Hari Koperasi Nasional bank bjb Salurkan KUR bagi UMKM

by

PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (bank bjb) ikut terlibat pada peringatan Hari Koperasi Nasional. Dukungan dilakukan dalam bentuk penyaluran KUR terhadap pelaku UMKM. Kedudukan koperasi di Indonesia diakui telah banyak memberi sumbangsih bagi kemajuan ekonomi bangsa, terutama ekonomi kerakyatan. Walaupun terdapat ribuan koperasi yang mati suri, namun tidak sedikit koperasi yang kini menjadi badan usaha besar dan maju.

 

Banyak koperasi yang mampu menyejahterakan anggotanya. Beberapa koperasi bermitra dengan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam menjalankan bisnisnya. Sebagai apresiasi terhadap koperasi sebagai soko guru ekonomi Indonesia, diperingati Hari Koperasi Nasional setiap tahunnya.

 

Tahun ini, peringatan Hari Koperasi Nasional ke-71 digelar di Tangerang. Bertempat di Nusantara Hall, Indonesia Convention and Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang, Provinsi Banten, pada 12 Juli 2018 lalu. Kegiatan ini mengambil tema

 

“Penguatan Koperasi Mendorong Ekonomi Nasional”. Acara diisi acara expo selama empat hari sejak 12 hingga 15 Juli 2018.

 

Hadir Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada pembukaan acara, beserta jajaran menteri terkait. Presiden berkesempatan meninjau dan melihat secara langsung produk dan kegiatan koperasi, UMKM, serta perbankan nasional yang ikut pada pameran tersebut. Selain menghadiri acara, Jokowi juga melakukan sosialisasi pajak penghasilan (PPh) bagi UMKM sebesar 0,5%.

 

Pada Harkopnas Expo 2018 tahun ini, bank bjb juga ikut menjadi peserta bazaar. Di mana dalam kesempatan tersebut bank bjb bersama tiga bank BUMN penyalur kredit usaha rakyat (KUR) berkesempatan menyerahkan secara simbolis penyaluran KUR kepada pelaku UMKM. Simbolisasi penyerahan KUR dilakukan oleh Pemimpin Divisi Kredit UMKM bank bjb Arief Setyahadi. Penyerahan diterima langsung oleh Karyudin dan Robby Kharisma, masing-masing senilai Rp50 juta. Adapun usaha yang dijalankan adalah budidaya ikan lele.

 

Diketahui, tahun ini bank bjb dipercaya menyalurkan KUR sebesar Rp1,1 triliun. Masyarakat yang dapat menikmati fasilitas KUR dari bank bjb adalah pelaku usaha perorangan atau badan usaha pada skala mikro, kecil dan menengah. Meliputi seluruh sektor ekonomi produktif dengan jenis usaha produksi, perdagangan maupun jasa, dengan usaha telah berjalan minimal enam bulan. Keberpihakan bank bjb kepada UMKM tak lepas dari peran sektor ini dalam memajukan ekonomi bangsa. UMKM hingga kini masih menjadi sektor usaha produktif, penopang stabilitas ekonomi Indonesia.

 

Dari sisi jumlah, dari tahun ke tahun UMKM terus meningkat. Ini menjadi penanda bahwa jenis usaha UMKM masih menjadi primadona bagi masyarakat untuk mendapatkan penghasilan. Di sisi lain berbagai tantangan besar terus dihadapi pelaku UMKM. Bukan hanya terkait permodalan, tetapi juga tantangan dalam hal mengelola usahanya.

 

Dalam perjalanannya, bank bjb tak sekedar menyalurkan sebagian besar platform kreditnya kepada UMKM, tetapi juga terlibat secara aktif memberi pembinaan. Melalui program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Terpadu (PESAT), bank bjb mengedukasi pelaku UMKM agar memiliki kemampuan manajerial dan keuangan yang baik. Dengan harapan pelaku UMKM bisa bersaing secara global. []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *