Kinerja Keuangan 6 BUMN Sektor Konstruksi Kian Meroket

by

Sepanjang Triwulan I/2018 sebanyak 6 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Karya atau yang bergerak di sektor konstruksi berhasil membukukan pertumbuhan pendapatan usaha yang sangat signifikan. Adapun BUMN tersebut adalah PT Waskita Karya (Persero) Tbk, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, PT Hutama Karya (Persero), PT Jasa Marga (Persero) Tbk, PT Adhi Karya (Persero) Tbk dan PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk.

Enam Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Karya berhasil mencatatkan pertumbuhan pendapatan usaha secara signifikan sepanjang kuartal I 2018. Keenam BUMN dimaksud adalah PT Hutama Karya (Persero), PT Waskita Karya (Persero) Tbk, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, PT Adhi Karya (Persero) Tbk, PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk dan PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

Hal tersebut diungkapkan oleh Deputi Bidang Usaha Konstruksi dan Sarana dan Prasarana Perhubungan Kementerian BUMN Ahmad Bambang (06/6). Menurutnya Kementerian BUMN senantiasa melakukan pengawasan kepada seluruh perusahaan BUMN khususnya dari sisi kinerja keuangan.

“Pengawasan dan pendampingan saya kira kami sangat concern dalam hal itu agar BUMN sehat dari segala sisi terutama sisi keuangan,” terangnya.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa pihaknya terus mengikuti perkembangan keuangan seluruh perusahaan pelat merah. Termasuk membantu dan melakukan pengawasan jika terjadi masalah yang berkaitan dengan dana talangan maupun pendanaan alternatif.

“Yang belum lama ini kami lakukan adalah pada proyek tol Waskita Karya dan Jasa Marga. Dimana pada proyek tersebut kami memfasilitasi sisi pendanaan RDPT (Reksa Dana Penyertaan Terbatas),” paparnya.

KINERJA KEUANGAN
PT Wijaya Karya (Persero) Tbk / WIKA dan PT Adhi Karya (Persero) Tbk / ADHI pada Triwulan I/2018 berhasil meraih pertumbuhan pendapatan yang signifikan. Dimana keduanya masing-masing mendulang pendapatan yang tumbuh 64% menjadiu Rp6.2 Triliun dan 92,8% menjadi Rp1.3 Triliun. Adapun laba yang berhasil diperoleh adalah Rp215 Miliar untuk WIKA dan RP73 Miliar untuk ADHI.

Sementara itu PT Hutama Karya (Persero) juga berhasil meraih pertumbuhan pendapatan sebesar 10% menjadi Rp4.8 Triliun dengan torehan laba Rp200 Miliar.

Kemudian PT Waskita Karya (Persero) Tbk yang juga berhasil meraih pendapatan Rp12.3 Triliun atau tumbuh sangat gemilang yaitu 68,56%. Adapun laba bersih yang berhasil dibukukan adalah sebesar Rp1.7 Triliun.

PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk / PTPP juga berhasil meraih kinerja positif, dimana perseroan mencatat pertumbuhan pendapatan sebesar 26% atau menjadi RP3.6 Triliun. Laba bersih PT PP juga tumbuh 26% menjadi Rp204 Miliar.

Kinerja gemilang juga ditorehkan oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk, dimana BUMN jalan tol ini berhasil meraih kenaikan pendapatan yang sangat signifikan yaitu sebesar 92,8% atau menjadi Rp9.6 Triliun dan perolehan laba bersih sebesar Rp560 Miliar.

“Untuk kinerja aset 6 BUMN tersebut rata-rata pertumbuhannya berada pada kisaran 55,98%. Pertumbuhan tersebut didukung pertumbuhan liabilitas secara rata-rata 72,77%,” ujar Ahmad Bambang. []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *