Connect with us
PERTAMINA

Perbankan

HFC Bank BTN: Pertumbuhan Harga Rumah Masih Tinggi

MediaBUMN

Published

on

Harga Rumah

MEDIABUMN.COM, Jakarta – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk melalui tim riset Housing Finance Center (HFC) merilis House Price Index (HPI) kuartal III 2020. Hasilnya, pertumbuhan harga rumah terlihat mulai mengalami peningkatan.

Hal ini menandakan penjualan rumah mulai membaik meski di tengah kondisi pandemi saat ini sehingga mampu mendongkrak Indeks Harga Rumah.

“Pertumbuhan harga rumah mulai meningkat pada kuartal III 2020. Hal ini ditunjukkan dengan BTN HPI yang tumbuh sebesar 4,29% year on year (yoy). Angka tersebut lebih tinggi dari triwulan II 2020 yang hanya sebesar 3,93%. Namun, angka itu lebih rendah dari triwulan III 2019 yang tumbuh sebesar 5,89%.” ujar Direktur Utama Bank BTN, Pahala Nugraha Mansury dalam keterangan resminya.

Pahala melanjutkan, berbagai upaya terus dilakukan untuk menggenjot penjualan rumah di tengah masa pandemi. Upaya tersebut diantaranya bersinergi dengan pengembang memberikan promosi khusus kepada konsumen, menggelar pameran properti, membuat program KPR khusus untuk menjaring aneka segmen masyarakat dan juga mengajak pengembang untuk meningkatkan kualitas properti agar makin dilirik masyarakat.

Pada triwulan III 2020, menurut Pahala rumah tipe 36 mengalami pertumbuhan tertinggi dibandingkan dengan tipe 45 dan tipe 70. Hal ini ditandai dengan pertumbuhan rumah tipe 36 yang sebesar 4,52% (yoy) dan BTN HPI sebesar 189,67.

Tingginya permintaan terhadap rumah tipe 36 dibanding kedua tipe rumah lainnya ialah karena sebagian besar pembelian rumah tipe 36 merupakan rumah pertama atau real demand (bukan untuk investasi). Sementara permintaan terhadap rumah tipe 45 dan 70 lebih cenderung untuk tujuan investasi.

Jawa Tengah dan Jawa Timur merupakan wilayah yang memiliki BTN HPI tertinggi yakni sebesar 189,48. Sementara pertumbuhan (yoy) terbesar ada di wilayah Jabodetabek yang tercatat sebesar 5,48%. Artinya, harga rumah di wilayah Jakarta, Bogor, Depok Tangerang dan Bekasi dalam satu tahun terakhir naik sebesar 5,48%.

Secara nasional, pertumbuhan tahunan BTN HPI tertinggi masih terjadi di Pulau Jawa dengan rata-rata pertumbuhan tahunan (yoy) lebih dari 4,24%. Sedangkan indeks terendah triwulan III 2020 terjadi di wilayah Indonesia bagian Tengah dan Timur yakni sebesar 143,32 dengan pertumbuhan (yoy) sebesar 2,71%.

Sementara BTN HPI mencatat pada triwulan III 2020 terdapat 3 (tiga) provinsi yang memiliki pertumbuhan harga rumah (yoy) di atas 5%, yakni Jawa Barat sebesar 5,76%, Daerah Istimewa Yogyakarta sebesar 5,21% dan Sumatera Selatan sebesar 5,18%.

Disamping itu tercatat 5 (lima) kabupaten dan kota dengan pertumbuhan (yoy) di atas 10% pada triwulan III 2020, yakni Jakarta Selatan sebesar 23,33%, Cianjur sebesar 19,65%, Batu sebesar 13,81%, Batang sebesar 12,58% dan Lebak sebesar 11,89%. Untuk kabupaten/ kota yang memiliki indeks di atas 5,00 % didominasi oleh sejumlah kabupaten yang ada di Jawa Timur, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.

“Secara keseluruhan bila mengacu pada pertumbuhan (yoy) berdasarkan kabupaten/ kota, rumah di wilayah Jawa Barat menjadi yang signifikan pertumbuhannya. Hal ini disebabkan karena membeli rumah di wilayah Depok, Bekasi dan Bogor relatif lebih murah bila dibandingkan membeli rumah di Jakarta. Selain itu, saat ini akses transportasi juga sudah memadai.” tutur Pahala.

Lebih lanjut, untuk meningkatkan minat pengguna KPR, beragam upaya dilakukan Bank BTN. Secara berkala, Bank BTN menggelar program pelatihan untuk para developer, menyelenggarakan pameran properti secara virtual serta memberikan program khusus dengan para pengembang.

Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch (IPW), Ali Tranghanda, mengatakan adanya peningkatan pertumbuhan harga rumah di kuartal III/2020, mengartikan daya beli masyarakat masih ada.

“Di kuartal III/2020, pertumbuhan harga rumah mulai mengalami peningkatan meskipun belum membentuk pola yang stabil. Hal ini menggambarkan bahwa sebenarnya daya beli masyarakat masih ada. Melihat dari data dana pihak ketiga di perbankan mencapai Rp 6.000 triliunan saat ini yang artinya daya beli masih cukup tinggi meskipun pembelian properti masih sangat selektif dan sebagian banyak yang menunda.” ujarnya. []

Perbankan

Rayakan HUT ke-60, bank bjb Gelar Promo di Ratusan Merchant

MediaBUMN

Published

on

60 tahun

MEDIABUMN.COM, Jakarta – PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten, Tbk. (bank bjb) akan genap berusia 60 tahun pada Kamis 20 Mei 2021 mendatang. Untuk memeriahkan perayaan HUT, bank bjb menggelar ratusan promo Tandamata yang dapat dinikmati oleh nasabah.

Promo tersebut berlaku di lebih dari 400 merchant di berbagai daerah di Indonesia. Mulai dari merchant kuliner, perawatan tubuh, otomotif, hobi, elektronik, kesehatan, wahan bermain, minimarket, dan sebagainya.

Promo yang dapat dinikmati di antaranya adalah potongan harga untuk sejumlah produk hingga 60% senilai maksimum Rp60.000. Promo berlaku untuk transaksi yang dilakukan oleh 60 orang pertama setiap harinya.

Untuk mendapatkan keuntungan tersebut, nasabah harus bertransaksi menggunakan bjb Digi dan bjb DigiCash di merchant-merchant yang telah bekerjasama dengan bank bjb. Promo berlaku selama 6-31 Mei 2021, dan hanya untuk satu kali transaksi per-orang dalam satu merchant setiap harinya.

60 tahun

Beberapa merchant yang berpartisipasi dalam promo HUT ke-60 bank bjb di antaranya adalah Game Master Bandung, Jnc Cookies di berbagai daerah, May Outfit Sukabumi, Rinimart, Wingz O Wingz Cihampelas Bandung dan sejumlah cabang lainnya, Janji Jiwa Pandeglang, dan KPBS Pangalengan Cirebon.

Juga Den Haag Klappertaart Bandung, Jurnal Risa Coffee Bandung, Minori Sushi Bandung, Magal Sukabumi, MS Glow Subang, hingga Shell jalan Pelajar Pejuang Bandung. Khusus untuk Shell Pelajar Pejuang Bandung, promo berlaku untuk pembelian V power atau diesel selama 19-21 Mei 2021.

Selain merchant-merchant di atas, terdapat ratusan penawaran menarik lainnya yang dapat diakses di https://60versary.infobjb.id/promo-bank-bjb.

Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto mengatakan, rangkaian promo Tandamata tersebut merupakan salah satu bentuk apresiasi perusahaan terhadap loyalitas nasabah selama 60 tahun.

“Program promo Tandamata kali ini diselenggarakan sebagai rasa syukur kami atas pencapaian kiprah bisnis bank bjb selama 60 tahun. Selain itu, program ini juga diharapkan dapat membantu menggerakan kembali roda ekonomi masyarakat di tengah situasi pandemi Covid-19,” ungkapnya. []

Continue Reading

Perbankan

KPR Untuk Satpam Kini Tersedia di Bank BTN

EKO PRASETYO

Published

on

KPR untuk satpam

MEDIABUMN.COM, Jakarta – KPR untuk satpam kini sudah tersedia melalui pembiayaan di PT Bank Tabungan Negara (BBTN) (Persero) Tbk.

Pemberian fasilitas pembiayaan KPR untuk Satpam ini bisa dimanfaatkan oleh seluruh warga yang berprofesi sebagai Satuan Pengamanan atau Satpam.

Berdasarkan data Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (ABUJAPI), total anggota yang tergabung di dalamnya mencapai 1,6 juta petugas.

Bank BTN sendiri mengelurkan pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) untuk satpam sebagai bagian dari Program Sejuta Rumah yang diluncurkan oleh Presiden RI Joko Widodo.

Terlebih saat ini masih bnayak warga masyarakat yang belum memiliki rumah merupakan kalangan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Direktur Consumer and Commercial Lending Bank BTN, Hirwandi Gafar mengatakan, untuk menjangkau kelompok MBR dan pekerja informal, BTN terus berinovasi dengan program terbaru.

Bank BTN telah menjalin kemitraan dengan berbagai asosiasi profesi untuk penyaluran KPR, termasuk bermitra dengan asosiasi petugas keamanan ABUJAPI.

Penandatanganan MoU antara Bank BTN dan ABUJAPI dengan di Kantor BTN Jakarta, Kamis (6/5/2021).

“Jika selama ini bapak dan ibu Satpam telah membantu kita memberikan rasa aman. Melalui kerjasama ini, kami berharap dapat memberikan rasa aman bagi para Satpam dan keluarganya,” tutur Hirwandi.

Dengan program KPR untuk Satpam, kata Hirwandi, BTN siap membuka akses untuk kepemilikan rumah hunian yang aman dan nyaman.

Para satpam yang jumlahnya mencapai jutaan orang dipastikan dapat menikmati fasilitas KPR, baik subsidi maupun non-subsidi.

“Saat ini, ada jutaan orang yang berprosedi sebagai satpam. Tentunya BTN akan memberikan penawaran menarik, mulai dari uang muka yang ringan dan proses KPR untuk satpam juga dipastikan mudah,” ungkapnya.

Guna memperluas progam KPR dari BTN, pihak perseroan sebelumnya juga telah menjalin kemitraan dengan Asosiasi Bisnis Alih Daya Indonesia.

Dengan kerja sama ini, karyawan kontrak juga dipastikan bisa mendapat fasilitas pembiayaan KPR Subsidi dari BTN.

Untuk diketahui, kinerja Bank BUMN ini terus menunjukkan peningkatan selama tahun 2021.

Tercatat menyalurkan KPR emiten bersandi saham BBTN hingga sejak Januari hingga Maret lalu mencapai Rp203,11 triliun.

Nilai tersebut mengalami kenaikan 5,73 persen secara tahunan jika dibandingkan periode yang sama tahun 2020 yang nilainya Rp192,76 triliun.

“Kami akan terus menjalin kemitraan dengan berbagai pihak dalam penyaluran KPR BTN. Sehingga berbagai masyarakat yang belum punya rumah bisa mempunyai hunian sendiri. Kami pastikan prosesnya mudah dan harganya terjangkau,” tandasnya. []

Continue Reading

Perbankan

Gandeng Octopus, bank bjb Daur Ulang Sampah Jadi Cuan

MediaBUMN

Published

on

Octopus

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Dalam setahun terakhir aplikasi Octopus menjadi perhatian warga terutama yang peduli lingkungan karena aplikasi tersebut dapat memberdayagunakan sampah secara sistematis sehingga memiliki nilai lebih.

Octopus adalah aplikasi yang memungkinkan penggunanya menyetorkan kemasan bekas pakai untuk didaur ulang. Penggunanya dengan target utama anak muda yang sudah peduli lingkungan.
Octopus memiliki 3 mobile apps, yaitu untuk pengguna (consumers), pelestari (waste collectors), dan pebisnis produksi sampah (checkpoints).

Ketiga aplikasi bersinergi dengan baik, hingga selama 6 bulan terakhir, Octopus berhasil mengumpulkan 9,9 juta produk sampah dari pengguna. Bahkan salah satu pelestari Octopus dapat meraih penghasilan sejumlah Rp10,4 juta rupiah dalam satu bulan pada Oktober 2020.

Octopus dibesut oleh tujuh orang dengan latar belakang pendidikan yang beragam. Mereka adalah lulusan kampus dari Amerika Serikat seperti Harvard Business School dan MIT, dan UC Berkeley.
CEO sekaligus co-founder Octopus, Moehammad Ichsan, mengatakan Octopus melakukan proyek pilot pertama di Makassar pada 2020. Sedangkan Hamish Daud Wylie yang merupakan suami penyanyi Raisa kini menjadi Chief Marketing Officer Octopus.

Saat ini Octopus Indonesia memiliki lebih dari 75.000 pengguna aplikasi, 9000 lebih mitra pengepul dan 2065 bank sampah tempat Pelestari menyetorkan sampah untuk diangkut. Aplikasi Octopus hadir di kota Makassar, Badung, Gianyar, Denpasar, dan Bandung.

Octopus Indonesia yang berada di Bandung ini dimanfaatkan dalam proses daur ulang sampah plastik oleh PT Namasindo Plas Padalarang, Kabupaten Bandung Barat.

Pusat daur ulang sampah plastik tersebut menerima setidaknya 60 ton sampah plastik dari Bali setiap pekannya. Menurut catatan Dinas Lingkungan Hidup Jabar, jumlah sampah plastik yang dapat didaur ulang mencapai 6.400 ton di seluruh Jawa Barat.

Saat ini, mekanisme yang ada di aplikasi Octopus yaitu sampah yang dikumpulkan akan dikonversikan menjadi poin yang bisa ditukar menjadi uang tunai melalui proses tarik tunai di dalam aplikasi Octopus. Tak cuma menjadi poin, sampah juga bisa ditukar dengan voucher yang dapat digunakan sebagai discount di coffee shop yang bekerja sama dengan Octopus.

Bank bjb Peduli Lingkungan

Apa yang dilakukan oleh Octopus selaras dengan nilai go spirit Bank bjb pada poin respect, yakni peduli lingkungan. Oleh karena itu, Bank bjb hadir untuk memberikan opsi sebagai media transaksi pembayaran dari pihak pelestari yang mengangkut sampah ke pihak customer (warga) dengan menggunakan produk Digicash.

Untuk fase selanjutnya, tidak menutup kemungkinan juga dikembangkan untuk transaksi pembayaran dari pihak bank sampah sebagai pihak akhir penerima sampah warga ke pihak pelestari di aplikasi pelestari, serta integrasi fitur pembayaran pajak dan pembelian pulsa yang ada di dalam Digicash ke dalam aplikasi Octopus ini.

Dengan kerja sama ini, Bank bjb akan menambah fee based income melalui integrasi dengan aplikasi Octopus. Sementara di pihak Octopus akan mempermudah pengguna dalam memanfaatkan pengumpulan sampah rumah tangga dan bisa memanfaatkan fitur-fitur Digicash seperti pembayaran pajak dan pembelian pulsa hanya dengan menggunakan satu aplikasi saja.

Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb, Widi Hartoto, mengatakan pihaknya akan proaktif mengembangkan sistem transaksi pembayaran dari pihak pelestari hingga ke warga.

“Tentunya bank bjb akan terus meningkatkan sinergi dan kolaborasi dengan Octopus ataupun pihak lain yang peduli lingkungan terutama yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat itu sendiri dan menciptakan ruang pertumbuhan usaha baru,” tutup Widi. []

Continue Reading

Trending

Copyright © 2019 MEDIABUMN.COM

error: Content is protected !!