Kereta Gantung Puncak, Jadi Incaran Investor

by
Kereta Gantung Puncak
Kereta Gantung Puncak

Kereta Gantung Puncak diproyeksikan akan menjadi proyek strategis pemecah kemacetan jalur puncak Bogor, Jawa Barat.

Hal ini dikonfirmasi oleh Kepala BPTJ Bambang Prihartono yang lebih lanjut mengatakan bahwa proyek tersebut menjadi incaran sejumlah investor.

“Ada investor dari prancis yang sangat berminat terhadap proyek kereta gantung puncak ini. Mereka sedang menghitung besaran investasinya,” ujar Bambang.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa proyek Kereta Gantung Puncak tersebut telah diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 Tahun 2018 tentang Rencana Induk Transportasi Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi Tahun 2018 – 2029.

Proyek ini, imbuhnya, diyakini akan menjadi solusi kemacetan pada jalur Puncak, khususnya pada masa liburan akhir pekan.

Untuk tahap awal proyek Kereta Gantung Puncak memiliki panjang sekitar 5-7 KM yang akan menghubungkan titik di Gadog menuju titik lokasi di kawasan Taman Safari Indonesia. Untuk tahap kedua, pembangunan akan dilanjutkan menuju kawasan Puncak Pass.

“Kalau dilanjut dari Gadok sampai Puncak Pass investasinya sangat mahal. Oleh karena itu pembangunannya dilakukan tahapan demi tahapan,” jelasnya.

Masyarakat nantinya dapat memarkirkan kendaraannya di Gadog kemudian melanjutkan perjalanan menuju Puncak via kereta gantung.

Pemerintah di Puncak akan menyediakan layanan shuttle bus yang akan mengantarkan penumpang ke tempat pariwisata. Selain itu secara bersamaan nantinya pemerintah juga akan menata sentra ekonomi dari masyarakat setempat.

Seharusnya proyek Kereta Gantung Puncak bisa dikerjakan di tahun ini. tetapi karena urusan perizinan baru terbit pada tahun lalu maka proyek ini belum bisa dikerjakan pada tahun ini.

“Lelang proyek dapat dilakukan pada tahun depan. Adapun skema pembiayaan proyek tersebut adalah Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan masa konstruksi hanya setahun karena tidak memerlukan pembebasan lahan,” tutupnya. []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *