Connect with us
PERTAMINA

Industri

Kinerja Meningkat, Perum Perindo Terus Dorong Industri Perikanan Nasional

MediaBUMN

Published

on

Dirut Perindo Risyanto Suanda

Perusahaan Umum Perikanan Indonesia (Perum Perindo) semakin menunjukan kepiawaiannya dalam menggarap potensi bisnis di industri kelautan dan perikanan. Meskipun dihadapi oleh sejumlah tantangan, BUMN ini berhasil menorehkan kinerja yang sangat baik dengan mencetak revenue Rp605 Miliar di tahun 2017 atau tumbuh hampir 300% dibanding revenue di 2016. Seiring ekspansi dan investasi strategis yang telah terbangun, Perum Perindo berpeluang besar meraih pertumbuhan yang lebih baik di tahun 2018 ini dengan membidik revenue mencapai Rp1 Triliun.

Tren kinerja positif yang ditorehkan Perum Perindo tidak terlepas dari sentuhan Risyanto Suanda sebagai Direktur Utama yang berhasil menerjemahkan positioning Perum Perindo pada peta industri perikanan nasional. Keberhasilan tersebut juga tidak terlepas dari peran besar manajemen yang berhasil mengimplementasikan ide dan gagasan sehingga bisnis perusahaan terus tumbuh dan berkesinambungan.

Kepada mediabumn, Risyanto membeberkan langkah awal keberhasilannya dalam membangun bisnis Perum Perindo yaitu dengan menata dari sisi internal perusahaan. Antara lain yaitu dengan menata kembali Sumber Daya Manusia (SDM), melakukan optimalisasi aset, melakukan pembenahan sistem dengan menerapkan digital system (e-office, e-performance serta Enterprise Resource Planning (ERP) yang merupakan sebuah aplikasi manajemen bisnis yang memudahkan pengelolaan bisnis secara terintegrasi), mempertajam Standar Operasional Prosedur (SOP) serta melakukan monitoring secara berkala.

“Sehingga dengan demikian business process perusahaan dapat berjalan dengan baik sesuai dengan apa yang diharapkan,” ujar Risyanto.

Keberhasilan perusahaan dalam mencetak revenue yang terus tumbuh dari tahun ke tahun pun pada akhirnya menjadi challenge bagi manajemen. Bagi pria kelahiran Karawang 24 Februari 1976 ini, target revenue Rp1 Triliun di tahun ini dirasa tidaklah berlebihan! pasalnya perusahaan yang bervisi menjadi perusahaan perikanan yang tangguh, terpercaya dan penggerak pertumbuhan ekonomi ini, terus mengoptimalkan potensi yang ada dengan terus berlari kencang menggenjot core business yang selama ini digarap. Selain itu, lanjut Risyanto, Perum Perindo juga senantiasa melakukan ekspansi dan pengembangan bisnis yang strategis ke depan.

Terlebih, imbuh Risyanto, sampai dengan lima bulan pertama di tahun ini revenue perusahaan sudah mencapai Rp633 Miliar.

“Target revenue Rp1 Triliun itu telah sesuai dengan Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) yang telah dirumuskan pada awal tahun lalu. Kami sangat optimis dapat mewujudkan target tersebut,” ujarnya.

Laman: 1 2

Airport Services

Peringati Hari Sumpah Pemuda, Angkasa Pura I Balikpapan Gelar Kompetisi Panahan Tingkat Nasional

MediaBUMN

Published

on

Sumpah Pemuda

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Memperingati Hari Sumpah Pemuda ke 92 PT Angkasa Pura I (Persero) bersama komunitas Persatuan Panahan Indonesia (PERPANI) menggelar kegiatan Lomba Panahan Tingkat Nasional yang diikuti sebanyak 400 atlet dari berbagai daerah.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Hanggar D Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan dengan mengangkat tema Balikpapan Indoor Achery Competition 2020, berlangsung selama 4 hari mulai 29 Oktober hingga 1 November 2020.

Barata Singgih Riwahono, General Manager Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan mengatakan “Kami mendukung kegiatan ini untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda dengan menggelar olahraga panahan tingkat Nasional yang pertama kali dilaksanakan di area Bandar Udara yakni di Hanggar D Bandara SAMS Sepinggan”.

“Tentunya dalam pelaksanaannya unsur keamanan menjadi prioritas utama sehingga layak untuk dilaksanakan, terlebih disituasi pandemi COVID-19 kami senantiasa memonitoring penerapan protokol kesehatan selama kegiatan berlangsung yang sebelumnya telah di evaluasi dan koordinasi bersama tim gugus tugas agar memenuhi syarat,” ucap Barata.

Barata berharap, “Semoga kegiatan ini dapat menjadi wadah untuk meningkatkan kemampuan atlet yakni melalui olahraga panahan dan kedepannya bisa terus dilaksanakan secara berkelanjutan, melihat respon positif hingga mencapai 400 pendaftar.”

“Disamping itu kegiatan ini dilaksanakan di Bandara memberikan kesempatan khususnya peserta junior mengenal aktifitas penerbangan lebih dekat lagi tapi dari sisi yang aman,” tambahnya.

Turut hadir Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi mengungkapkan, “kegiatan tersebut merupakan hal yang baru yaitu berkompetisi sambil bisa melihat aktifitas penerbangan, semoga melalui kompetisi ini dapat melahirkan atlet bibit baru yang bisa di andalkan baik dari Balikpapan maupun dari daerah lainnya.”

Sebagai informasi kegiatan Balikpapan Indoor Archery Competition yang diikuti 400 peserta terbagi dari 7 Divisi tanding, 31 beregu, 32 mix team dengan mewakili 30 club, 5 instansi, 5 Pengcab PERPANI dan 5 sekolah. []

Continue Reading

Teknologi & Komunikasi

365 Hari Pengabdian Menteri BUMN, Wujudkan Indonesia Go Digital untuk Menjawab Tantangan Persaingan Global

MediaBUMN

Published

on

Digital

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Membahas teknologi yang terus berkembang tidak akan pernah ada habisnya. Perkembangannya membawa kita menuju dunia yang tidak pernah bisa dibayangkan sebelumnya. Teknologi menghadirkan revolusi industri, mengubah kebiasaan, aktivitas dan kebutuhan masyarakat dari masa ke masa. Tantangannya? Tentu saja perubahan teknologi akan mendisrupsi apa pun dan siapa pun yang tidak siap mengikuti derasnya arus.

Dalam 365 hari pengabdian Erick Thohir sebagai Menteri BUMN, peningkatan kapabilitas digital dan pemanfaatan teknologi untuk kemajuan ekonomi nasional menjadi salah satu agenda yang diusungnya. BUMN dituntut agar mampu adaptif dan mampu meningkatkan kompetensi digitalnya agar mampu bicara banyak, tidak hanya di dalam negeri tapi juga di ranah global.

Apalagi di masa pandemi Covid-19 yang melanda seluruh penjuru dunia, memaksa orang untuk memanfaatkan teknologi digital untuk beraktivitas. Agenda fisik seperti belajar, bekerja dan bermain kini banyak dilakukan secara virtual melalui aplikasi-aplikasi video conference maupun video streaming, atau pembayaran yang dilakukan secara tunai dilakukan secara cashless.

Pada suatu kesempatan Erick pernah mengatakan bahwa 75% CEO perusahaan besar dunia menilai digitalisasi menjadi hal yang tidak terelakkan saat ini (karena Covid-19) dan di masa depan, karenanya kita harus adaptif.

Karena itu, di bawah kepemimpinan Erick Thohir, TelkomGroup telah siap untuk menjawab tantangan tersebut. Upaya Telkom dalam bertransformasi menuju perusahaan telekomunikasi digital ditunjukkan dengan komitmen untuk fokus pada 3 domain bisnis, yaitu digital connectivity, digital platform, dan digital services.

Hingga tengah tahun 2020, melalui program Indonesia Digital Network, TelkomGroup menghadirkan konektivitas secara masif dengan menggelar 165.805 km atau setara 4 kali keliling bumi jaringan tulang punggung fiber optic yang menyambungkan Sabang sampai Merauke ke Eropa dan Amerika Serikat. Seluruh infrastruktur kabel optik TelkomGroup juga telah menjangkau 489 Ibu Kota Kabupaten (IKK). Kemudian infrastruktur lainnya seperti 228 ribu BTS Telkomsel yang menjangkau 99% populasi, 3 satelit, dan 22 data center.

Tak hanya terus memperkuat posisinya sebagai market leader pada domain digital connectivity dengan menghadirkan layanan berkualitas dengan jangkauan terluas, Telkom juga juga mengakselerasi domain digital platform dengan cara mengembangkan layanan data center & cloud pada tahap awal untuk kemudian menyediakan smart platform di atasnya sebagai enabler berbagai layanan dan solusi ICT. Ada beberapa platform digital yang telah dikembangkan Telkom dan dimanfaatkan instansi/korporasi untuk mendukung aktivitas bisnisnya, di antaranya Antares, BigBox Big Data dan BigBox Developer API (Aplication Programming Interface).

Antares merupakan platform IoT (Internet of Things) yang menyediakan fitur data storage, device management, dan provisioning untuk memudahkan pengembangan ide-ide IoT. BigBox Big Data adalah solusi penerapan platform dan analisis big data untuk menghasilkan pemahaman mendalam (insight) yang sesuai dengan kebutuhan bisnis dan operasional perusahaan. Sedangkan BigBox Developer API merupakan platform yang menyediakan API siap pakai yang dapat membantu developer atau perusahaan yang akan mengembangkan bisnis baru dengan fokus Time to Market.

Untuk mengakselerasi bisnis digital platform seperti edge computing, 5G services, blockchain dan kebutuhan masa depan lainnya, Telkom juga tengah membangun Telkom HyperScale Data Center (HDC), yaitu data center skala besar berstandar global dengan sertifikasi tier 3 dan 4. Kehadiran Telkom HDC yang memiliki spesifikasi, fasilitas, dan service level terbaik, melengkapi 22 data center yang sudah ada sehingga TelkomGroup semakin mengukuhkan diri sebagai market leader bisnis data center.

Melalui dukungan secara sinergis oleh digital platform dan digital connectivity yang telah dibangun, selanjutnya produk-produk digital service akan dikembangkan secara selektif, termasuk melalui akuisisi maupun kemitraan, demi memberikan pengalaman digital terbaik bagi pelanggan. Telkom mengembangkan berbagai produk dan layanan digital yang ditujukan untuk beragam segmen baik Business to Consumer (B2C) maupun Business to Business (B2B), yang terdiri dari Games, e-Commerce, Video TV, e-Health, e-Education, Logistic Solution, dan Financial Solution.

Tidak hanya dalam konteks bisnis, TelkomGroup yang juga memiliki kapabilitas digital juga mendukung Pemerintah dalam hal penanganan Covid-19. Melalui pemanfaatan big data, Telkom mendukung inisiasi Kementerian BUMN dengan menyediakan dashboard digital information management untuk memonitoring dan bahan pengambilan keputusan Satgas Penanganan Covid-19 dalam hal mencegah dan menangani pandemi di Indonesia. Selain itu, TelkomGroup juga membangun infrastruktur internet di berbagai lokasi penting seperti Wisma Atlet Kemayoran yang kini menjadi Rumah Sakit Darurat Covid-19.

Meskipun saat ini Indonesia sedang menghadapi pandemi Covid-19, misi Pemerintah mewujudkan visi Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian, berlandaskan gotong-royong harus tetap berjalan. Karena itu, 365 hari kepemimpinan Erick Thohir sebagai Menteri BUMN adalah langkah awal yang mantap untuk melanjutkan tahun-tahun berikutnya hingga masa baktinya usai pada 2024 mendatang. []

Continue Reading

Transportasi

Kargo Garuda Indonesia Angkut Ekspor Makanan Laut ke Jepang dan Singapura

Alfian Setya Saputra

Published

on

Kargo Garuda Indonesia

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Kargo Garuda Indonesia mulai mengangkut ekspor makanan laut di tengah minimnya jumlah penumpang.

Maskapai penerbangan milik pemerintah ini menggarap potensi penerbangan kargo untuk mendukung ekspor produk makanan laut dari dalam negeri.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra menjelaskan, rencana ini merupakan salah satu langkah yang dilakukan pihak perseroan untuk meningkatkan kinerja keuangan perusahaan.

Pasalnya jumlah penerbangan penumpang selama pandemi ini masih sangat rendah.

“Kami menyadari bahwa pergerakan barang terutama bahan pangan terus berjalan, meningkat adanya perdagangan online atau e-commerce,” ujarnya, Jumat (30/10/2020).

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Mengakui bahwa porsi untuk penerbangan kargo masih rendah jika dibandingkan penerbangan penumpang, hanya berkisar 20 persen.

Meski begitu, pihaknya yakin bahwa potensi ekspor terutama produk makanan laut masih sangat besar.

“Kami serius menggarap penerbangan kargo produk makanan laut. Saya yakin kalau peluang ini benar-benar diseriusi, proporsinya bisa naik di atas 30 persen,” katanya.

Tambah Penerbangan Kargo Garuda Indonesia

Adapun saat ini kargo Garuda Indonesia sudah memiliki dua rute penerbangan yaitu Makassar-Singapura, dan Manado-Jepang.

Daya angkut kargo rute Singapura rata-rata 40 ton setiap penerbangan, dengan jadwal penerbangan sekali dalam sepekan.

Sementara rute menuju Jepang rata-rata 35 ton sekali jalan dengan jadwal yang sama yaitu sekali sepekan.

“Melalui layanan kargo Garuda Indonesia para nelayan juga akan mendapatkan keuntungan lebih karena hasil tangkapannya terjual lebih mahal di pasar ekspor. Terlebih komoditas makanan laut ini sangat diminati oleh masyarakat di kedua negara tersebut,” jelasnya.

Selain itu, jarak tempuh dari Makassar dan Manado juga lebih dekat sehingga biaya logistiknya akan lebih murah dibandingkan pengiriman yang dilakukan dari Jakarta.

Bahkan Irfan siap menambah jumlah pesawat untuk layanan penerbangan kargo Garuda jika nantinya pengiriman barang ini mengalami peningkatan.

“Kalau harus menambah jumlah pesawat, kita siap tambah jika memang dibutuhkan. Karena ini untuk mendorong ekspor perikanan. Makanan laut ini sebenarnya ekspor yang punya potensi besar, namun selama ini terabaikan,” tandasnya.

Di luar rute ekspor, Kargo Garuda juga melayani 10 penerbangan domestik setiap harinya. Untuk itu, Irfan tetap yakin bahwa bisnis penerbangan kargo Garuda cukup menjanjikan di tengah penurunan penumpang yang terjadi selama pandemi. []

Continue Reading

Trending

Copyright © 2019 MEDIABUMN.COM

error: Content is protected !!