Kirim Berkas Kendaraan Bermotor! Pos Indonesia Gandeng Korlantas

oleh
Pos Indonesia

Pos Indonesia mendukung upaya yang dilakukan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia melalui Korp Lalu Lintas dalam upaya meningkatkan pendapatan dari sisi pajak kendaraan bermotor.

bersama Jasa Raharja, Korp Lalu Lintas (Korlantas) Kepolisian Negara Republik Indonesia dan Kementerian Dalam Negeri bersepakat untuk menjalin kerjasama dalam upaya meningkatkan pendapatan dari sisi pajak kendaraan bermotor.

Bentuk dukungan BUMN orange tersebut tertuang dalam penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) yang dilakukan oleh Pos Indonesia, Korlantas dan juga didukung oleh Kementerian Dalam Negeri dan Jasa Raharja.

Adapun ruang lingkup Nota Kesepahaman tersebut meliputi pengiriman Stiker Registrasi Pengesahan Tahunan Surat Tanda Kendaraan Bermotor (STNK), Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran, pemanfaatan channeling produk Pos Giro Mobile dan layanan Pospay untuk menampung transaksi Samsat Online Nasional (Samolnas) Pajak Kendaraan Bermotor, Pemanfaatan Posmail untuk Pemberitahuan Pajak Kendaraan kepada para Wajib Pajak, Pemberitahuan Pajak Kendaraan Bermotor yang bermasalah (menunggak) baik melalui email (Posmail) maupun pemberitahuan melalui surat dan potensi pemanfaatan e-Materai untuk bukti pelunasan/pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor.

Tidak hanya itu, dilakukan pula penandatanganan Nota Kesepahaman modern channel Samolnas antara PT Pos Indonesia (Persero) dengan PT Value Stream Indonesia (VSI) sebagai vendor aplikasi Samolnas tentang Penerimaan Setoran Pajak Kendaraan Bermotor melalui aplikasi Pos Giro Mobile dan layanan Pospay. Dengan kerjasama ini diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam membayar Pajak Kendaraan Bermotor melalui apikasi Pos Giro Mobile dan datang ke Kantor Pos terdekat. Sinergi ini diharapkan dapat mengurangi jumlah penunggak pajak kendaraan motor.

Untuk percepatan eksekusi Kerja Sama di Tingkat Daerah (Provinsi) sehingga masyarakat akan semakin cepat dapat dilayani, pada acara ini hadir pula Direktur Lalu Lintas Polda se-Indonesia, Ka.Bapenda seluruh Indonesia, Kepala Wilayah Jasa Raharja se-Indonesia dan Kepala Regional Pos Indonesia dan Kepala Kantor Pos Ibukota Provinsi seluruh Indonesia.

Pos Indonesia Dukung Penuh

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Komersial Pos Indonesia Charles Sitorus menegaskan jika MoU ini dipastikan akan ditindaklanjuti ke tahap Perjanjian Kerja Sama (PKS).

“Untuk mempercepat langkah kerjasama tersebut kami akan kordinasi lebih lanjut dengan masing-masing polda. Dalam MoU ini kita diberi target paling lambat tiga bulan harus sudah mulai. Tapi kami sepakat kalau bisa lebih cepat lebih baik supaya masyarakat lebih nyaman. Paling lambat layanan ini tiga bulan sudah berjalan,” jelas Charles.

Charles mengaku sangat siap dalam mendistribusikan seluruh kebutuhan korlantas melalui 70% jaringan perseroan yang dinyatakan siap menyalurkan layanan ini.

“Apabila masyarakat butuh layanan pengiriman dalam kota, kami punya layanan Q9 yang bisa mengirimkan berkas maksimal sembilan jam,” tutup Charles. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *