Teguh.

Teguh menjelaskan sosialisasi program KAR dalam acara “Batara” tidak hanya digelar di Makassar tapi di kota besar lainnya seperti Jakarta, Bogor, Surabaya dan Yogyakarta. Dalam program ini, Bank BTN memberikan sejumlah promo diantaranya 50 persen diskon biaya provisi dan administrasi serta biaya pra realisasi yang dapat dimasukkan dalam plafond kredit.

Selain developer prima, Bank BTN juga memberikan program KAR istimewa bagi para Notaris. “Peran notaris sangat penting untuk kelancaran bisnis Bank BTN, jadi kami juga berikan apresiasi yang sama layaknya developer prima , ” kata Teguh menambahkan

Sementara itu di tempat terpisah, Executive Vice President Nonsubsidized Mortgage & Personal Lending Division (NSLD) Bank BTN Suryanti Agustinar menjelaskan program istimewa ini merupakan salah satu upaya untuk mempererat hubungan Bank BTN dengan para mitra terutama developer dan Notaris. Program ini pun dipoles dengan beragam keistimewaan diantaranya suku bunga kredit yang menarik, dengan plafond kredit minimal Rp 2 miliar hingga maksimal Rp 10 miliar tergantung dari rating developer tersebut menurut penilaian Bank BTN. “Untuk syarat dan ketentuan tersebut, Kami memperhatikan cashflow pengembang, bagaimana loyalitas mereka, dan performa selama ini,” kata Suryanti menambahkan.

Suryanti berharap animo dari pengajuan KAR Mitra makin meningkat dengan banyaknya program promo. “Tahun depan kami menargetkan pencapaian KAR dua kali lipat dari tahun ini dengan penawaran suku bunga yang makin menarik, program bundling dan lain sebagainya,” kata Suryanti. []

Continue Reading

Jasa Keuangan

Layanan Taspen untuk ASN Terus Ditingkatkan

Published

on

Layanan Taspen

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Layanan Taspen terus dioptimalkan kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN).

Peningkatan layanan Taspen salah satunya dilakukan dengan mengoptimalkan sinergitas dengan berbagai pihak.

Yang terbaru, PT Taspen (Persero) menjadi perwakilan Indonesia dalam acara Asian Civil Service Pension Forum (ACSPF) yang dilaksanakan secara hybrid di Jeju, Korea Selatan.

Kegiatan ASSPF ini digelar oleh Goverment Employee Pension Service Korsel yang merupakan wadah bagi para negara-negara di Asia untuk menjalin hubungan baik.

Dalam kegiatan ini Direktur Utama Taspen, A N S Kosasih memaparkan, sejauh ini sudah banyak inovasi yang dilakukan oleh Taspen secara berkelanjutan.

Layanan Taspen juga selalu disesuaikan dengan kebutuhan para ASN di era teknologi informasi saat ini, terutama selama masa pandemi Covid-19.

“Ini sebagai sebuah bentuk dari pembenahan berkelanjutan pada layanan kami agar memberikan yang terbaik untuk para peserta,” kata Kosasih dalam keterangan resminya, Kamis (25/11/2021).

Ia menjelaskan, PT Taspen merupakan salah satu perusahaan milik negara yang mengelola Jaminan Sosial bagi para ASN dan Pejabat Negara di seluruh daerah di Indonesia.

Inovasi Program Layanan Taspen

Ada beberapa program unggulan yang tersedia di BUMN ini, yaitu Pensiun, Program Tabungan Hari Tua, Jaminan Kecelakaan Kerja, dan Jaminan Kematian.

Kokasih menyebut, Taspen sudah berpengalaman lebih dari 58 tahun dalam mengelola bisnis ini, dan akan terus melakukan Inovasi.

“Inovasi layanan yang kami lakukan untuk kemudahan para peserta, misalnya selama masa pandemi, kami menerapkan layanan digital agar lebih cepat dan efisien. Ini juga untuk menghindari penularan Covid-19 bagi para peserta,” kata dia.

Salah satu layanan berbasis digital dari BUMN ini yaitu otentikasi yang memungkinkan peserta melakukan otentikasi melalui Handphone dan mengambil hak pensiun langsung dari ATM.

Beberapa layanan Taspen digital lainnya seperti Tcare, Taspen Pesona, Taspen One-hour Online Service, dan layanan E-Klim.

Sementara CEO GEPS Hwang Seo Chong mengatakan, ACSPF 2021 ini bisa menjadi tempat para peserta untuk memahami tren terbaru reformasi pengelolaan jaminan sosial ASN.

Kemudian secara bersama bisa menemukan penyelesaian masalah dan menerapkan strategi yang tepat agar sistem pembayaran pensiun ASN bisa berkesinambungan, terutama di tengah situasi pandemi. []

Continue Reading

Trending

Copyright © 2019 MEDIABUMN.COM

error: Content is protected !!