Kinerja Pertamina: Raih Laba Rp10,54 Triliun di Kuartal III 2019

oleh
Kinerja Pertamina

MEDIABUMN.COM, JakartaKinerja Pertamina pada kuartal III tahun 2019 berhasil meraih laba sebesar Rp10,54 triliun. Direktur Keuangan PT Pertamina (Persero) Pahala Mansury, mengatakan bahwa laba yang berhasil dihimpun perseroan belum termasuk kompensasi selisih harga jual BBM subsidi yang diberikan pemerintah ke Pertamina.

“Saat ini sih kinerja pertamina hingga kuartal III 2019 dari sisi laba mencapai US$ 753 juta atau sekitar Rp10,54 triliun. Tetapi jika nanti kita masukkan komponen penggantian kompensasi selisih harga jual yang mencapai US$ 1 miliar atau sekitar Rp 14 triliun,” kata Pahala.

Cairnya kompensasi dari pemerintah tersebut, jelas Mantan Direktur Utama Garuda Indonesia tersebut, akan berpotensi melesatkan laba pertamina mencapai US$1,7 miliar atau setara dengan Rp23,80 triliun.

Sehingga lanjutnya, potensi pendapatan akan bisa lebih meningkat. Namun memang tidak semudah yang dibayangkan untuk melihat hasil peningkatannya tersebut.

“Jadi inikan jika termasuk dalam potensi pendapatan dari kompensasi. Tapi itu kan butuh waktu yang lama, dan biasanya memang kompensasi harus terlebih dahulu menunggu audit dari BPK dan keputusan Menteri Keuangan. Kalau tidak termasuk itu, ya kurang lebih yang dicapai hanya sebesar US$ 753 juta,” terangnya. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *