Kinerja Keuangan Krakatau Steel Masih Merugi!

by

Kinerja keuangan PT Krakatau Steel Tbk (KRAS) sepanjang tahun 2017 berhasil mencatat kenaikan pendapatan, namun, BUMN ini masih belum terhindar dari kerugian. Meski demikian, kerugian yang diderita oleh produsen plat baja tersebut sudah mengalami penurunan, dimana Perseroan berhasil menekan angka kerugian tersebut.

Melalui keterangan resminya, KRAS merilis angka kerugian sebesar US$ 81,75 juta atau berhasil turun 52,39% dibandingkan kerugian tahun sebelumnya yang mencapai US$ 171,69 juta (year on year / y-o-y)

Perseroan berhasil menekan angka kerugian tersebut karena beberapa faktor penting yang telah dilakukan oleh KRAS, antara lain adalah dengan berupaya meningkatkan pendapatan perusahaan serta langkah efisiensi. Pendapatan KRAS pada tahun 2017 mencapai US$ 1,45 miliar atau mengalami peningakatan 7,76% jika dibandingkatan raihan pendapatan pada tahun sebelumnya yaitu US$ 1,34 miliar (y-o-y).

Langkah efisiensi yang telah dilakukan KRAS antara lain yaitu menekan beban penjualn menjadi sebesar US$ 27,75 atau mengalami penurunan 8,66% (y-o-y). sementara itu, KRAS juga mencatat beban operasi yang juga turut mengalami penurunan sebanyak 31,65% (y-o-y).

Di samping itu, KRAS juga berhasil menurunkan rugi dari entitas asosiasi dan ventura bersama sebanyak 31,99% yoy. Rugi selisih kurs yang harus ditanggung KRAS pada tahun lalu juga menyusut hingga 80,09% (y-o-y).

Emiten industri dasar ini pun berhasil meningkatkan pendapatan keuangan menjadi US$ 17,51 juta atau naik 59,29% (y-o-y).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *