Bukukan Laba Bersih Rp13.62 Triliun, Kinerja BNI Tumbuh di Atas Rata-rata Industri Perbankan

by

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk / BNI berhasil menorehkan kinerja gemilang sepanjang tahun 2017 dengan mencetak laba bersih konsolidasi sebesar Rp13.62 Triliun atau tumbuh sebesar 20,1% dibandingkan kinerja tahun 2016 (year on year / y-o-y) yang hanya tercatat sebesar Rp11.34 Triliun.

Dalam paparan kinerjanya dihadapan para wartawan, Direktur Utama BNI, Achmad Baiquni mengungkapkan bahwa torehan laba bersih tersebut adalah hasil dari pada pengembangan bisnis di segmen business banking serta consumer banking dan tentunya diikuti oleh perbaikan aset perseroan.

“Kami berhasil mencetak laba di atas proyeksi pertumbuhan industri perbankan yang mencapai 16,5%,” ujar Baiquni.

Baca Juga : BNI Bidik Nasabah Milenial Hadirkan Produk Fintech

Sementara itu, dari sektor kredit BNI berhasil mencetak pertumbuhan kredit sebesar 12,2% atau dengan kata lain berhasil tumbuh di atas pertumbuhan kredit perbankan yang diproyeksikan hanya 8,2%. Penyaluran kredit BNI sepanjang tahun 2017 tersebut, lanjut Baiquni, berhasil menciptakan pendapatan bungan bersih (NII) sebesar Rp31.94 Triliun.

Selain itu, BNI juga berhasil mencetak pertumbuhan pendapatan non bunga yaitu sebesar Rp13,9% dari Rp8.59 Triliun di tahun 2016 menjadi Rp9.78 Triliun pada akhir 2017, dimana kenaikan fee based income merupakan faktor utama pertumbuhan tersebut yang diperoleh melalui trade finance dan remittance.

“Pendapatan fee based income ini juga berhasil melampaui pertumbuhan rata-rata industri perbankan yang diperkirakan tumbuh negatif yaitu -0,5%,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *