Garuda Bangkrut! Dirut Garuda Bantah Prabowo

oleh
Garuda bangkrut

Garuda bangkrut, BUMN satu persatu Bangkrut! Itulah pernyataan Calon Presiden Prabowo Subianto yang menilai Badan Usaha Milik Negara / BUMN akan mengalami kebangkrutan satu per satu. Pernyataan Prabowo tersebut mengundang pro kontra di masyarakat terlebih momentum Pilpres yang sebentar lagi akan berlangsung.

Menanggapi pernyataan soal Garuda Bangkrut, Direktur Utama PT garuda Indonesia (Persero) Tbk, I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra mengatakan bahwa Garuda hingga saat ini masih beroperasi dan kinerja perusahaan terus mengalami perbaikan meskipun diakui kinerja keuangan masuk kategori merugi.

Baca Juga: Prabowo teriak BUMN Bangkrut, Menteri Rini: Mana Buktinya?

“Kalau Garuda bangkrut saya tentu sudah tidak disini. Harus diakui jika kinerja keuangan masih merugi, namun kerugian berhasil ditekan dengan baik. Operasional pun berjalan sesuai dengan harapan. Ini tantangan, namun saya optimis ke depan Perseroan akan berkinerja jauh lebih baik,” terang pria yang akrab disapa Ari Askhara tersebut.

Calon Presiden Prabowo Subianto belum lama ini melontarkan penyataan yang cukup menghebohkan. Dia bilang Badan Usaha Milik Negara (BUMN) satu persatu mengalami kebangkrutan.

Terkait pernyataan Garuda bangkrut, dijelaskan Ari adalah jauh dari kondisi kebangkrutan, namun dari sisi kinerja keuangan ada kerugian. Garuda Indonesia, sebut Ari adalah listed company.

“Jadi per tiga bulan masyarakat bisa lihat laporan keuangan dengan jelas dan transparan, tidak ada yang ditutup-tutupi,” pungkasnya.

Baca Juga: Stabilitas Jasa Keuangan 2019 Positif

Kerugian Garuda Indonesia sudah terjadi beberapa tahun terakhir, salah satu faktor yaitu adanya aksi investasi perseroan pada anak perusahaan Citilink.

Pada tahun 2016 Garuda Indonesia mengalami kerugian mencapai Rp3,6 triliun namun per triwulan III tahun 2018 kemarin kerugian tersebut semakin tertekan dengan baik yaitu menjadi Rp2 triliun.

“Kinerja bisa dilihat, struktur cost nya juga kami sampaikan. Jadi soal Garuda Bangkrut, saya menolaknya. Kondisi saat ini jauh lebih baik dan mengarah pada kinerja yang lebih positif,” beber mantan Dirut Pelindo III (Persero) tersebut.

Sebelumnya Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto berteriak tentang kebangkrutan BUMN, salah satunya soal Garuda Bangkrut. Bahkan dirinya menginginkan masyarakat untuk bertanya langsung kepada BUMN-BUMN, seperti Garuda, Pertamina dan PLN. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *