Kerjasama BUMN dengan Lima Perusahaan Raksasa Eropa

by
Kerjasama BUMN

Kerjasama BUMN (Badan Usaha Milik Negara) dalam rangka meningkatkan daya saing dan kinerja terus dilakukan hingga mancanegara. Belum lama ini sebanyak tiga BUMN bekerja sama dengan lima perusahaan besar di Eropa. Ketiga BUMN antara lain, PT Len Industri (Persero), PT Industri Kereta Api/INKA (Persero), PT KAI (Persero).

Penandatanganan MoU ini dilakukan oleh masing-masing Direktur Utama Perseroan dan disaksikan langsung Menteri BUMN Rini Soemarno. Penandatanganan dilakukan dalam acara pameran industri kereta terbesar di dunia, yakni Innotrans 2018 di Jerman, beberapa waktu lalu.

“Serangkaian kerja sama ini sebagai upaya go internasional dari industri kereta dan perlengkapan kereta Indonesia. Di mana industri kereta Indonesia dapat menjadi pemimpin pengembangan industri kereta di kawasan ASEAN,” kata Rini seperti dikutip dari keterangan tertulis.

Baca Juga: Sinergi BUMN, Bhanda Ghara Reksa dan AirNav Indonesia

PT Len Industri dengan perusahaan asal Kroasia, ALTPRO akan berkolaborasi dalam hal pengembangan produk dan sertifikasi guna memperkuat bisnis masing-masing. Len akan menyuplai Interlocking, LED Signal, Point Machine, CTC and Sistem Engineering. Sementara Altpro akan memasok Axle Counter System, Level Crossing, dan ATP.

Sementara itu, INKA akan berkolaborasi dengan SKODA, perusahaan asal Republik Ceko dalam merancang dan memproduksi sistem propulsi dan kontrol perkeretaapian. Keduanya berkomitmen untuk terus mengembangkan dan meningkatkan kerja sama ke depannya, termasuk melakukan transfer teknologi pada Traction Motor dan Propulsi.

Tak hanya demikian, INKA juga turut membubuhkan kesepakatan kerja sama dengan Movement Group BV, perusahaan Belanda yang handal dalam mengembangkan dan memproduksi perangkat lunak dan perangkat keras di bidang mobilitas juga transportasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *