Ibukota Baru, PGN Siap Bangun Jaringan Gas

oleh
Ibukota baru

Ibukota baru yang telah ditetapkan pemerintah yaitu Kalimantan Timur akan banyak membutuhkan berbagai infrastruktur baru didalamnya termasuk jaringan pipa gas. PGN / PT Perusahaan Gas Negara Tbk sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di sekor energi siap membangun infrastruktur tersebut.

Menurut Direktur Komersial PGAS Dilo Seno Widagdo, di Ibukota baru nanti, setidaknya PGN akan membangun sekitar 10.000 jaringan gas (jargas).

“Kami telah memiliki pipeline pembangunan jargas di wilayah tersebut. Sepanjang tahun ini, bahkan ada 5.000 jargas yang dibangun di tahun berikutnya. Jadi total sampai akhir tahun 2020 ada 10.000 jaringan gas,” ujarnya.

PGN, lanjut Dilo juga terus berdiskusi secara intens dengan Bappenas terkait upaya pembangunan jaringan gas di ibukota baru.

“Kami serius menggarap jargas. Kami bicara dengan Bappenas dalam merancang sistem pembangunan pipa gas di ibukota baru,” pungkas Dilo.

Secara keseluruhan PGN memiliki rencana untuk membangun sekitar 1,2 juta jargas hingga tahun 2025. PGN menyatakan kesiapnnya untuk membangun infrastruktur jargas di ibukota baru dengan nilai investasi yang diperkirakan akan menelan biaya Rp12 triliun.

“Saat ini masih dalam bentuk konsep dan akan lebih detail di tahun depan. Kami sangat antusias karena akan menggunakan energi yang ramah lingkungan dan di Kalimantan Timur itu kandungan gasnya sangat kaya,” tutup Dilo. [] –adikurniawan-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *