Connect with us
PERTAMINA

Finansial

Intip Strategi BRI & Bank Mandiri Hadapi Ancaman Financial Technology

Published

on

Financial Technology

Kehadiran Financial Technology atau Fintech menjadi ancaman serius bagi perbankan. Tidak sedikit perbankan yang merasa kurang nyaman atas kehadiran digitalisasi pada industri finansial. Karena mau tidak mau suka tidak suka, bank harus memiliki strategi dalam menghadapi fintech sehingga bank tetap mampu bersaing.

Menurut Direktur Teknologi Informasi PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, Indra Utoyo, kehadiran fintech menjadi suatu tantangan bagi industri perbankan sehingga bank harus berbenah dengan mempersiapkan sistem dan infrastruktur berbasis teknologi digital agar mampu bersaing dengan kehadiran fintech.

“Agar bisa bersaing, bank harus lebih dinamis seperti halnya karakter fintech. Siapa yang bisa menghadirkan pelayanan terbaik maka dia yang menang,” ujarnya.

Baca Juga: Bank Mandiri Terus Dorong Penggunaan Kartu Debit Chip

Teknologi seperti artificial intelligence dan big data analitik, imbuhnya, sangat dibutuhkan oleh bank karena dapat membantu manajemen risiko perbankan jauh lebih efisien melalui credit scoring yg lebih baik, fraud detection yg lebih efektif, dan merchant assesment yg semakin berkualitas.

Dengan teknologi tersebut membuat keputusan dapat diambil lebih baik, lebih cepat dan lebih efisien,” jelasnya.

STRATEGI BANK MANDIRI
Dalam menghadapi Fitech, Bank Mandiri pun teruys berbenah dengan mempersiapkan segala infrastruktur digital perbankan agar mpu berdaya sain menghadapi kehadiran fintech.

Senior Vice President Transaction Banking and Retail Sales Bank Mandiri, Thomas Wahyudi, mengatakan bahwa Bank Mandiri telah mempersiapkan strategi dalam berkompetisi dengan fintech.

Menurutnya perkembangan fintech saat ini menjadi tantangan sekaligus peluang bagi perbankan untuk bersinergi dengan fintech sehingga tidak ada lagi istilah berkompetis melainkan berkerjasama.

Baca Juga: Himbara Siap Optimalkan Penyerapan Devisa Hasil Ekspor

“Dari pada berkompetisi kami melihat langkash sinergi menjadi sesuatu yang tepat di era seperti saat ini. Kami sebagai perbankan menawarkan apa-apa yang tidak dimiliki oleh fintech,” jelasnya.

Sinergi dengan fintech dilakukan untuk saling bekerjasama membangun less cash society Indonesia. Digitalisasi keuangan merupakan suatu keniscayaan, termasuk dalam payment industri.

Lebih lanjut ia mengatakan jika sebagai negara dengan jumlah penduduk terbesar ke empat di dunia, maka Indonesia menjadi pasar potensial untuk jsa pembayaran terlebih dengan dukungan regulator melalui gerakan nasional non tunai.

“Strategi kami adalah membangun kerjasama dengan fintech. Meskipun ada beberapa bagian kecil dimana kita harus berkompetisi, namun banyak bagian lainnya kita bisa bersinergi dengan fintech,” tutupnya. []

Asuransi

Koordinasi Kerjasama Penanganan Korban Laka Lantas Dengan RSUD Malingping

Published

on

Kerjasama

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Penanggung Jawab Jasa Raharja Samsat Malingping, Angga Wedatama melakukan kunjungan ke RSUD Malingping untuk berkoordinasi dan meningkatkan kerjasama antara Jasa Raharja Cab Banten dengan RSUD Malingping yang di wakili oleh Ibu Reni Selaku Kasi Medrek di RSUD Malingping.

Kunjungan ini selalu dilakukan secara rutin dan berkelanjutan untuk peningkatan pelayanan Jasa Raharja kepada masyarakat korban kecelakaan lalu lintas di Banten Selatan khususnya di wilayah Malingping. Selain berkoordinasi dengan pihak RSUD Malingping, Petugas Jasa Raharja Samsat Malingping juga mendata korban – korban kecelakaan yang dirawat di rumah sakit untuk memberikan edukasi dan informasi mengenai Jasa Raharja kepada pihak keluarga korban kecelakaan untuk melaporkan kejadian kecelakaan tersebut kepada pihak Rumah sakit agar dapat terjamin Jasa Raharja.

“ Ya Benar, saya selaku petugas Jasa Raharja di Samsat Malingping selalu melakukan edukasi dan menginformasikan hak dan kewajiban setiap korban kecelakaan khususnya yang di rawat di RSUD Malingping agar terjamin biaya perawatannya oleh pihak Jasa Raharja”,  tutur Angga Wedatama.[]

Continue Reading

Asuransi

Kepala Cabang Jasa Raharja Hadir di Mukerda Organda DPC NTB

Published

on

di Mukerda Organda

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Musyawarah kerja  daerah DPC organda Provinsi Nusa Tenggara Barat yang dilaksanakan di Hotel Lombok Raya pada hari Kamis, 11 Agustus 2022, acara yang bertujuan mewujudkan transportasi yang gemilang di Provinsi Nusa Tenggara Barat hadir pada acara tersebut yaitu beberapa stake holder di bidang transportasi seperti Dinas Perhubungan, KSOP Lembar, Pertamina Bappenda Provinsi Nusa Tenggara Barat, pelaku jasa transportasi serta Kepala Cabang PT Jasa Raharja Cabang Nusa Tenggara Barat.

Pada kesempatan tersebut Kepala Cabang      PT. Jasa Raharja Cabang Nusa Tenggara Barat menyampaikan bahwa penting nya membayar IWKBU (Iuran Wajib Kendaraan Bermotor Umum) hal ini mengapa disampaikan mengingat banyak para pengusaha transportasi yang belum melaksanakan kewajibannya untuk membayar iuran tersebut.

Kepala Cabang yaitu bapal Emil Feriansyah Latuef juga menyampaikan bahwa banyak serta tinggi nya tingkat kecelakaan lalu lintas di Provinsi Nusa Tenggara Barat cukup tinggi khususnya kendaraan bermotor umum maka mengingatkan Kembali kepada para pemilik jasa transportasi untuk segera menunaikan kewajibannya untuk membayar Iuran Wajib.

Kepala Cabang PT Jasa Raharja berharap semoga kedepan kepada para pengusaha jasa transportasi lebih tertib dalam membayar kewajibannya berupa IWKBU & SWDKLLJ beliau juga menyampaikan agar Peraturan Gubernur No 74 Tahun 2022 benar benar bisa dimanfaatkan dengan baik dengan pemberian discount, pajak bebas denda, serta insentif 5% bagi wajib pajak aktif.[]

Continue Reading

Asuransi

Kunjungan Jasa Raharja & Kemenhubdar di BIL

Published

on

Kunjungan

MEDIABUMN.COM, Jakarta – PT Jasa Raharja bersama Kementerian Perhubungan melakukan kunjungan kerja ke Angkasa Pura 1 Lombok.

Kunjungan kali ini di sambut baik oleh Airport Operation, services and security Senior Manager Bp Misranedi & dihadiri oleh Kepala Urusan Iuran Wajib PT Jasa Raharja Bp Teguh beserta staff , Ibu Meliana Nur Inspektur angkutan Udara dari Kementerian Perhubungan beserta staff dan perwakilan dari beberapa maskapai penerbangan di Bandara Internasional Zainudin Abdul Majid Lombok .

Mengingat pentingnya data manifest sangat penting untuk Iuran Wajib Pesawat Udara (IWPU) yang berguna memberikan jaminan perlindungan dasar kepada seluruh penumpang pesawat sebagai pengemban Amanah UU 33 Tahun 1964, maka PT Jasa Raharja bersama Kementerian Perhubungan melakukan rekonsiliasi data dengan seluruh maskapai yang ada di bawah naungan angkasa Pura 1 Lombok. Yaitu dengan meminta data  penumpang (manifest) pesawat baik yang masuk maupun keluar dari Bandara Internasional Zainul Abdul

Majid sesuai dengan lintasan penerbangan masing-masing.

Rekonsiliasi data ini merupakan upaya dari Jasa Raharja untuk memastikan keterjaminan seluruh penumpang pesawat khususnya yg masuk dan Keluar dari Lombok.[]

 

Continue Reading

BNI

Label

Trending

Copyright © 2019 MEDIABUMN.COM

error: Content is protected !!