Connect with us
PERTAMINA

Teknologi & Komunikasi

Keamanan Digital Diperkuat, BRI dan Peruri Gandeng Element Inc

GUNADI WITJAKSONO

Published

on

Keamanan Digital

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Keamanan Digital pada sektor keuangan di perusahaan BUMN terus diperkuat untuk mengikuti kemajuan teknologi saat ini.

Langkah ini dilakukan oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dan Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri).

Guna memperkuat keamanan digital (digital security), BRI dan Peruri menjalin kerjasama dengan perusahaan pelopor kecerdasan buatan modern dalam layanan identitas digital asal Amerika Serikat yaitu Element Inc.

Kerjasama ini meliputi kesepakatan untuk meluncurkan teknologi mutakhir dalam penyediaan tanda tangan digital, identitas digital, digital onboarding, security dan anti-fraud pada berbagai saluran produk utama milik BRI dan Peruri.

Teknologi dan produk tersebut akan membackup beberapa aplikasi milik BRI yaitu BRImo super apps, aplikasi pinjaman digital Pinang, dan juga Ceria yang telah menjadi platform pinjaman murah.

Sementara Peruri juga melakukan kerjasama untuk pengamanan digital pada Peruri Digital Platform Suite.

Direktur Digital, Teknologi Informasi dan Operasi Bank BRI Indra Utoyo mengatakan saat ini tanda tangan digital dan teknologi pengenalan wajah yang mulai digunakan pihak perbankan sejak tahun 2019 telah berhasil memudahkan proses verifikasi.

Salah satunya saat ada nasabah yang melakukan pengajuan pinjaman yang sebelumnya butuh waktu lama, kini bisa dilakukan hanya dalam hitungan menit melalui scan wajah, scan KTP dan data lainnya.

“Menghadirkan inovasi teknologi dan layanan yang praktis menjadi komitmen kami untuk pengembangan produk BRI. Karena hal itu semua untuk memberikan layanan keuangan yang elegan dengan performa yang tinggi. Tentunya harus dibarengi dengan keamanan digital yang ketat,” kata dia.

Maka kerjasama ini menjadi tanda dimulainya cakupan yang lebih luas untuk memperkuat keamanan digital BRI, mulai dari perencanaan teknis dan produk oleh para mitra.

Dengan begitu layanan keuangan digital BRI akan lebih maju bagi ekosistem digital yang saat ini terus berkembang.

Upaya Tingkatkan Keamanan Digital

Sementara President dan CEO Element Inc. Adam Perold mengatakan Bank BRI dan Peruri telah memberikan dampak positif bagi perkembangan sektor keuangan dan e-commerce di Indonesia.

Ia pun mengapresiasi atas kerjasama yang telah terjalin dengan Element Inc sehingga pihaknya bisa memberikan layanan yang lebih baik.

Terutama mendukung pengembangan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence) untuk memperkuat kemanan digital di sektor keuangan dan perdagangan online.

Menyambut kemitraan ini, Farah Fitria selaku Chief Digital Officer Peruri menambahkan, pihaknya juga sangat termotivasi untuk memperluas produk digital yang dimiliki Peruri.

Saat ini Peruri berupaya untuk membantu memberikan solusi digital bisnis di Indonesia yang sejalan dengan pertumbuhan transaksi secara non tunai.

“Dengan keamanan digital yang terjamin, kami yakin akan semakin banyak masyarakat yang memanfaatkan layanan keuangan berbasis digital. Baik dari warga yang tinggal di kota maupun di wilayah pedesaan,” tutupnya. []

Teknologi & Komunikasi

Telkom Kembali Hadirkan Tayangan Olahraga Bergengsi melalui Channel Usee Sports di IndiHome TV

MediaBUMN

Published

on

olahraga

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Mengawali tahun 2021, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) kembali menghadirkan tayangan yang paling ditunggu oleh pecinta olahraga tanah air. Kali ini IndiHome menghadirkan berbagai program tayangan olahraga di Channel Usee Sports 1 dan Usee Sports 2 yang dapat dinikmati kapan saja dan di mana saja.

“Olahraga sudah menjadi bagian tak terpisahkan bagi masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, mulai Januari 2021 kami menghadirkan kembali berbagai tayangan olahraga pada Channel Usee Sports 1 dan Usee Sports 2 di IndiHome TV sehingga masyarakat yang menyukai olahraga bisa menikmati dan mendapatkan informasi terkait dunia olahraga dengan mudah, aman, dan nyaman di rumah.” ujar E. Kurniawan selaku Vice President Marketing Management Telkom.

Kurniawan melanjutkan, melalui kedua channel olahraga tersebut, pecinta olahraga bisa menyaksikan secara langsung tayangan kompetisi bergengsi sepak bola Indonesia, seperti Liga 1 dan Liga 2. Cabang olahraga bergengsi basket seperti Indonesian Basketball League (IBL) juga dapat dinikmati melalui IndiHome TV. Tidak hanya itu, pelanggan juga dapat menikmati tayangan olahraga luar negeri seperti turnamen bulu tangkis Badminton World Federation (BWF), kompetisi sepakbola bergengsi dunia Liga Champion, Liga Europa dan Coppa Italia di channel Usee Sports 1 dan Usee Sports 2.

Pelanggan bisa menikmati berbagai macam tayangan olahraga terbaik tersebut mulai bulan Januari 2021, dengan beberapa jadwal pertandingan perdana di antaranya turnamen BWF yang terdiri dari Yonex Thailand Open 2020, Toyota Thailand Open 2021 dan HSBC BWF World Tour Final 2020, serta Coppa Italia yang tayang di bulan Januari 2021. Sedangkan, Liga Champions dan Liga Europa akan mulai tayang di bulan Februari 2021 serta liga basket tertinggi di Indonesia, yaitu IBL dijadwalkan kembali hadir di bulan Maret 2021.

Tidak hanya pertandingan olahraga unggulan, channel Usee Sports dan Usee Sports 2 juga memproduksi berbagai macam program olahraga berkualitas seperti Rivalitas yang menampilkan flashback persaingan sengit antar club yang terjadi di kancah sepak bola Indonesia, Ricky Smash yaitu program magazine yang membahas seputar olahraga bulu tangkis di tanah air yang dibawakan oleh legenda bulutangkis Indonesia Ricky Soebagja, Soccer Tonight yang berisi program berita perkembangan sepak bola mancanegara, berita tentang atlet hingga cuplikan pertandingan terbaik serta berbagai program menarik lainnya.

Tayangan olahraga unggulan tersebut dapat dinikmati oleh pelanggan IndiHome hanya dengan berlangganan minipack IndiSport 2 yang dapat diaktivasi dengan mudah melalui layar IndiHome TV atau aplikasi myIndiHome. Biaya berlangganan IndiSport 2 cukup terjangkau dan dapat dibayar dengan dua metode pembayaran melalui pre-paid atau post-paid lewat tagihan IndiHome.

Dengan berlangganan IndiSport 2 pelanggan bisa mendapatkan akses 24 jam channel Usee Sports [85 SD | 901 HD], Usee Sports 2 [86 SD | 902 HD], Champions TV 1 [712 SD | 980 HD] dan Champions TV 2 [713 SD | 981 HD]. Tak hanya itu, pelanggan juga dapat menikmati tayangan tersebut di mana saja dan kapan saja melalui aplikasi UseeTV GO yang tersedia di Playstore dan AppStore serta website useetv.com.

Bagi pelanggan yang belum mendapatkan layanan IndiHome tetap dapat menikmati tayangan BWF dengan melakukan pembelian di website useetv.com. Nikmati keseruan menonton tayangan olahraga berkualitas bersama IndiHome TV.

Informasi lebih lanjut terkait jadwal tayangan program olahraga di IndiHome TV, follow social media IndiHome TV yang tersedia di Instagram & Twitter @useetvcom, Facebook @indihometvid dan YouTube @indihometv. []

Continue Reading

Teknologi & Komunikasi

TelkomGroup Pastikan Beroperasi Normal Pasca Gempa di Sulbar

MediaBUMN

Published

on

telkomGroup

MEDIABUMN.COM, Jakarta – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk terus mengupayakan agar layanan telekomunikasi TelkomGroup tetap beroperasi normal pasca terjadinya gempa di wilayah Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat dengan magnitudo 6,2 skala richter pada Jumat (15/1) dini hari pukul 2:28 WITA.

“Saat ini kondisi jaringan backbone tetap beroperasi normal dan kami sedang melakukan pengecekan pada jaringan akses. Sementara itu untuk layanan seluler, beberapa BTS mengalami gangguan umumnya dikarenakan kendala catuan listrik yang terjadi. Kami terus melakukan pengecekan dan mempercepat perbaikan jika memang ditemukan adanya perangkat jaringan yang terdampak,” demikian ungkap Vice President Corporate Communication Telkom, Pujo Pramono di Jakarta.

Pujo menambahkan untuk kondisi gedung pelayanan pelanggan dan Sentral Telepon Otomat (STO) Mamuju berdasarkan laporan sementara mengalami beberapa kerusakan. Bahkan STO Mamuju membutuhkan catuan genset sehubungan adanya kendala catuan listrik di lokasi. “Kami memohon maaf kepada pelanggan yang sempat terdampak atas ketidaknyamanan layanan telekomunikasi yang dirasakan pasca gempa. Untuk mempercepat upaya identifikasi dan recovery, Kami telah mengirimkan tim teknisi dari Parepare menuju Mamuju untuk melakukan pengecekan dan mempercepat perbaikan segera terhadap gangguan layanan yang terdampak,” demikian tutup Pujo.

Saat ini Telkom telah memobilisasi genset mobile dari Donggala ke Mamuju. Selain itu, Telkom juga menyediakan internet gratis di Wifi Corner Kantor Daerah Pelayanan Telekomunikasi (Kandatel) Mamuju yang dimanfaatkan masyarakat dalam berkomunikasi dan mengakses informasi. []

Continue Reading

Teknologi & Komunikasi

Telkomsat Mendapatkan Ijin Penggunaan Filing Satelit Indonesia di Slot Orbit 113°BT

MediaBUMN

Published

on

Filing Satelit

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Berdasarkan Siaran Pers Kominfo 5 Januari 2021 No. 06/HM/KOMINFO/01/2021 tentang Kelanjutan Penggunaan Filing Satelit Indonesia di Slot Orbit 113°BT, PT Telkom Satelit Indonesia (Telkomsat), anak usaha dari PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk ditetapkan sebagai pemenang Seleksi Pengguna Filing Satelit Indonesia di Slot Orbit 113°BT. Ini merupakan langkah baik bagi Telkomsat sebagai penyedia layanan satelit yang telah berpengalaman dalam memberikan layanan hulu ke hilir yang berkualitas tinggi dan berstandar internasional.

Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah mengatakan, “Keberhasilan ini adalah hal yang strategis bagi pengembangan bisnis satelit Telkomsat nantinya dalam memperkuat penyediaan infrastruktur satelit TelkomGroup. Semoga dengan ijin penggunaan slot orbit ini, dapat mendukung TelkomGroup dalam menghadirkan konektivitas hingga pelosok dan peningkatan kualitas dalam melayani pelanggan dan masyarakat Indonesia.”

Slot orbit 113°BT merupakan salah satu slot orbit premium yang dikelola oleh Kominfo selaku administrator telekomunikasi Indonesia. Kominfo menyelenggarakan proses Seleksi Pengguna Filing Satelit Indonesia di slot orbit 113°BT pada tanggal 5 Oktober 2020. Telkomsat mengikuti proses seleksi tersebut, yang dilaksanakan berdasarkan prinsip efisien, efektif, tidak diskriminatif, dan akuntabel dengan menggunakan metode evaluasi komparatif (beauty contest). Telkomsat dinyatakan berada di posisi tertinggi pada peringkat peserta seleksi berdasarkan total penilaian evaluasi kelayakan.

“Ke depannya TelkomGroup melalui Telkomsat telah merencanakan untuk menempatkan satelit dengan teknologi terbaru yang dikenal sebagai High Throughput Satellite (HTS) yang cocok untuk melayani pelanggan broadband satelit, mencakup pita frekuensi C band dan Ku band di slot orbit 113°BT sebelum 31 Desember 2024. Semoga ini memantapkan langkah Telkomsat menjadi penyelenggara layanan satelit terkemuka di regional,” tutup Ririek. []

Continue Reading

Trending

Copyright © 2019 MEDIABUMN.COM

error: Content is protected !!