Jokowi Inginkan BUMN Juga Kelola Cabang Olahraga

oleh
Jokowi

Presiden Joko Widodo / Jokowi menginginkan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ke depannya mampu mengelola cabang olahraga (cabor) agar memiliki prestasi. Menurutnya setiap cabor nantinya akan dikelola oleh satu BUMN, dibina agar memiliki prestasi yang baik.

“Misalnya Pertamina fokus menangani cabor sepak bola. Nantinya bukan hanay mampu atlet yang berprestasi saja melainkan dampak baik terhadap citra BUMN itu sendiri,” ujarnya.

Diakui Jokowi memang wacana tersebut terbentur oleh regulasi. Pendanaan cabor melalui APBD, sebelumnya berujung pada kasus korupsi yang menyeret kepala daerah. Oleh karena itu wacana tersebut, imbuhnya, perlu dikaji lebih mendalam.

“Aturannya ada yang memperbolehkan BUMN itu apa memberikan bola, bola kan APBD boleh tetapi dilarang karena banyak kasus. Tidak sedikit kepala daerah memberi bantuan ke bola. harus kaji lagi. Kadang-kadang kita satu-dua kasus babat habis, nggak boleh kalau seperti ini terus. Olahraga kita mau didorong dari sebelah mana. Tapi ini regulasinya baru kita kalkulasi kaji,” papar Jokowi.

“Kalau nggak prestasi, mereka akan mendapat imej citra yang nggak baik bagi perusahaan. Ini akan mengangkat perusahaan kalau prestasi (atlet) bagus. Saya kira tapi ya kita harus ingat negara ini negara besar. Terlalu banyak yang kita harus urus satu per satu,” tutupnya. []

2 thoughts on “Jokowi Inginkan BUMN Juga Kelola Cabang Olahraga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *