Kinerja Keuangan Pertamina Dipastikan Positif

by
DIrut Pertamina Nicke Widyastuti Mengatakan Bahwa Kinerja Keuangan Pertamina Dalam Keadaan Positif

Kinerja Keuangan Pertamina ~ Pertamina memastikan kinerja keuangannya dalam keadaan positif meskipun dihantam oleh lesunya ekonomi global serta naiknya harga minyak mentah. Hal tersebut diungkapkan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyastuti.

Lebih lanjut Nicke mengatakan hal tersebut lantaran perseroan mendapat dukungan penuh dari pemerintah sehingga pelat merah ini mampu menjaga kinerjanya. Adapun dalam kurun 3 tahun terakhir, Pertamina berhasil mencetak laba mencapai Rp90 Triliun ditengah sejumlah tantangan yang ada.

“Tren kinerja positif tersebut memberikan retained earning bagi kami,” ujar Nicke.

Dukungan dari pemerintah yang dimaksud adalah pemberian subsidi serta blok migas baru dalam mendongkrak pendapatan pada bisnis hulu.

Pemerintah telah berkomitmen memberikan subsidi kepada Pertamina untuk BBM jenis solar yang naik menjadi Rp2 ribu per liter, dimana sebelumnya hanya Rp500 per liternya.

“Naik emapt kali lipat. Subsidi itu bisa menutup adanya kenaikan produksi BBM akibat naiknya harga minyak dunia,” ujarnya.

Di sektor hulu, pemerintah juga telah menyerahkan 12 blok migas untuk dikelola Pertamina sehingga mampu mendorong produksi migas hingga 100%.

“Tentu sangat menguntungkan karena bisa melipatgandakan pendapatan perseroan,” tutup Nicke. []

3 thoughts on “Kinerja Keuangan Pertamina Dipastikan Positif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *