Ibukota Baru! Wika Siap Genjot Infrastruktur

oleh
Ibukota baru

Ibukota baru di Kalimantan Timur yang telah ditetapkan Presiden Joko Widodo tentunya menarik perhatian seluruh pelaku industri, tidak terkecuali pada sektor pembangunan berbasis konstruksi.

Sebagai Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), PT Wijaya Karya Tbk atau Wika tentunya rencana pemindahan ibukota menjadi agenda besar bagi perseroan. Wika sendiri mengaku sangat mendukung penuh penetapan pemerintah terhadap wilayah Kalimantan Timur sebagai lokasi ibukota baru tersebut.

“Kami membidik target akan menggarap sejumlah proyek di ibukota baru seperti pembangkit listrik, jalan dan jaringan air dan gas,” ujar Direktur Utama Wijaya Karya Tumiyana (28/8).

Menurutnya, perseroan siap berperan penuh dalam mempersiapkan ibukota baru, termasuk mekanisme KPBU (Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha) dalam hal penyediaan infrastruktur.

“Kapasitas balance sheet kami saat ini juga terbilang cukup kuat menopang rencana tersebut,” tambahnya.

Lebih lanjut Tumiyana mengatakan jika perseroan siap menerbitkan obligasi sejalan dengan tren bunga yang turun.

Sementara itu Direktur Keuangan WIKA Ade Wahyu menambahkan jika pihaknya berencana menerbitkan obligasi berdenominasi rupiah dengan target Rp2 triliun hingga Rp5 triliun tahun 2020. S

“Kami akan mengantarkan dua anak usaha kami untuk melantai di Bursa, yakni PT WIKA Industri dan Konstruksi serta PT WIKA Realty,” pungkasnya. []

WIKA Industri dan Konstruksi direncanakan akan melantai pada semester I/2020. Sebelum langkah IPO, Wika berencana meningkatkan kapasitas anak usaha tersebut dari 50.000 ton menjadi 100.000 ton di akhir tahun 2019.

“Dengan demikian valuasi akan meningkat. WIKA sendiri menargetkan dana IPO Rp1,2 triliun hingga Rp 1,8 triliun,” tutup Ade. [] -cristian-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *