Jadi Wamen BUMN, Tiko Tinggalkan Gaji Rp3,6 Miliar Per Bulan di Bank Mandiri

oleh
Wamen BUMN

Wamen BUMN (Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara) Kartika Wirjoatmodjo telah memulai tugas barunya membantu Menteri BUMN Erick Thohir. Ketika memutuskan menerima pinangan menjadi Wamen pun, pria yang akrab disapa Tika ini tentu mengetahui bahwa penghasilannya sebagai Wamen BUMN akan jauh menurun dibandingkan penghasilan pada jabatan sebelumnnya sebagai Direktur Utama Bank Mandiri yang terbilang sangat fantastis.

Menurut laporan keuangan Bank berlogo pita emas tersebut, sejak 2016 menjabat sebagai Direktur Utama, Tiko setiap bulannya mampu mengantongi rata-rata pendapatan pada kisaran Rp3 miliar sampai dengan Rp3,6 miliar per bulannya.

Pendapatan Tiko di Bank Mandiri berasal dari laporan keuangan perseroan dimana pada tahun 2016 laporan keuangan Bank Mandiri mengalokasikan anggaran untuk pendapatan gaji, imbalan dan bonus untuk 10 direksi mencapai Rp402,91 miliar. Artinya tiap 1 orang direksi mendapat Rp40,29 miliar per bulannya sehingga per bulannya 1 orang direksi mengantongi pendapatan sebesar Rp3,35 miliar.

Anngka tersebut tentu mengalami kenaikan setiap tahunnya seiring kinerja Bank Mandiri di bawah kepemimpinan Tiko yang terus tumbuh mencetak laba secara konsisten dan berkelanjutan.

Misal pada laporan keuangan Bank Mandiri di tahun 2018 yang mengalokasikan anggaran pendapatan direksi meningkat menjadi Rp475,55 miliar. Artinya masing-masing direksi tiap bulannya bisa mengantongi pendapatan mencapai Rp3,6 miliar.

Meskipun saat ini jabatannya jauh lebih bergengsi, namun diyakini penghasilannya akan tergerus secara signifikan. Seperti diketahui bahwa potensi pendapatan Tiko sebagai Wamen BUMN tidak akan mencapai Rp100 juta per bulannya. Namun kerap kali ia mengatakan bahwa dirinya merasa sangat terhormat mendapat kepercayaan untuk bisa mengabdi kepada negara .

Seperti diketahui bahwa sebagai Wamen BUMN Tiko hanya akan mendapat gaji di kisaran Rp91,43 juta per bulannya. Adapun nilai tersebut berasal dari tunjangan jabatan Wamen BUMN Rp 56,43 juta dan rumah tinggal sebesar Rp35 juta.

Memang selain itu, pemerintah memberikan sejumlah tunjangan sebagai komponen tambahan seperti tunjangan kendaraan yang diberikan daru kali dengan besaran maksimum sebesar Rp800 juta serta tunjangan kesehatan yang tidak disebut nilainya. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *