Industri Telekomunikasi Tumbuh Melambat

by
Industri Telekomunikasi

Semester I tahun 2018 industri telekomunikasi mengalami perlambatan sebesar 6,05% (year on year / y-o-y) atau bisa dikatakan terendah sejak tahun 2011. Namun, industri yang syarat dengan inovasi ini masih memiliki pertumbuhan diatas pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Adapun sektor ini secara kumulatif tumbuh 8,7% (y-o-y). yang menarik yaitu, disaat ekonomi membaik namun sektor ini pertumbuhannya melambat. Hal ini terjadi lantaran regulasi yang digulirkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika terkait kewajiban registrasi kartu SIM yang diterapkan.

Seperti diketahui berdasarkan peraturan Peraturan Menkominfo No. 14/2017, pemerintah mewajibkan kepada seluruh pemilik kartu SIM untuk melakukan registrasi sesuai dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) serta Nomor Kartu Keluarga (KK) yang berlaku. Hal ini dilakukan pemerintah untuk mencegah penyalahgunaan nomor ponsel karena data yang valid serta melindungi dari tindak kejahatan.

Namun disisi lain, kebijakn tersebut menyebabkan berkurangnya jumlah pelanggan. Sebut saja Telkomsel pada triwulan I/2018 mengalami jumlah pelanggan yang berkurang menjadi 178 juta. Dimana pada tahun yang sama triwulan I, Telkomsel berhasil mencatat jumlah pelanggan mencapai 193 juta pelanggan.

Hal yang sama dialami oleh XL dan indosat yang mengalami penurunan jumlah pelanggan. Untuk XL mengalami penurunan menjadi 52,5 juta pada triwulan II/2018 dimana pada tahun yang sama triwulan I/2018 XL berhasil mencatat jumlah pelanggan sebesar 54,5 juta pelanggan.

Begitu juga dengan Indosat dimana pada triwulan I/2018 jumlah pelanggan mencapai 75,3 juta pelanggan menjadi 54,5 juta pada triwulan II/2018. []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *