Inilah Paradigma Baru Pembiayaan Infrastruktur

by
Pembiayaan Infrastruktur

Paradigma baru dalam pembiayaan infrastruktur menjadi isu strategis yang dibahas oleh dalam Bank Indonesia, Kementerian Badan Usaha Milik Negara, Kementerian Keuangan dan Otoritas Jasa Keuangan dalam penyelenggaraan “Forum Investasi Indonesia 2018”.

Kegiatan dilaksanakan hari ini (09/10) di Bali sebagai bagian dari rangkaian Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia tahun 2018. Topik pembiayaan infrastruktur dipilih mengingat Indonesia, sebagai negara berkembang, masih membutuhkan pembangunan infrastruktur.

Baca Juga: Sri Mulyani Ajak Pengusaha Jaga Ekonomi Indonesia

Salah satu kunci kesuksesan pembangunan tersebut adalah pembiayaan yang tak hanya bergantung kepada Pemerintah, melainkan didukung oleh pembiayaan swasta. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk komitmen Pemerintah untuk mendukung peran swasta dalam pembangunan infrastruktur, baik dari sisi kebijakan yang akomodatif maupun berbagai inovasi instrumen keuangan untuk pembiayaan infrastruktur.

Salah satu bagian kegiatan adalah forum diskusi panel, yang membahas mengenai berbagai hasil asesmen dan rekomendasi terkait upaya untuk mempercepat pembangunan infrastruktur dari berbagai aspek, antara lain peningkatan credit rating proyek infrastruktur serta strategi untuk memperoleh pembiayaan yang lebih efisien.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *