Kereta Semi Cepat Jakarta-Surabaya Dibangun Tahun Ini

oleh
Kereta Semi Cepat Jakarta-Surabaya

Kereta Semi Cepat Jakarta-Surabaya tampaknya akan terealisasi pembangunannya pada pertengahan tahun ini. Hal ini menyusul proses negosiasi yang berlanjut antara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dengan pihak Jepang. Adapun rute Kereta Semi Cepat ini akan di tempuh dalam waktu 5,5 jam dengan daya kecepatan sekitar 140 KM per jam.

Menurut Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi terdapat beberapa point penting dalam kelanjutan negosiasi dengan Jepang. Budi menyebut antara lain yaitu soal keutamaan penggunaan komponen lokal dan tentunya soal harga.

“Negosiasi terkait Kereta Semi Cepat Jakarta-Surabaya memang tidak mudah! Terlebih masalah penggunaan komponen lokal. Kalau dulu komponen lokal hanya menyumbang 30 persen sekarang kesepakatannya menungkat menjadi 40 persen,” ujarnya.

Baca Juga: WIKA Kebut Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Selain persoalan komposisi dalam penggunaan komponen, proyek yang diproyeksikan akan menghabiskan dana sekitar Rp90 triliun tersebut juga menyepakati dalam peningkatan jumlah pekerja Indonesia.

“Untuk nilai investasinya sekarang sedang proses finalisasi. Pihak jepang sedang menghitung nilainya dan dipastikan pertengahan tahun ini kita sudah mulai bangun konstruksi Kereta Semi Cepat Jakarta-Surabaya,” ungkapnya.

Lebih lanjut Budi Karya menyebut jika proyek strategis ini akan rampung dalam waktu 3 tahun.

“Proyek Kereta Semi Cepat Jakarta-Surabaya masih layak pembangunannya meskipun rute Jakarta-Surabaya sudah terhubung oleh tol trans jawa,” imbuhnya. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *