Kereta Cepat Beroperasi 2021! Jakarta Bandung Cuma 46 Menit

oleh
Kereta Cepat

Kereta Cepat Jakarta Bandung mulai beroperasi pada tahun 2021. Hal ini dipastikan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini M. Soemarno usai menyaksikan langsung proses instalasi girder di casting yard 1 di Cikarang Barat.

Menurut Rini, proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung sudah berjalan sesuai target. Saat ini proyek sudah masuk pada tahap pembangunan jalur elevated atau jalur layang.

Di lokasi Cikarang Barat merupakan tempat produksi girder terbesar untuk proyek Kereta Cepat. prosesi Instalasi box girder pertama dengan bobot 900 ton tersebut juga turut disaksikan oleh Duta Besar China untuk Indonesia yaitu Xiao Qian, Arie Yuriwin selaku Direktur Jenderal Pengadaan Tanah Kementerian ATR/BPN dan jajaran Direksi perusahaan pelat merah lainnya.

“Saya tentunya terus mendukung agar proses pembangunan berjalan baik dan dapat beroperasi sesuai yang ditargetkan. Ini menjadi pencapaian luar biasa,” ujar Menteri Rini.

Dengan adanya Kereta Cepat Jakarta Bandung ini, maka jarak antar kedua kota tersebut akan ditempuh kurang dari 60 menit. Jalur Jakarta Bandung sepanjang 140 KM tersebut nantinya akan melewati 4 stasiun yaitu Halim, Karawang, Walini dan Tegalluar.

“Jarak antara stasiun Halim menuju stasiun Tegalluar apabila ditempuh perjalanan langsung hanya memakan waktu cuma 36 menit atau 46 menit apabila ditempuh dengan perjalanan tidak langsung,” jelas Rini.

Kereta Cepat Sebagai Solusi

Dengan menawarkan kecepatan dan efisiensi waktu, kereta cepat hadir dengan teknologi modern yang dilengkapi dengan sistem keamanan terbaik sehingga selain kecepatan juga mampu memberikan kenyamanan dan keamanan untuk para penumpang.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama Direktur Utama PT KCIC Chandra Dwiputra memaparkan bahwa 60 persen dari total keseluruhan trase KCJB didominasi oleh struktur elevated.

Pemasangan box girder ini, lanjut Chandra, akan mendorong percepatan pembangunan trase yang direncanakan tersambung keseluruhannya pada 2020 dan beroperasi 2021.

Chandra meyakini bahwa selain sebagai milestone, proses instalasi ini dapat menjadi semangat untuk mewujudkan kereta cepat sebagai solusi masyarakat perkotaan dalam bertransportasi antar kota dengan cara dan nuansa yang baru.

“Adnaya transportasi Kereta Cepat Jakarta Bandung menjadi solusi bagi masyarakat dengan menawarkan kecepatan dari segi waktu, sehingga perjalanan lebih aman, efektif, efisien, dan nyaman.” tutup Chandra. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *