Connect with us
PERTAMINA

Asuransi

Industri Asuransi Diminta Berinovasi, Ini Kata Wamen BUMN

Published

on

Kartika Wirjoatmodjo

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Industri Asuransi di Indonesia diminta untuk terus melakukan inovasi untuk meningkatkan proteksi kesehatan masyarakat.

Inovasi ini perlu dilakukan oleh pihak perusahaan asuransi terutama di masa pandemi covid-19 yang belum bisa dipastikan kapan akan berakhir.

Imbauan ini disampaikan Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) II Kartika Wirjoatmodjo aat menghadiri Peresmian Sentra Vaksinasi Bersama AAUI dan Indonesia Re Group secara virtual, Minggu (1/8/2021).

Ia mengatakan, banyak ahli yang menyebut bahwa covid-19 mungkin bukan hanya sebagai pandemi yang akan berlalu, tapi bisa stay sebagai epidemik.

“Industri asuransi harus berinovasi dengan kondisi saat ini. saya mengajak agar industri asuransi melihat perkembangan ke depan agar proteksi kesehatan masyarakat bisa berjalan lebih baik. Sehingga tidak hanya menangani pandemi, tapi juga menciptakan program proteksi yang bisa menjangkau seluruh masyarakat,” ujarnya.

Menurutnya, peningkatan kualitas kesehatan juga bisa melalui pemberian berbagai macam suplemen dan vitamin yang ke depannya bisa menjadi program jangka panjang bagi industri asuransi.

Dengan inovasi ini, imunitas masyarakat akan meningkat terhadap berbagai virus yang kemungkinan muncul di masa akan datang.

Pria yang akrab dipanggil Tiko ini menegaskan, untuk menurunkan dampak pandemi covid-19, pemerintah telah melakukan berbagai program.

Salah satunya vaksinasi massal guna mendorong kekebalan kelompok (herd immunity) dengan target 80 persen masyarakat tervaksinasi di tahun ini.

“Tentunya partisipasi dari berbagai pihak sangat penting. Baik itu dari industri asuransi, BUMN, lembaga dan berbagai organisasi. Sebab percepatan vaksinasi ini membutuhkan partisipasi aktif dari seluruh masyarakat,” ungkapnya.

Menurutnya, tingkat vaksinasi di luar Jakarta saat ini memang masih rendah, sementara penularan virus corona masih terus melonjak.

Terlebih saat ini covid varian Delta menjadi tantangan utama di Indonesia, maka percepatan vaksinasi menjadi lebih krusial.

“Kami mengapresiasi peran industri asuransi dan OJK yang terus mendorong vaksinasi bersama dengan program masyarakat dan CSR,” kata Mantan Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.

Meski percepatan vaksinasi terus digenjot, Tiko menyatakan ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan.

Seperti mobilisasi warga, penerapan protokol kesehatan, dan sistem vaksinasi yang baik dan terintegrasi.

“Di awal pelaksanaannya memang masih banyak yang perlu dibenahi untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi vaksinasi massal. Di fase-fase berikutnya kita akan terus meningkatkan vaksinasi yang lebih massal dan lebih cepat,” tutupnya. []

Asuransi

Berkat Inovasi dan Transformasi yang Berpilar pada Core Value AKHLAK, Mengantar Jasa Raharja Raih Kinerja Positif di Semester I/2021

Published

on

Kinerja Positif

MEDIABUMN.COM, Jakarta – PT Jasa Raharja sebagai Member of Indonesia Financial Group (IFG) berhasil mencetak kinerja positif pada semester I/2021. Jasa Raharja pada kondisi pandemi mengalami peningkatan kecepatan penyerahan santunan meninggal, korban kecelakaan yang santunannya dibayar langsung kepada rumah sakit atau melalui metode penjaminan santunan.

Capaian kinerja pelayanan Jasa Raharja dapat diraih melalui strategi transformasi proses bisnis yang dijalankan. Sinergi sistem pelayanannya adalah data kecelakaan dengan Korlantas Polri melalui IRSMS,KTP, data Pasien dan penjaminan dengan RS, data kepesertaan dengan SJSN dan cash management sistem dengan perbankan.

Kinerja Positif

Jasa Raharja menerapkan program MOL-AE (Mudik Online Aman Enak) yang bertujuan agar masyarakat dapat tetap bersilaturahmi secara virtual yang diikuti oleh 5 ribu orang dan sistem aplikasi SIVERA untuk bersinergi dengan pihak ketiga dalam pengendalian biaya rawat korban sehingga dapat melakukan verifikasi secara online dan memonitor biaya rawatan pasien day to day sampai selesai menjalani perawatan di rumah sakit.

Menurut Direktur Utama PT Jasa Raharja, Rivan A Purwantono, dengan transformasi digital tersebut, maka sistem tata kelola perusahaan dapat dilaksanakan dengan lebih efektif dan efisien. Sehingga, pelayanan kepada masyarakat semakin cepat dan mudah serta dapat berkontribusi dengan memberikan dividen kepada Negara.

Berkat inovasi dan transformasi proses bisnis ini berdampak kepada kinerja keuangan Jasa Raharja yang baik. Hal tersebut di dorong oleh semangat insan Jasa Raharja dengan berlandaskan core values AKHLAK.

Kinerja Positif

BERIKUT CAPAIAN KINERJA POSITIF JASA RAHARJA SAMPAI DENGAN SEMESTER I/2021

KINERJA KEUANGAN:

Aset: Rp15,14 Triliun (Naik 3,56%)

Ekuitas: Rp12,04 Triliun (Naik 6,29%)

Pendapatan: Rp2,91 Triliun (Naik 16,40%)

Laba: Rp887,84 Miliar (Naik 77,14%)

Biaya Usaha: Rp1,90 Triliun (Turun 2,24%)

RBC: 672,84% (Naik 13,86%)

KINERJA PELAYANAN:

1. Total Penyerahan Santunan
Rp1,16 Triliun (Naik 3,6%)

2. Kecepatan Penyerahan Santunan MD
1 Hari 10 Jam (Lebih Cepat 1 Hari 14 Jam dari target 3 hari)

3. Pemenuhan Santunan Meninggal Dunia Sesuai Target Kecepatan
96,82% (Naik 6,82% dari target 90%)

4. Presentase Pembayaran Santunan Melalui Jaminan ke Rumah Sakit
89,46% (Naik 1,96% dari target 87,5%)

Continue Reading

Asuransi

Jasa Raharja Hadiri Kegiatan Hari Perhubungan Nasional 2021

Published

on

Perhubungan

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Dalam rangka Hari Perhubungan Nasional 2021 yaitu program Bakti Untuk Negeri yang merupakan kolaborasi Kemenhub, TNI-POLRI, BUMN, Pemprov Jateng & DIY.
Berbagai kegiatan yang dilakukan adalah (1) Vaksinasi kepada masyarakat dengan Target 50 ribu (25 ribu Solo Raya dan 25 ribu DIY dan sekitarnya). (2) Paket Bansos Jasa Raharja (100 paket di Solo dan 100 paket di DIY). (3) Paket Buah Nusantara Jasa Raharja (100 paket di Solo, 100 paket di DIY).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Dirjen hubdar Budi Setiyadi, Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono, Direktur Utama Jasa Raharja Rivan A Purwantono, Direktur Operasional Jasa Raharja Dewi Aryani Suzana, Direktur Hubungan Kelembagaan Jasa Raharja Munadi Herlambang.

Peninjauan kegiatan ini dilakukan di 2 tempat yaitu Kantor Camat Ngempak Kab Boyolali dan Kampus UGM Yogyakarta.

Kegiatan di Kantor Camat Ngempak Kabupaten Boyolali dihadiri oleh Danrem 074 Kolonel Inf Rudy Saladin, Wakil Bupati Boyolali Wahyu Irawan, Wakil Bupati Klaten Bapak Yoga Hardaya, Kapolres Boyolali AKBP Edmond Morry, SH, SIK, Dandim Boyolali Letkol Arm Ronald Siwabessy, Anggota Komisi V DPRD Boyolali Agung Supardi, dan Plt Kadinkes Boyolali Insan 2.

Kemudian, kegiatan di Kampus UGM Yogyakarta dihadiri oleh Rektor UGM Prof Ir Panut Mulyono M.Eng, Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan alumni Prof Dr Paripurna S.H, M.hum, LL.M, Anggota Komisi V DPR RI Drs H Idham Samawi, Dirlantas Polda DIY Kombes Pol Iwan Saktiadi SH, Sik, Msi, dan Dandim Sleman Letkol InF Arief Wicaksana SH, MHan.

PT Jasa Raharja senantiasa berkomitmen untuk berperan aktif melalui program kerja dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat. []

Continue Reading

Asuransi

Jasa Raharja Berjaya di Ajang Anugerah Humas Indonesia 2021

Published

on

Anugerah Humas Indonesia

MEDIABUMN.COM, Jakarta – PT Jasa Raharja tidak henti-hentinya meraih berbagai prestasi dan penghargaan seiring inovasi yang terus dibangun oleh perusahaan.

PT Jasa Raharja sebagai Member of Indonesia Financial Group (IFG) kembali meraih penghargaan prestisius. Kali ini Jasa Raharja meraih penghargaan dalam ajang Anugerah Humas Indonesia 2021.
Adapun penghargaan tersebut diraih setelah mengikuti penjurian Ajang Humas Indonesia yang diselenggarakan oleh PR Indonesia bersama Kazee Digital Indonesia dengan tema ‘Inovasi Komunikasi di Masa Pandemi’

Penghargaan yang diraih Jasa Raharja ajang dalam ajang Anugerah Humas Indonesia 2021 adalah sebagai berikut:

1. PT JASA RAHARJA

Kategori Terpopuler di Media Digital – Sub Kategori BUMN Non Tbk. 2021

2. PT JASA RAHARJA – BRONZE WINNER

Kategori Laporan Pelayanan Informasi Publik Terinovatif

3. RIVAN ACHMAD PURWANTONO – DIREKTUR UTAMA PT JASA RAHARJA

Kategori Terpopuler Media Digital – Sub Kategori Pemimpin BUMN Non Tbk. 2021

Dengan adanya pencapaian dan apresiasi tersebut diharapkan akan menjadikan PT Jasa Raharja sebagai inspirasi dan terus maju dan berkembang dalam melayani untuk masyarakat Indonesia. []

Continue Reading

BNI

Label

Trending

Copyright © 2019 MEDIABUMN.COM

error: Content is protected !!