Kandidat Kuat Calon Direktur Utama PLN

oleh
kandidat

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Kandidat kuat nama-nama calon Direktur Utama PT PLN (Persero) kembali beredar. Ada nama lain selain nama Mantan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara.

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pun pada akhirnya buka suara terkait yang akan mengisi pimpinan perusahaan listrik negara tersebut.

Diakui Staf Khusus Menteri BUMN Bidang Komunikasi Publik Arya Sinulingga, pihaknya mengajukan tiga nama ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang juga merupakan Ketua Tim Penilai Akhir (TPA).

Salah satu nama kandidat Direktur Utama PLN adalah nama yang telah beredar di masyarakat beberapa hari terakhir ini, yakni Rudiantara.

Namun Arya belum bisa memastikan apakah yang akan diputuskan sebagai Direktur Utama PLN adalah Pak Rudiantara atau bukan.

“Nama Pak Rudi masuk sebagai usulan dari Kementerian BUMN. Namun kalau benar tidaknya dia yang akan menjabat sebagai Direktur Utama PLN, kami belum tahu,” terang Arya di Kementerian BUMN, Selasa (26/11).

Menurutnya, Rudiantara diusulkan pihaknya sebagai salah satu kandidat pengisi pos jabatan di PLN karena pengalamannya di korporasi.

Selain itu, Rudiantara juga dinilai pihaknya memiliki pengalaman di bidang pemerintahan. Terlebih yang pernah di emban Mengkominfo Kabinet Kerja itu sebelumnya juga berkaitan dengan pelayanan publik.

“Jadi pertimbangan kenapa Pak Rudi, karena Pak Rudi punya pengalaman bisnis. Jadi kita usulan sebagai kandidat di PLN,” kata Arya.

“Pak Rudi juga sosok yang profesional dan bukan pemain baru, karena Pak Rudi sudah pernah menjadi menteri dan jabatannya juga sama seperti PLN berkaitan dengan kebijakan layanan publik,” tambahnya.

Maka dari itu, harapan dari BUMN kepada Rudiantara sehingga diusulkan adalah karena rekam jejaknya yang paham akan kebijakan publik.

Namun Rudiantara bukanlah satu nama yang diusulkan BUMN ke TPA yang notabene juga merupakan Presiden Indonesia.

Karena selain Rudiantara ada dua calon lainnya. Namun Arya masih enggan menyebutkan secara pasti nama tersebut.

Namun beredar kabar salah satu nama kandidat lainnya adalah Sinthya Roesly. Sinthya –sapaan akrabnya merupakan Ketua Dewan Direktur yang juga merangkap sebagai Direktur Eksekutif Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI).

Jejak karir Sinthya juga tak bisa diragukan untuk bisa mengisi pos Bos PLN. Diketahui Sinthya pernah menjabat sebagai Direktur Utama PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII) (Persero) periode 2009 – 2017.

Tak hanya itu saja, bahkan Sinthya juga pernah berkarir di PLN cukup lama dari tahun 1993 sebelum akhirnya pindah ke PII pada tahun 2009.

Menanggapi hal tersebut Arya menjawab normatif. Menurutnya nama Sinthya Roesly bisa iya dan bisa tidak.

“Intinya kita sudah usulkan nama kandidat yang baik untuk memimpin PLN. Ini juga sebagai bentuk agar Pak Jokowi nyaman dan enak dalam memilih nama-nama kandidat yang diusulkan tersebut. Jadi siapapun yang akan dipilih pasti akan tetap yang terbaik,” tandasnya. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *