ITB Rangkul Bank bjb dalam Layanan Pembayaran Pendidikan

by

Bank bjb dipercaya oleh Institut Teknologi Bandung (ITB) sebagai perbankan yang menampung pembayaran sumbangan pembinaan pendidikan (SPP) mahasiswa ITB. Dimana sebelumnya kerjasama antara bank bjb dan ITB telah tertuang dalam nota kesepahaman yang ditandatangani oleh kedua belah pihak di Gedung Rektorat ITB, Bandung, (28/3).

Masing-masing pihak yang melakukan penandatanganan kerjasmaa adalah Direktur Komersial dan UMKM bank bjb, Agus Gunawan dan dari pihak ITB diwakili oleh Wakil Rektor ITB Bidang Keuangan Perencanaan dan Pengembangan, Wawan Gunawan.

Menurut Agus, bank bjb senantiasa mendukung seluruh kegiatan pendidikan di Indonesia dalam bentuk layanan perbankan. Karena seperti diketahui bahwa bank bjb merupakan perbankan yang dipercaya oleh mayoritas perguruan tinggi di Jawa Barat sebagai perbankan yang menampung biaya pendidikan mahasiswa di seluruh perguruan tinggi tersebut.

“Bukan hanya di Jawa Barat, di luar provinsi kami juga telah menampung biaya pendidikan Universitas Sriwijaya di Sumatera Selatan. Adanya kerjasama dengan ITB tentunya patut kami syukuri. Semoga kehadiran bank bjb dapat semakin mempermudiah seluruh transaksi pembayaran terkait biaya pendidikan,” ujar Agus.

Adanya kerjasama tersebut, jelas Agus, diharapakan akan mendongkrak peningkatan DPK (Dana Pihak Ketiga) perbankan sehingga kemudian dapat disalurkan kembali kepada masyarakat dalam bentuk kredit yang lebih bermanfaat. Bank bjb, imbuh Agus, tidak menutup kemungkinan akan bekerjasama dengan ITB dalam bentuk lain, karena seperti diketahui bahwa ITB merupakan perguruan tinggi yang telah membangun konsep entrepreneurial university.

“Kami berharap ke depannya dapat menjalin kerjasama dengan Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) ITB dalam pelatihan serta pendampingan startup digital atau pun UMKM. Kami juga senantiasa akan kembangkan program Corporate Social Responsibility (CSR) pada sektor lingkungan hidup,” papar Agus.

Sementara itu Wakil Rektor ITB Bidang Keuangan Perencanaan dan Pengembangan, Wawan Gunawan usai melakukan penandatanganan kerjasama mengatakan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi kerjasama tersebut karena bank bjb merupakan Bank Pembangunan Daerah yang mayoritas sahamnya dimiliki oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Kami berharap kerjasama dengan bank bjb dapat ditingkatkan  kepada sektor strategis lainnya seperti permodalan. Seperti diketahui bahwa ITB melalui Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan (LPIK) menaungi 77 startup tentu ke depannya membutuhkan dukungan secara finansial bisnisnya.

“Kami berharap dengan bank bjb dalam pengembangan teknologi melalui startup dapat diwujudkan. Karena bank bjb memiliki kapasitas yang tinggi mdalam permodalan tersebut,” ungkap Wawan. []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *