Kasus Korupsi BUMN di Era Menteri Rini Soemarno Ini Daftarnya!

oleh
Kasus korupsi BUMN

Kasus korupsi BUMN (Badan Usaha Milik Negara) dari tahun ke tahun dinilai masih terus terjadi. Terdapat beberapa nama pejabat di perusahaan pelat merah pada era Menteri BUMN Rini M Soemarno yang diringkus oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)

Tercatat sepanjang Menteri Rini menjabat sebagai Menteri BUMN periode 2014-2019 terdapat sejumlah figur yang tersandung kasus korupsi BUMN. Siapa-siapa saja mereka?

26 MEI 2015
Suroso Atmomartoyo – Direktur Pengolahan PT Pertamina (Persero)
Kasus Korupsi BUMN di era menteri Rini diawali oleh sosok Suroso Atmomartoyo. Suroso diketahui menerima suap pada proyek pengadaanTetraethyl Lead (TEL) atau bensin bertimbal. Pada persidangan Suroso terbukti menerima uang US$190 ribu serta fasilitas menginap di Radisson Blu Edwardian Hotel London sebesar 899,16 poundsterling pada 27 April 2005 silam.

18 DESEMBER 2015
Richard Joost Lino (RJ Lino) – Direktur Utama PT Pelindo II (Persero)
Kasus Korupsi BUMN berikutnya yaitu nama RJ Lino yang diduga terlibat korupsi dalam pengadaan tiga unit Quay Container Crain (QCC) pada tahun 2010 silam. Dimana pembelian 3 Quay Crane itu merupakan bagian pembelian alat bongkar muat (ABM) besar-besaran untuk Pelindo II senilai hampir Rp 2,7 triliun pada tahun 2010. Rj Lino diduga terlibat korupsi pengadaan QCC tersebut senilai Rp45 miliar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *