Inilah 10 Bandara Angkasa Pura I yang Memperoleh Akreditasi dari ACI

oleh
PT Angkasa Pura I

10 Bandara milik PT Angkasa Pura I (Persero) / AP1 berhasil mendapatkan akreditasi Airport Customer Experience Accreditation Program dari Airports Council International (ACI) yang merupakan lembaga kebandarudaraan prestisius dunia yang berbasis di Montreal, Kanada.

Keberhasilan AP1 dalam meraih akreditas tersebut tentunya tidak terlepas dari kerja keras seluruh manajemen AP1 dalam menghadirkan inovasi dalam rangka peningkatan pelayanan bagi penumpang.

Baca Juga: Intip Persiapan Angkasa Pura I Jelang Kick Off Forum Customer Experience Global Summit 2019

Menurut Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero), Faik Fahmi, akreditas yang diberikan ACI kepada AP1 tersebut menjadi penting bagi perseroan sebagai bagian dari komitmen perusahaan dalam rangka peningkatan pelayanan.

Pengakuan atas akreditasi ini, imbuh Faik, semakin mengukuhkan kinerja pelayanan seluruh bandara Angkasa Pura I sehingga setara dengan bandara-bandara kelas dunia lainnya. Adapun praktik bandara yang telah diimplementasikan AP1, tentunya telah menghadirkan pengalaman terbaik bagi pelanggan.

PT Angkasa Pura I

Implementasi yang berhasil dilakukan AP1 dalam tata kelola bandara telah mencakup beberapa hal penting, antara lain yaitu customer understanding, strategy measurement, operational improvement, governance, airport culture, service design/innovation, dan airport community collaboration.

Upaya peningkatan pelayanan tersebut, lanjut Faik, terus dilakukan oleh perseroan. Ia menargetkan pada tahun 2023 kapasitas di 14 bandara milik AP1 akan mencapai 130 juta penumpang. Serta pada tahun 2020 seluruh bandara AP1 wajahnya sdh berubah. Menurut Faik hampir seluruh bandara sedang mengarah pada perubahan.

Baca Juga: Angkasa Pura I Usung Konsep Zero Waste Event Dalam Forum Customer Experience Global Summit 2019

“Untuk meningkatkan kapasitas harus juga dibarengi dengan peningkatan kualitas. Dan tentunya peningkatan tersebut harus dibarengi pula oleh peningkatan SDM yang memiliki kompetensi tinggi berstandar global,” jelas Faik usai acara media gathering persiapan ACI 2nd Customer Experience Global Summit 2019, di grha Angkasa Pura Jakarta (20/8).

Berikut merupakan daftar 10 bandara Angkasa Pura I yang berhasil meraih akreditas dari ACI:

1. Bandara I Gusti Ngurah Rai – Bali
2. Bandara Juanda – Surabaya
3. Bandara Sultan Hasanuddin – Makassar
4. Bandara SAMS Sepinggan – Balikpapan
5. Bandara Jenderal Ahmad Yani – Semarang
6. Bandara Sam Ratulangi – Manado
7. Bandara El Tari – Kupang
8. Bandara Pattimura – Ambon
9. Bandara Adi Soemarmo – Solo
10. Bandara Internasional Lombok – Praya

Sementara itu, terkait soal kinerja perseroan Faik menyebut jika PT Angkasa Pura I (Persero) pada semester I/2019 berhasil meraih pendapatan yang tumbuh sebesar 2,7 persen dibanding periode sama tahun lalu (year on year).

“Kami juga berhasil meraih laba bersih pada semester I/2019 sebesar Rp870 miliar dan kami optimis akhir tahun nanti kami akan memperoleh laba hingga Rp2 triliun,” ujarnya. [] –cristian-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *