Impor Bawang Putih Bulog Tunggu Kementerian BUMN

oleh
Impor bawang

Impor bawang putih yang rencananya akan segera dilaksanakan ini, masih melengkapi persyaratan administrasi oleh Perum Bulog. Bachtiar Utomo, Direktur Pengadaan Perum Bulog juga menjelaskan, bahwa perseroan harus mendapat rekomendasi impor terlebih dahulu dari Kementerian Pertanian. Hal ini memang harus dilaksanakan sebelum melakukan pembelian bawang putih dari China yang rencananya sebesar 100 ribu ton.

Baca Juga:Bulog Siap Serap Gula Petani

Selain itu, salah satu persyaratan administrasi yang cukup penting untuk melakukan impor bawang putih adalah, menunggu surat penugasan BUMN terbit. Seperti yang dikatakan oleh Bachtiar, “Kementerian Pertanian pasti sudah mengizinkan berdasarkan hasil rakortas (rapat koordinasi terbatas) itu. Hal yang sekarang ditunggu oleh Bulog, tinggal surat penugasan dari Kementerian BUMN.”

IMPOR BAWANG DARI CHINA

Jika persyaratan administrasi sudah lengkap, maka selanjutnya adalah mengajukan izin kepada Kementerian Perdagangan untuk mendapatkan persetujuan impor (PI). Impor bawang putih yang akan didatangkan dari China sebanyak 100 ribu ton, rencananya akan dilakukan bertahap mulai April 2019. Bulog pun akan segera melakukan lelang bawang putih secara terbuka setelah mendapatkan kelengkapan administrasi.

Pelaksanaan pembukaan impor bawang putih yang dipimpin oleh Menko Perekonomian, Darmin Nasution, diputuskan berdasarkan rakortas. Keputusan impor tersebut juga dilatarbelakangi oleh harga komoditas bawang itu sendiri. Harga bawang putih kini sudah mencapai rata-rata sekitar Rp45 ribu-Rp50 ribu per kilogram (kg) di tingkat pedagang. Karena pasokan berkurang, maka hal inilah yang menjadi penyebabnya.

Bawang putih sendiri merupakan salah satu bahan pangan yang harus dijaga stabilitas harganya. Dalam catatan Kementerian Perdagangan, hal itu dikarenakan bawang putih telah berkontribusi terhadap inflasi pada Februari 2019 lalu. Maka dari itu, Perum Bulog segera melakukan impor bawang putih mengingat harga jual yang sudah cukup tinggi saat ini.

Baca Juga: Syarat KUR BRI, Sangat Mudah

Bachtiar berharap, surat penugasan dari Kementerian BUMN akan segera terbit. Hal ini tentunya agar impor bawang putih segera dilaksanakan secepatnya. Karena Direktur Pengadaan Perum Bulog sendiri mengharapkan, impor tersebut akan diusahakan sudah masuk pada bulan April. Semoga proses impor yang dilaksanakan akan berjalan dengan lancar tanpa kendala serta hambatan apa pun. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *