Connect with us
PERTAMINA

Finansial

Kredit BRI Terserap Rp903,14 Triliun Ke UMKM

MediaBUMN

Published

on

kredit

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Kredit yang disalurkan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk hingga akhir kuartal III-2019 tercatat mencapai Rp903,14 triliun. Dimana penyaluran kredit tersebut 77,60 persennya kredit ke Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia.

Dengan besaran kucuran dana tersebut BRI berkeinginan terus bisa menjadi lembaga keuangan yang selalu mendukung pemberdayaan UMKM.

Hal tersebut disampaikan Direktur Utama BRI, Sunarso dalam keterangan tertulisnya, Kamis (28/11).

Menurutnya, perbankan pelat merah yang dipimpinnya tersebut telah menargetkan 80% portofolio pinjaman BRI pada tahun 2022.

Target tersebut adalah pinjaman yang disalurkan ke segmen UMKM. Tercatat sampai akhir kuartal III-2019, penyaluran kredit BRI ke UMKM mencapai 77,60% dari Rp903,14 triliun.

Menurutnya, saat ini perseroan sedang melakukan transformasi untuk bisa terus menjaga dominasi segmen UMKM.

“BRI terus berupaya membawa misi melayani rakyat sebanyak mungkin dengan harga semurah mungkin,” katanya.

Atas dasar itu pulalah, saat ini setiap layanan dioptimalkan, salah satunya digitalisasi layanan perbankan.

Sehingga dengan pengoptimalan layanan tersebut semua akan menjadi lebih cepat dan efisien.

“Semua kita optimalkan dengan go smaller, go shorter, go faster,” ungkapnya.

Untuk itu sampai dengan saat ini, Bank BRI memastikan akan dapat menyasar segmen lebih kecil, dengan proses lebih cepat dan efisien dengan digitalisasi.

“Digitalisasi dilakukan BRI adalah dalam bentuk digitalisasi bisnis. Sehingga dengan metode itu, proses mendigitalkan ini harapannya dapat menemukan model bisnis baru dan dapat menciptakan value, serta sebagai sumber pendapatan baru,” katanya.

Bukti akan keberhasilan digitalisasi yang dilakukan BRI di antaranya adalah dalam mendukung pemberdayaan UMKM.

Salah satu metode yang dilakukan dengan hadirnya aplikasi BRISPOT. Diketahui BRISPOT adalah sebuah aplikasi memproses pinjaman mikro yang menyederhanakan.

Selain itu dapat mengotomasi dan mendigitasi proses pengajuan sampai dengan ke tahapan pencairan pinjaman melalui smartphone.

Saat ini BRISPOT sendiri sudah digunakan 98 persen dari tenaga pemasar mikro BRI di seluruh Indonesia.

Bahkan tercatat sejak awal 2018 sampai akhir kuartal III 2019, BRISPOT sudah digunakan memproses 10,9 juta debitur mikro dengan plafon pinjaman mencapai Rp330 Triliun.

Tak hanya itu saja, diketahui pula BRISPOT terbukti nyata dapat mempercepat proses pengajuan kredit.

Bahkan, dari sisi digitalisasi, BRISPOT dapat merubah proses kredit yang semula berbentuk paper based sampai bisa dalam bentuk paper less.

Alhasil yang dilakukan saat ini dapat lebih efisien. BRI juga pada tahun 2020 menargetkan 80 persen portofolio pinjaman perseroan disalurkan ke UMKM. []

Asuransi

Jasa Raharja Virtual Charity Concert

MediaBUMN

Published

on

Virtual Charity Concert

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Pada Tahun 2021 diawali dengan terjadinya sejumlah bencana alam seperti banjir, gempa, tanah longsor dan erupsi gunung terjadi di berbagai wilayah. Peristiwa ini kian menambah duka di tengah wabah pandemi Covid-19. Ditambah dengan kondisi saat ini sedang berlangsung dengan puncak musim hujan yang diwaspadai mengalami peningkatan potensi hidrometeorologi.

Merespon bencana yang kerap terjadi di Indonesia, PT Jasa Raharja mengajak masyarakat ikut berdonasi dalam bentuk Jasa Raharja Virtual Charity Concert, dimana acara tersebut digelar secara virtual dengan live streaming di channel YouTube Official Jasa Raharja dan dilaksanakan dengan tetap berpedoman pada protokol kesehatan di tengah pandemi COVID-19. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Seluruh Direksi Jasa Raharja dan Seluruh Kepala Unit kantor pusat dan 29 Kantor Cabang PT Jasa Raharja.

 Virtual Charity Concert

Acara pengumpulan Donasi yang diselenggarakan oleh PT Jasa Raharja bekerjasama dengan kitabisa.com dalam pengumpulan donasi yang terhitung mulai tanggal 25 Februari 2021 s.d. 6 Maret 2021 dan berkahir pada puncak acara Jasa Raharja Virtual Charity Concert yang bertujuan untuk membantu korban bencana alam di Indonesia. Tidak hanya bertujuan untuk mengumpulkan donasi, dalam acara juga ini menyuguhkan live music performance, stand up comedy dan kuis interaktif.

Seluruh donasi yang terkumpul dari konser sebesar Rp.159.175.436,- akan disalurkan tepat guna ke para korban bencana di awal tahun 2021 ini. Donasi yang disalurkan melalui Yayasan Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dasar, membangun kembali rumah, sekolah, fasilitas umum, dan memulihkan harapan bagi masyarakat terdampak bencana di seluruh Indonesia.

 Virtual Charity Concert

Dengan terlaksananya kegiatan ini merupakan langkah nyata dari PT Jasa Raharja sebagai Badan Usaha Milik Negara yang tergabung pada Indonesia Financial Group atau Holding Perasuransian dan Penjaminan sebagai bentuk tanggung jawab sosial kepada masyarakat di Indonesia dan tidak lupa pada pelaksanaan kegiatan tersebut tetap selalu memperhatikan protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak (3M). []

Continue Reading

Perbankan

SAHAM BANK SYARIAH INDONESIA, INI LHO KEUNGGULANNYA!

MediaBUMN

Published

on

Saham Bank Syariah Indonesia

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Saham Bank Syariah Indonesia memiliki potensi yang sangat besar ke depannya, meskipun saat ini masih belum banyak yang mengetahui keunggulannya.

Mendengar kata syariah mungkin bukan suatu hal yang asing lagi. Berawal dari banyaknya konsep bank syariah, produk keuangan syariah. Seperti, tabungan syariah sampai dengan konsep saham Bank Syariah Indonesia.

Semakin pesatnya perkembangan metode syariah berawal dari anggapan orang-orang mengenai adanya riba berbentuk bunga yang bank berikan. Padahal, dalam pasar modal terdapat produk saham yang dinamakan dengan saham-saham syariah. Sehingga, tidak perlu khawatir lagi melakukan investasi.

Meskipun, beberapa tahun ke belakang memang sempat marak investasi bodong berbentuk jasa layanan keuangan di Indonesia. Sampai-sampai dari Januari sampai dengan September 2018 telah tercatat 102 perusahaan penyelenggara investasi yang sudah OJK hentikan kegiatannya karena tidak mempunyai ijin. Selain itu, mereka juga memberikan penawaran hasil yang tidak masuk akal pada masyarakat.

Maraknya kegiatan bodong tersebut membuat kekhawatiran masyarakat meningkat mulai melakukan investasi. Selain itu, banyak yang beranggapan jika membeli saham merupakan kegiatan orang berduit saja. Padahal saat ini banyak broker terpercaya yang memberikan penawaran cukup dengan modal di bawah 1 juta.

Adanya permasalahan di atas, beberapa tahun terakhir, Bursa Efek Indonesia melakukan pengembangan untuk menepis anggapan negatif masyarakat mengenai investasi.

MANFAAT INVESTASI SAHAM BANK SYARIAH INDONESIA

Dengan hadirnya investasi saham bank syariah Indonesia, BEI dapat memberikan edukasi terhadap masyarakat bahwa investasi itu tidaklah menakutkan. Bahkan berinvestasi dapat dilakukan siapapun, dan Anda dapat merasakan beberapa manfaat berinvestasi bank syariah.
Saham Syariah Tidak Melanggar Agama

Pada saham-saham konvensional, investor bisa membeli emiten manapun yang menurut Anda paling menarik dan tentunya mempunyai potensi bagus.

Saham-saham berbasis konvesional dapat bergerak dalam bidang bisnis apapun. Sedangkan saham syariah, aturan pertama bisnis perusahaan yang mereka jalankan tidak boleh yang melanggar ajaran agama Islam.

Jadi Anda harus memahami seluruh saham yang telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang termasuk kategori saham syariah.

Metode Bagi Hasil

Hasil investasi saham Bank Syariah Indonesia berupa bagi hasil. Sehingga didalamnya tidak ada unsur riba berupa bunga.

Dalam sistem bagi hasil, pemegang saham memiliki peluang mendapatkan keuntungan dan kerugian yang sama besarnya dengan dana yang sudah mereka investasikan.

Misalnya, jika Anda berinvestasi saham syariah di perusahan air minum. Ketika perusahaan tersebut memperoleh keuntungan dengan jumlah tertentu, maka Anda mempunyai peluang besar mendapatkan hasilnya. Begitupun sebaliknya, apabila perusahaanya bangkrut Anda juga akan mengalami kerugian. Oleh sebab itu, saat memilih perusahaan efek, tidak boleh asal-asalan.

Continue Reading

Perbankan

Suku Bunga Dasar Kredit Turun, Bank Mandiri Dukung Pemulihan Ekonomi

GUNADI WITJAKSONO

Published

on

Suku bunga dasar kredit

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Suku bunga dasar kredit atau SBDK milik Bank Mandiri untuk seluruh segmen kini berada pada kisaran 25 – 250 bps.

Bank berlogo pita emas ini menurunkan suku bunga dasar kredit sebagai bentuk respon terkait kebijakan dari pemerintah dan regulator.

Selain itu, langkah Bank Mandiri ini dinilai sebagai bentuk nyata dukungannya terhadap langkah pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi covid-19.

Turunnya suku bunga dasar kredit tersebut telah efektif per 28 Februari 2021 lalu, dimana
segmen korporasi menjadi 8.00 persen kemudian segmen ritel menjadi 8.25 persen.

Kemudian untuk segmen mikro menjadi 11,25 persen. Diikuti segmen konsumer KPR yang turun menjadi 7.25 persen serta konsumer non KPR 8.75 persen.

Kepada MEDIABUMN, Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi, mengatakan bahwa sejalan dengan turunnya suku bunga acuan yang dilakukan oleh Bank Central maka diharapkan akan menjadi stimultan bagi masyarakat yang lebih efektif.

“Khususnya bagi pelaku usaha serta untuk mendorong pertumbuhan pembiayaan baru,” tambah Darmawan.

Suku bunga dasar kredit, imbuh Darmawan, menjadi menjadi acuan suku bunga kredit kepada debitur. Suku bunga yang dikenakan kepada debitur akan memperhitungkan estimasi premi risiko yang dapat berbeda-beda berdasarkan tingkat risiko kredit masing-masing debitur.

langkah penurunan SBDK ini merupakan kelanjutan dari inisiatif serupa yang telah dilakukan tahun lalu. Pada tahun 2020, Bank Mandiri telah menurunkan SBDK sebanyak 7 kali baik untuk segmen korporasi, ritel, mikro maupun konsumsi dengan total penurunan sebesar 10 hingga 600 basis poin. []

Continue Reading

Trending

Copyright © 2019 MEDIABUMN.COM

error: Content is protected !!