Connect with us
Pln

Asuransi

Jasa Raharja Lakukan Koordinasi E-Ticketing Di Pelabuhan Bulang Linggi Bintan

Published

on

Jasa Raharja

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Jasa Raharja melakukan kunjungan langsung di Pelabuhan Bulang Linggi, Tanjung Uban, Kabupaten Bintan dalam rangka penjajakan sistem e-ticketing dipelabuhan speed boat tujuan Tanjung Uban ke Batam. Kunjungan tersebut dilakukan untuk berkoordinasi bersama beberapa instansi lainnya, yakni Dinas Perhubungan Kab. Bintan dan Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas I Tanjung Uban.

Kunjungan ini juga merupakan tindak lanjut dari sosialisasi e-ticketing yang pernah dilakukan Jasa Raharja Cabang Kepri pada beberapa waktu yang lalu ke Dinas Perhubungan, KSOP dan Operator kapal. Penerapan e-ticketing sendiri dimaksudkan untuk memberikan kemudahan dalam rangka pelayanan pembelian tiket dan sistem pencatatan penumpang dalam database yang terotomatisasi, sehingga data yang didapatkan akurat dan dapat diandalkan.

Kepala Urusan Iuran Wajib Jasa Raharja, Teguh Afrianto, menjelaskan bahwa Pelabuhan Bulang Linggi nantinya akan menjadi pilot project e-ticketing di Provinsi Kepulauan Riau.

“Dari data yang kami miliki, jumlah penumpang kapal di Pelabuhan Bulang Linggi cukup tinggi setiap tahunnya, yang mana seluruh penumpang berada dalam jaminan kami Jasa Raharja selama perjalanan. Untuk itu, penting bagi kami untuk mendapatkan akurasi data penumpang, sehingga apabila terjadi kecelakaan penjaminan penumpang dapat tepat dan cepat. Demi mendukung hal tersebut, kami berinisiatif untuk menjadikan Pelabuhan Bulang Linggi sebagai pilot project e-ticketing di Provinsi Kepulauan, karena tingkat keakuratan data penumpang juga perlu didukung dengan sarana dan prasarana yang memadahi juga, terlebih jika didukung sarana prasarana elektronik,” jelas Teguh.

Jasa Raharja sebagai pelaksana Undang-undang No. 33 tahun 1964 tentang Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang memiliki tugas untuk menjamin setiap korban kecelakaan kendaraan bermotor umum dengan memberikan santunan yang besarannya ditetapkan melalui Peraturan Menteri Keuangan. Dengan dasar hukum tersebut, Jasa Raharja ditunjuk untuk memberikan perlindungan dan penjaminan bagi para penumpang kapal selama perjalanan, dengan kewajiban penumpang membayarkan Iuran Wajib sebagai premi.

Selain memudahkan penumpang dalam membeli tiket dan pencatatan penumpang, e-ticketing ini juga diharapkan nantinya dapat mempercepat proses boarding pass penumpang. Proses otomatisasi tersebut juga diharapkan tidak hanya memudahkan para calon penumpang, tetapi juga Jasa Raharja dalam mendapatkan akurasi data penumpang, dan instansi-instansi terkait lainnya yang membutuhkan data terkait penumpang. []

Continue Reading

Label

Copyright © 2023 MEDIABUMN.COM