Holding BUMN Migas, PGN Jadi Anak Perusahaan Pertamina

by

Holding BUMN di sektor minyak bumi dan gas (migas) menjadi salah satu fokus Kementerian BUMN di tahun ini. Oleh karenanya Kementerian BUMN terus mematangkan rencana tersebut.

Kepada awak media, Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis, dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno salah satu kepastian dalam holding tersebut yaitu terjadinya perubahan status Perusahaan Gas Negara (PGN) menjadi anak perusahaan Pertamina.

“Walaupun menjadi anak perusahaan, tetapi PGN akan mengurus segala downstream dari kegiatan gas. Dalam perencanaan memang midstream to downstream dari gas akan ditangani PGN,” terangnya (23/01).

Baca Juga : Menteri BUMN Tunjuk Hutama Karya Jadi Induk Holding BUMN Infrastruktur

Lebih lanjut ia mengatakan PGN nantinya akan memiliki peran sebagai subholding dan tetap memiliki fokus bisnis pada sektor gas bumi. Bahkan peran PGN akan lebih luas lagi yaitu sebagai perusahaan yang juga fokus dalam bisnis pengelolaan dan penjualan gas bumi. Termasuk juga mengelola kilang LNG Arun, FSRU Jawa Barat dan sejumlah bisnis gas yang selama ini dikelola langsung oleh Pertamina maupun anak usaha.

Dengan demikian segala hal yang terkait dengan urusan gas bumi akan dikelola langsung oleh PGN. Sementara, Pertamina akan tetap fokus sektor hulu dan hilir minyak bumi, sekaligus juga mengawasi kinerja PGN. []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *