Kartu Debit Dominasi Transaksi Perbankan

oleh
Kartu Debit

Kartu Debit masih menjadi yang terbesar dalam transaksi perbankan. Hal ini yang mendorong perbankan berlomba untuk menggenjot transaksi kartu tersebut. Terlebih semakin berkembangnya digital banking yang memungkinkan para nasabah bertransaksi tanpa menggunakan kartu (cardless).

Namun demikian Bank Indonesia (BI) tetap mencatat pertumbuhan transaksi kartu debit, dimana sejak periode Januari hingga Agustus 2019 transaksi ini naik sekitar 13,14 persen (year on year) dari sebelumnya 4,17 miliar transaksi menjadi 4,71 miliar transaksi.

Sementara itu, nominal transaksi kartu ini juga masih terus mengalami kenaikan sebesar dua digit. Dimana per Januari-Agustus 2018 dari Rp4,51 triliun menjadi Rp5 triliun di periode yang sama tahun ini atau tumbuh 12,65 persen (yoy).

Alih-alih untuk terus menopang transaksi, perbankan pun kini harus lebih agresif lagi memutar otak. Sebut saja Bank Mandiri yang sering kali melakukan kerjasama co-branding kartu debit dengan beberapa mitra.

Belum lama ini Bank asuhan Kartiko Wirdjoatmojo tersebut menerbitkan kartu debit co-branding ber-design khusus dengan Koperasi Simpan Pinjam (Kospin). Menurut Direktur Bisnis dan Jaringan Bank Mandiri Hery Gunardi, kehadiran kartu tersebut akan lebih memudahkan lebih dari 600 ribu anggota Kospin.

“Sampai saat ini terdapat sekitar 90 mitra serta perusahaan yang menjalin co-branding kartu debit. Ke depan Bank Mandiri juga masih punya beberapa pipeline,” ujarnya (3/10)

Lebih lanjut Hery juga mengatakan jika sejauh ini transaksi kartu debit Bank Mandiri juga masih cukup tinggi yaitu mencapai 14 persen secara year on year per Agustus 2019.

Terkait potensi berkurangnya transaksi kartu debit di tengah maraknya teknologi pembayaran berbasis digital (cardless/cashless), Hery tetap optimis jika transaksi kartu debit akan tetap tumbuh.

“Kartu debit akan tetap menjadi sumber dana, meskipun pakai aplikasi QR atau LinkAja tetap saja isi saldo menggunakan debit, kami harap terus berkembang,” tutupnya. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *