Jasa Marga Operasikan Tol Pandaan – Malang

oleh
Jasa Marga

Jasa Marga bersama Presiden Jokowi meresmikan Tol Pandaan – Malang sepanjang 30,625 Km. Tol yang diresmikan kali ini bukan merupakan bagian dari Tol Trans Jawa. Tol Pandaan – Malang adalah bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN).

Dengan diresmikannya Tol Pandaan, berarti waktu tempuh kedua wilayah yang awalnya 4 sampai 5 jam, kini menjadi 1 sampai 1,5 jam. Direktur Utama Jasa Marga, Desi Aryani menyebutkan, bahwa dengan meringkas waktu tempuh diharapkan mobilisasi barang dan jasa lebih efisien. Akibatnya, industri dan pariwisata wilayah yang berada di sekitar jalan tol lebih tumbuh.

Jasa Marga sendiri membangun jalan tol Pandaan – Malang sepanjang 38,488 Km. Jalan yang baru saja diresmikan Presiden RI, baru ruas jalan seksi 1 Pandaan – Purwodadi sejauh 15,475 Km, seksi 2 Purwodadi – Lawang sejauh 8,50 Km, dan seksi 3 Lawang – Singosari sejauh 7,51 Km.

Selain ruas jalan tersebut masih ada seksi 4 mulai dari Singosari sampai Pakis sejauh 4 Km yang rencana baru beroperasional saat arus balik mudik lebaran tahun 2019 dan seksi 5 Pakis – Malang berjarak 3,113 Km yang baru sampat tahap konstruksi.

Rencana Operasional Jasa Marga di Tol Pandaan – Malang

Ruas jalan Tol Pandaan – Malang ini rencananya akan dikelola oleh 3 perusahaan, yaitu PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM) yang sahamnya dimililiki Jasa Marga sebesar 60 persen, PT Pembangunan Perumahan (Persero) dengan saham 35 persen, dan PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) dengan saham 5 persen.

Direktur PT Jasamarga Pandaan, anak perusahaan Jasa Marga, menuturkan bahwa jalan yang sudah diresmikan sementara tidak dikenai tarif tol mulai dari 14 Mei 2019, pukul 07.00. Penggunaan jalan tanpa tarif dalam waktu yang tidak ditentukan lamanya ini bertujuan untuk sosialisasi jalan kepada masyarakat secara lebih optimal. Selain itu, pihak pengelola juga masih menunggu keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tentang tarif tol.

Dengan demikian, arus mudik sudah dapat menggunakan jalan Tol Pandaan – Malang ruas 1 sampai 3 dengan gratis. Bahkan, masyarakat sudah dapat menggunakan jalan tol ruas 1 sampai 4 saat arus balik lebaran nanti. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *