Jelang Mudik, Inilah Arahan Menteri BUMN Pada Plt Dirut Pertamina

by

Menteri BUMN Rini M. Soemarno menekankan kepada Pertamina untuk kepastian ketersediaan BBM dan LPG yang mencukupi selama bulan Ramadhan dan perayaan hari raya Lebaran. Ia meminta Pertamina untuk bekerja keras dalam melayani masyarakat khususnya pemudik yang puncaknya diproyeksikan pada H-15 sampai H+15 Lebaran.

“Saya ingin Pertamina memperhatikan hal ini. Dan saya tidak ingin ada kelangkaan,” tegasnya.

Terkait arahan Menteri BUMN tersebut, Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan persiapan untuk pasokan BBM khususnya pada titik rawan jalur mudik.

“Kami telah memiliki titik-titik rawan peningkatan konsumsi BBM dan LPG khususnya yang berada di jalur mudik Pantura. Di titik tersebut berpotensi mengalami kenaikan konsumsi mencapai 200%,” terangnya.

Pertamina, lanjut Nicke telah mengamankan pasokan dengan menambah stok BBM di beberapa SPBU serta melakukan penambahan armada mobil tangki yang disiagakan di SPBU sehingga memudahkan mobilisasi.

Pertamina juga telah menyiapkan BBM kemasan yang tersedia di KiosK Pertamax dan mobile dispenser yaitu truk tangki BBM yang dilengkapi dengan dispenser dan nozzle sehingga dapat mengisi BBM langsung ke kendaraan.

Selain itu langkah strategis lainnya yang dilakukan Pertamina adalah menyiapkan mobil atau motor pengantar BBM untuk mendukung kelancaran dalam pasokan. Layanan khusus tersebut disediakan di sepanjang jalur mudik Pulau Jawa baik jalan tol maupun non tol serta jalur Sumatera.

“Kami prediksi konsumsi BBM harian secara nasional diperkirakan naik rata-rata 15 persen dibandingkan masa Satgas Mudik tahun lalu,” ujar Nicke. []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *