KAI Menyoal Aturan Membawa Sepeda ke Dalam Kereta

oleh
KAI

KAI telah keluarkan aturan baru mengenai pembolehan untuk membawa sepeda ke dalam kereta. Peraturan resmi dikeluarkan per tanggal 31 Juli 2019. Aturan tersebut berisi tentang berat maksimal sepeda sekitar 20 kilogram serta ukuran roda 22 inchi (maksimal).

Edi Kuswoyo selaku Vice President Public Relations KAI menjelaskan, sepeda lipat yang boleh dibawa ini hendaknya bisa disimpan di dalam kereta penumpang. Penumpang tidak diperbolehkan menyimpan sepeda ini di dalam kereta makan maupun sambungan antar keretanya.

Mekanisme terkait penyimpanan ini ialah, sepeda harus berada dalam kondisi terlipat. Kemudian bisa dimasukkan bagasi atau pun di sekitar area kosong kursi penumpang masing-masing. Meski demikian, penyimpanan tersebut harus diatur hingga tidak menimbulkan kerusakan pada kereta maupun mengganggu kenyamanan penumpang lain.

Edy juga menuturkan, aturan ini juga berlaku untuk KRL Commuterline (kereta rel listrik), KA Bandara, serta LRT Sumatera Selatan. Untuk moda commuterline ini sepeda yang boleh masuk memiliki dimensi maksimal 100 x 40 x 30 sentimeter.

KAI Keluarkan Aturan

Edy Kuswoyo juga menambahkan, jika ada yang ingin membawa sepeda jenis lain dengan kereta, bisa gunakan layanan angkutan barang. Salah satunya, yakni anak usaha KAI, PT KA logistik atau biasa disebut Kalog.

Pihaknya menyatakan, jika Kalog ini akan memberikan layanan pengiriman sepeda dengan berbagai tujuan di area sekitar Pulau Jawa dan Bali. Selain itu, juga melayani permintaan kiriman dengan tujuan stasiun ke stasiun. Kalog pun menawarkan kemudahan serta kenyamanan lebih bagi para kustomer.

Terkait biaya pengiriman ini, jumlahnya bervariasi tergantung jarak yang disesuaikan dari kota asal ke kota tujuan. Untuk info lebih lanjut, pelanggan bisa menghubungi Kalog Express langsung.

Aturan ini dikeluarkan guna tercapainya keamanan perjalanan maupun keamanan sepeda milik pelanggan. Karena jika disimpan sembarangan, maka akan terjadi kehilangan barang serta timbulnya potensi kerusakan terhadap kereta api.

KAI juga berpendapat, jika penyimpanan sepeda ini lebih rapi dan teratur akan mempermudah penumpang yang keluar-masuk kereta. Serta akan memberikan kenyamanan kepada seluruh penumpang. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *