Connect with us
PERTAMINA

Finansial

Laba Bank BUMN Tembus Rp32 Triliun

Published

on

Laba Bank BUMN

Keuntungan bank pelat merah melaju kencang pada paruh pertama tahun ini. Total laba yang dibukukan oleh empat bank badan usaha milik negara (BUMN) mencapai Rp32,4 triliun, tumbuh 20% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Direktur Bisnis Kecil dan Jaringan Bank Mandiri Hery Gunardi menyampaikan, perseroan mampu melakukan perbaikan dari sisi pengelolaan aset produktif serta penajaman fokus bisnis, meskipun kondisi perekonomian eksternal masih belum sepenuhnya kondusif.

“Kami juga konsisten dalam melakukan efisiensi biaya dan optimalisasi recovery kredit bermasalah agar tetap dapat membukukan profi tabilitas dan memberi keuntungan kepada pemegang saham,” ujarnya.

Dari segi fungsi intermediasi, penyaluran kredit Bank Mandiri sampai dengan semester I/2018 tumbuh 11,8% (yoy) menjadi Rp762,5 triliun. Hery mengklaim angka ini sudah hampir sama dengan rata-rata pertumbuhan kredit perseroan selama 5 tahun terakhir sebesar 11,9%. []

Perbankan

BTN Bakal Meluncurkan Aplikasi Untuk Manjakan Nasabahnya

Published

on

aplikasi

MEDIABUMN.COM, Jakarta – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. kembali berinovasi akan meluncurkan aplikasi yang menghubungkan sekaligus mempermudah para pengelola dan penghuni rumah, perumahan, atau apartemen untuk membayar tagihan-tagihan termasuk iuran terkait hunian hingga menyampaikan keluhan dan pertukaran informasi lainnya.

Direktur Operation, IT, & Digital Banking Bank BTN Andi Nirwoto mengatakan sebagai bank terdepan di sektor perumahan, perseroan terus berupaya berinovasi untuk memberikan layanan perbankan yang terbaik untuk mempermudah dan melengkapi kebutuhan hidup para nasabahnya.

“Kami melihat ada kebutuhan yang tinggi untuk pembayaran iuran-iuran terkait hunian terutama pada nasabah techsavvy. Dengan menghadirkan aplikasi yang sedang kami siapkan ini, harapannya ke depan akan mempermudah para nasabah dalam membayar seluruh tagihan atau iuran baik di perumahan maupun apartemen melalui ponsel pintar nasabah,” jelas Andi di Jakarta, Kamis (2/12).

Andi menuturkan selain pembayaran iuran, nasabah sebagai pelanggan juga dapat menyampaikan keluhan kepada pengelola perumahan atau apartemen. Sebaliknya, para pengelola perumahan atau apartemen juga dapat menyampaikan informasi-informasi penting bagi para pengguna fasilitas huniannya.

Nantinya, aplikasi ini akan ditawarkan bagi seluruh mitra pengembang Bank BTN hingga debitur Kredit Pemilikan Rumah (KPR)/Kredit Pemilikan Apartemen (KPA) perseroan.

“Aplikasi ini akan kami tawarkan baik berbasis Android maupun iOS untuk pengguna, maupun berbasis web untuk pengelola rumah, perumahan, atau apartemen.”

Menurut Andi aplikasi tersebut secara resmi akan dilaunching bertepatan dengan HUT KPR BTN 10 Desember mendatang.

Andi yakin aplikasi yang sudah siap edar itu nantinya bakal semakin melengkapi layanan digital banking Bank BTN. Termasuk juga bakal mendukung visi BTN sebagai The Best Mortgage Bank di Asia Tenggara pada tahun 2025 medatang.

Andi mengungkapkan Digital Mortgage Ecosystem BTN akan terus berkembang guna menjadi platform ekosistem perumahan yang akan melayani kebutuhan masyarakat dari hulu sampai dengan hilir, dimulai dari pencarian, pengembangan, pembelian dan penjualan properti / rumah, kontrakan rumah, renovasi rumah, interior rumah sampai dengan melayani kebutuhan utilities rumah secara rutin. []

Continue Reading

Asuransi

Aplikasi Asabri Mobile Terbaru Dirilis, Layanan Jadi Makin Mudah

Published

on

Aplikasi Asabri Mobile

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Aplikasi Asabri Mobile versi terbaru resmi diluncurkan dengan membawa berbagai perubahan.

Dalam aplikasi Asabri Mobile ini dimuat penambahan fitur, dan hadir dalam versi iOS sehingga akan memudahkan layanan bagi peserta Asabri.

Sekretaris Perusahaan PT Asabri (Persero) Dewi Ratnaningsih mengatakan aplikasi ini bisa didownload gratis di Google Play Store (Android) maupun App Store (iOS) pada 6 Desember 2021.

Ada beberapa fitur baru yang disematkan di aplikasi ini, yakni SPTB online, registrasi aplikasi yang lebih mudah, antrian online dan formulir klaim layanan.

Dewi mengatakan, dengan pembaharuan aplikasi Asabri Online, diharapkan para peserta bisa melakukan registrasi secara mandiri dan tentunya efisien.

Caranya cukup gampang, peserta hanya perlu memasukkan data NRP dan KTA, lalu akan ada verifikasi kode OTP yang masuk ke nomor Handphone perserta lalu prosesnya bisa dimulai.

“Fitur antrian online yang sudah tersedia di aplikasi ini juga akan memudahkan peserta untuk mengajukan klaim ke kantor cabang Asabri. Jadi tinggal mendaftar di aplikasi kemudian peserta akan diberi notifikasi kedatangannya,” jelas Dewi dalam keterangan resmi, Rabu (1/12/2021).

Dijelaskannya, peserta Asabri sudah bisa mengunduh formulir pengajuan layanan, formulir PUM KPR, SPT Pajak, hingga surat pernyataan tanda bukti diri (SPTB) online.

“Jadi peserta pensiun tidak perlu lagi harus datang ke kantor Asabri atau mitra bayar, karena fitur sudah bisa digunakan mulai tahun 2022,” ungkapnya.

Inovasi Aplikasi Asabri Mobile

Adapun aplikasi Asabri Mobile sudah dirilis tahun 2020 lalu, dengan fitur yang paling banyak digunakan adalah simulasi premi.

Menurut Dewi, simulasi tabungan asuransi Asabri bisa ditampilkan sehingga peserta dapat memproyeksikan kebutuhannya di masa depan saat masuk usia pensiun.

Namun untuk simulasi ini, peserta harus melengkapi data keluarga dan riwayat pangkat dan diminta melakukan update data pada menu profil.

Ada beberapa fitur menarik lainnya, seperti Kartu Peserta Asabri Elektronik (KPA-E) sebagai identitas peserta yang telah terdaftar di Asabri secara sah.

KPA-E bisa disimpan di HP, jadi tidak perlu khawatir jika hilang karena sudah tersedia dalam aplikasi.

Ada juga fitur hak pensiun untuk dapat mengetahui berapa nilai pensiun yang akan diterima setiap bulan serta jadwal otentikasi yang merupakan kewajiban peserta yang disesuaikan dengan jenis pensiunnya.

“Melalui Aplikasi Asabri mobile, peserta juga bisa menghubungi layanan call center yang terhubung dengan WA dan telegram. Jika mengalami kendala, peserta juga dapat mengajukan kritik dan saran kepada PT Asabri agar pelayanan kami semakin berkembang dan lebih baik lagi,” tutupnya. []

Continue Reading

Perbankan

Batara Spekta BTN Tahap I Mulai Diundi

Published

on

Batara-Spekta

MEDIABUMN.COM, Jakarta – PT Bank Tabungan Negara (P ersero) Tbk (BTN) mencatat, sejak Januari hingga akhir November 2021 berhasil menggaet 1 juta nasabah baru. Perolehan tersebut salah satunya disumbang oleh program loyalti untuk nasabah BTN bertajuk Batara Spekta.

Direktur Distribution and Retail Funding BTN Jasmin mengatakan, pencapaian tersebut sejalan dengan target perseroan menjaga porsi dana murah (current account saving account/CASA) di level 43-44% hingga akhir tahun ini.

“CASA kami tahun ini targetnya sebenarnya di level 43-44% tetapi saat ini sudah 45% atau melebihi target. Mudah-mudahan kedepannya pelan tapi pasti kami dapat terus menaikkan CASA, sehingga kami bisa membangun CASA yang sustain, kuat, tetapi juga murah,” kata Jasmin di sela pengundian hadiah Batara Spekta Tahap I di Jakarta, Rabu (1/12).

Jasmin mengungkapkan, perseroan memang terus berupaya mengembalikan hakikat sebagai bank tabungan. Dengan visi tersebut, BTN agresif berinovasi untuk menyajikan berbagai program dan produk yang menyentuh kebutuhan transaksi harian nasabah.

“Kami harapkan dengan adanya program loyalti ini nantinya BTN kembali seperti namanya, yakni bank tabungan, karena selama ini BTN dikenal sebagai bank tempat nyicil, bukan bank tempat menabung. Dengan program ini kami harapkan balik lagi BTN sebagai tempat menabung sekaligus bank tempat memberikan pembiayaan perumahan,” jelas Jasmin.

Menurut Jasmin, dengan penguatan pada pendanaan khususnya dana murah atau CASA, diharapkan BTN akan bisa memberikan lebih banyak lagi KPR kepada nasabah dengan bunga yang lebih murah. “Kuncinya kan disitu, kalau cost of fund-nya murah tentu kami akan memberikan bunga yang lebih rendah,” ujar Jasmin.

Lebih lanjut Jasmin mengatakan, Program Batara Spekta yang diluncurkan pada bulan September 2020 lalu adalah program untuk meningkatkan loyalitas dan awareness nasabah dalam bertransaksi dan menabung dalam tabungan batara. “Pengundian Batara Spekta tahap satu sudah kami lakukan hari ini dengan memberikan berbagai macam hadiah yang luar biasa,” kata Jasmin.

Hadiah yang diundi pada pengundian Batara Spekta Tahap I kali ini yakni 2 Samsung Watch, 2 Cooking Ware Set, 2 Apple Watch Series 6, 1 Samsung Galaxy S 21, 1 Iphone 12 Pro, 2 Samsung Smart TV, 1 Macbook Pro, 1 Sepeda Brompton, dan 1 unit sepeda motor Yamaha Nmax. Untuk Undian Tahap II Batara Spekta yang akan digelar pada Februari 2022, Bank BTN akan memberikan hadiah berupa rumah dan mobil mewah.

Adapun, Program Batara Spekta merupakan program yang diracik BTN bagi para nasabah tabungan baik baru maupun existing. Melalui program anyar tersebut, nasabah baru tabungan BTN bisa mendapatkan Poin Spekta. Poin tersebut dapat dikumpulkan nasabah saat membuka rekening tabungan Batara.

Selain itu, nasabah juga dapat mengumpulkan Poin Spekta melalui transaksi menggunakan kartu debit atau mobile banking BTN. Nasabah juga dapat menambah Point Spekta dengan meningkatkan jumlah saldonya. Nantinya, poin dapat ditukar dengan berbagai produk menarik. Poin tersebut juga dapat diikutkan dalam pengundian yang berhadiah mulai gawai terkini, mobil mewah, hingga rumah senilai miliaran rupiah. []

Continue Reading

BNI

Label

Trending

Copyright © 2019 MEDIABUMN.COM

error: Content is protected !!