Connect with us
new year eve

Asuransi

Jasa Raharja Sulsel Serahkan Santunan Korban Tabrakan Maut Di Jeneponto

Published

on

Di Jeneponto

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Kecelakaan maut terjadi di Jalan Poros Balangberu, Kel Balangberu, Kec Binamu Kab Jeneponto, Jum’at (29/7) sekitar pukul 08:10 WITA. Korban atas nama Alimuddin yang sedang mengendarai sepeda motor bertabrakan dengan sebuah mobil minibus Toyota Avanza yang datang dari arah berlawanan. Akibat tabrakan tersebut, Korban meninggal dunia di tempat kejadian.

Kurang dari 24 jam, Petugas Jasa Raharja Samsat Jeneponto, Nofrizal D. Pratama, yang mendapatkan informasi kecelakaan dan data korban serta ahli waris, bergerak cepat mendatangi rumah ahli waris korban di Dusun Bentenga, Desa Bulusibatang, Kec. Bontoramba, Kab. Jeneponto untuk segera menyerahkan santunan meninggal dunia korban sebesar Rp. 50 juta kepada istri korban selaku ahli waris atas nama Rostina.

Besaran santunan ini sesuai dengan ketentuan Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 16/PMK/010/2017 tentang Besar Santunan Dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan dimana santunan yang diserahkan berasal dari dana Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) yang dibayarkan masyarakat setiap tahun bersamaan pada saat melakukan perpanjangan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) di Kantor Bersama Samsat.

Kecepatan dan ketepatan pelayanan santunan tersebut tidak lepas dari dukungan dari mitra kerja terkait. Kepala PT Jasa Raharja Cabang Sulawesi Selatan, Hendriawanto, mengatakan sistem Jasa Raharja telah terintegrasi secara digital dengan pihak Kepolisian, pihak Rumah Sakit dan Ditjen Dukcapil Kementrian Dalam Negeri ditambah lagi dengan adanya transformasi proses pembayaran santunan secara digital melalui Cash Management System (CMS) BRI untuk proses transfer ke seluruh rekening Bank pihak penerima santunan, yang tentunya sangat memudahkan pihak korban maupun ahli waris korban dalam menerima santunan, khususnya santunan meninggal dunia sehingga santunan dapat diserahkan sesegera mungkin.

Kepala Cabang Jasa Raharja juga mengucapkan turut berbelasungkawa atas meninggalnya korban dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan serta ketabahan. Ia juga menghimbau kepada masyarakat untuk selalu berhati-hati dalam berkendara, memastikan kelayakan kendaraan sebelum digunakan serta selalu mematuhi rambu-rambu lalulintas demi keselamatan bersama.[]

 

Asuransi

Tingkatkan Pelayanan Penanganan Korban Laka Lantas, PT. Jasa Raharja Cabang Sumsel Kolaborasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel

Published

on

PT. Jasa Raharja

MEDIABUMN.COM, Jakarta – PT. Jasa Raharja Cabang Sumatera Selatan Bersama Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan terus berkolaborasi dalam rangka meningkatkan pelayanan dan penanganan korban kecelakaan lalu lintas jalan dan penumpang dan untuk mengurangi tingkat fatalitas cidera korban laka lantas. Pada kesempatan ini, Jasa Raharja Sumsel berkesempatan hadir dalam kegiatan JAMBORE PSC 119 dan Rapat Koordinasi Evaluasi SPGDT PSC 119 se Kab/Kota Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2022 pada hari Sabtu tanggal 3 Desember 2022 bertempat di Wisma Atlit Jakabaring Palembang. Hadir dalam kegiatan ini Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, Kasie Pelayanan Kesehatan Rujukan Kemkes RI, RSUP Moh. Hoesin Palembang, Direktur Lalu Lintas Polda Sumsel, PPNI Provinsi Sumatera Selatan, dan PT. Jasa Raharja Cabang Sumatera Selatan yang diwakili oleh Kepala Bagian Operasional M. Erwin Setia Negara.

Kepala PT. Jasa Raharja Cabang Sumatera Selatan, Abdul Haris mendukung sepenuhnya kegiatan ini sebagai bentuk silaturahmi untuk meningkatkan sinergitas antar stakeholder dalam penanganan korban kecelakaan lalu lintas. Dalam kegiatan ini, Kepala Bagian Operasional M. Erwin Setia Negara memberikan penjelasan terkait tugas dan fungsi Jasa Raharja sebagai badan usaha yang diberikan amanah oleh pemerintah untuk memberikan perlindungan dasar kepada masyarakat yang mengalami musibah kecelakaan lalu lintas. Besaran dana santunan untuk korban kecelakaan alat angkutan penumpang umum diberikan sesuai dengan PMK No. 15/PMK.010/2017, sedangkan dana santunan untuk korban kecelakaan lalu lintas jalan diberikan sesuai dengan PMK No. 16/PMK.010/2017 yaitu sebesar Rp 50 juta untuk korban meninggal dunia dan sebesar maksimal Rp 20 juta untuk penggantian biaya perawatan dan pengobatan bagi korban yang luka-luka.

Haris mengapresiasi Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan atas sinergi yang sudah terjalin baik. Dengan semakin meningkatkan hubungan yang harmonis diharapkan dapat menciptakan kolaborasi dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, terlebih menekan fatalitas cidera bagi korban kecelakaan lalu lintas, tutup Haris. []

Continue Reading

Asuransi

Tim Pembina Samsat Sumatera Barat Lakukan Rapat Koordinasi Dalam Rangka Peningkatan Kualitas Pelayanan

Published

on

PT Jasa Raharja

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Bertempat di ZHM Primere Padang, Tim Pembina Samsat Sumatera Barat adakan Rapat Koordinasi pada Sabtu (3-4/12).

Rapat koordinasi yang dilakukan dalam rangka optimalisasi pelayanan samsat guna meningkatkan kualitas pelayanan publik dalam rangka pemulihan ekonomi Sumatera Barat.
Dalam pelaksanaan kegiatan ini diawali oleh laporan ketua pelaksana oleh Kepala Badan Pendapatan Daerah Provinsi Sumatera Barat, Maswar Dedi, AP, M.Si selanjutnya dibuka secara langsung oleh Direktur Jendral Bina Keuangan Daerah Kementrian Dalam, Dr. Agus Fatoni, M.Si.

Kegiatan dihadiri oleh Gubernur Sumatera Barat, dalam hal ini diwakili oleh Sekda Provinsi Sumatera Barat, Hansastri, MM,, ; Kapolda Sumatera Barat, dalam hal ini diwakili oleh Direktur Lalu Lintas Polda Sumatera Barat, Kombes Pol. Hilman Wijaya, S.IK, MH, ; Kepala PT Jasa Raharja Cabang Sumatera Barat, Raihan Farani.

Selanjutnya, peserta kegiatan yang terdiri dari para Kepala UPTD PPD Se-Sumatera Barat, Kasat Lantas Se-Sumatera Barat, serta Perwakilan Jasa Raharja lakukan forum grup discussion (fgd) upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik di kantor bersama Samsat.

Dalam kegiatan ini, Direktur Jendral Bina Keuangan Daerah berpesan untuk menjaga serta meningkatkan sinergitas antar instansi yakninya Bapenda, Kepolisian, dan Jasa Rahajar guna memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Serta untuk mengurangi ego sektoral, sehingga Samsat bisa berjalan dengan sempurna. Selanjutnya mendorong agar menciptakan inovasi-inovasi terbaru dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Sehingga masyarakat bisa tertarik, khususnya dalam membayar Pajak Daerah.

Selanjutnya, Sekda Provinsi Sumatera Barat juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh jajaran samsat di Sumatera Barat yang telah mengoptimalkan dalam meningkatkan pendapatan hingga saat sekarang, serta Sekda Provinsi Sumatera Barat berharap kegiatan ini bisa dilaksanakan secara rutin dan berkala. []

Continue Reading

Asuransi

Sampai November 2022, Jasa Raharja Sumbar Serahkan Santunan Hingga 64,4 Miliar

Published

on

PT Jasa Raharja

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Sampai dengan November tahun 2022 Jasa Raharja Cabang Sumatera Barat telah menyerahkan santunan sebesar Rp 64,4 Miliar bagi para korban kecelakaan lalu lintas dan angkutan jalan yang terjamin Jasa Raharja.

Dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu penyerahan santunan naik hingga 22,6 %, dimana ditahun 2021 Jasa Raharja Sumbar menyerahkan santunan sebesar Rp 52,5 Miliar.

Jasa Raharja memberikan perlindungan bagi penumpang angkutan umum baik darat, laut maupun udara serta korban kecelakaan lalu lintas jalan.

Raihan Farani Kepala PT Jasa Raharja Cabang Sumatera Barat dalam keterangan persnya di Padang (5/12) menyampaikan “Kami turut berbela sungkawa dan prihatin atas kecelakaan yang terjadi bahkan hingga dapat merenggut nyawa ini. Jasa Raharja sebagai perpanjang tangan pemerintah sebagai wujud hadirnya pemerintah bagi korban kecelakaan, telah menyampaikan, menyerahkan santunan kepada ahli waris korban kecelakaan lalu lintas secara cepat dan tepat”.

Santunan yang diberikan yaitu dengan rincian Rp 630 Juta untuk korban yang terjamin dalam program Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang dan Rp 63,7 Miliar untuk korban yang terjamin dalam program Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan.

“Peningkatan jumlah penyerahan santunan tidak mengurangi kualitas layanan terhadap publik. Hal tersebut dapat terlihat dari kecepatan penyerahan santunan dimana Jasa Raharja Sumbar dapat menyelesaikan santunan Meninggal Dunia (MD) dalam waktu 1 hari 11 jam setelah tanggal kecelakaan dan juga rata-rata kecepatan berkas 14 menit 31 detik setelah berkas lengkap” tambah Raihan.

Dana santunan Jasa Raharja bersumber dari pembayaran Iuran Wajib yang dibayarkan saat membeli tiket resmi angkutan umum dan juga pembayaran Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLL) yang dibayarkan bersamaan pajak kendaraan bermotor setiap tahunnya di kantor bersama Samsat.

Raihan menghimbau masyarakat untuk selalu berhati-hati saat berkendara, mematuhi peraturan lalu lintas dan mengutamakan keselamatan. Apabila melihat atau mengalami kecelakaan segera lapor ke Polisi, selanjutnya Jasa Raharja yang akan bekerja.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Kantor Jasa Raharja terdekat. Untuk di Kota Padang sendiri, Kantor Jasa Raharja terletak di Jl. Rasuna Said No. 1. Atau menghubungi kami di nomor telfon 0751-34364 dan whatsapp 0822-8416-1716. []

Continue Reading

BNI

Label

Trending

Copyright © 2019 MEDIABUMN.COM