Connect with us
PERTAMINA

Industri

Gandeng GP Ansor! Pos Indonesia Terus Perkuat Positioning Bisnis

CHRIESTIAN

Published

on

Pos

MEDIABUMN.COM, Jakarta – PT Pos Indonesia (Persero) terus berkomitmen penuh untuk memberikan layanan terbaik kepada para pelanggannya di seluruh nusantara. Terlebih di rural area, Pos Indonesia tampaknya masih menjadi yang terdepan dalam menghadirkan layanan yang inklusif, meskipun pada sektor jasa keuangan BUMN orange ini tidak sendirian karena ada juga perbankan yang hadir dengan LAKU PANDAI nya.

Namun, untuk sektor kurir dan jasa logistik, Pos Indonesia dengan AGENPOS nya masih menjadi yang terdepan di daerah-daerah. Dimana boleh dikatakan perseroan melaju dengan sendiri karena kompetitor tidak lagi memiliki jaringan yang kuat ketika bermain di rural area. Oleh karenanya, Pos Indonesia terus mengembangkan jaringan bisnisnya di wilayah-wilayah tersebut.

Dalam rangka mengembangkan jaringan bisnis, Pos Indonesia pada Selasa (17/12) menjalin kerjasama strategis dengan Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) melalui perluasan AGENPOS.

Kerjasama tersebut tertuang dalam penandatanganan kerjasama yang dilakukan antara Direktur Komersial PT Pos Indonesia (Persero) Charles Sitorus dan Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor H. Taqut Cholil Qoumas di Kantor PP GP Ansor Jakarta Pusat.

Ruang lingkup perjanjian ini adalah Penunjukan dan pemberian hak dari Pos Indonesia kepada GP ANSOR dalam pengelolaan AGENPOS Layanan Jasa Kurir yang dioperasikan oleh agen GP ANSOR. Kerja sama dalam Perjanjian ini berlaku untuk seluruh wilayah di Negara Kesatuan Republik Indonesia, dimana terdapat mitra bisnis dari GP ANSOR dengan nama agen GP ANSOR.

Dalam kesempatan tersebut juga turut disaksikan oleh Direktur Utama PT Pos Indonesia (Persero), Gilarsi W Setijono yang mendukung penuh upaya Pos Indonesia dalam mengembangkan layanan AGENPOS sehingga kegiatan tersebut mampu mendorong perekonomian daerah dan berkontribusi secara nasional.

Sementara itu, usai acara Vice President AGENPOS, Musholien Harjono menambahkan bahwa keberadaan keanggotaan GP Ansor yang tersebar di daerah-daerah menjadi potensi yang sangat baik bagi Pos Indonesia.

“GP Ansor tersebar di seluruh daerah di Indonesia dengan jumlah Pimpinan Wilayah tersebar di 34 Provinsi. Hal ini merupakan aset potensial bagi Pos Indonesia dalam mengembangkan jaringan bisnis melalui AGENPOS,” terang Musholien.

Saat ini, lanjut Musholien, jumlah AGENPOS yang aktif mencapai 3.000-an agen. Untuk ke depannya tentu akan terus bertambah.

“Dari kerjasama dengan GP Ansor secara bisnis kami harapkan bisa tembus minimal Rp100 miliar,” tutup Musholien. []

Konstruksi & Properti

Dana PMN Rp11 Triliun Disalurkan ke Hutama Karya

EKO PRASETYO

Published

on

Dana PMN

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Dana PMN (Penyertaan Modal Negara) dari Pemerintah akan disalurkan kepada PT Hutama Karya (Persero) atau HK sebesar Rp 3,5 triliun tahun ini. Namun besaran dana PMN ini kemungkinan akan ditambah lagi sebesar Rp 7,5 triliun.

Dengan begitu, perusahaan pelat merah yang bergerak dalam pengelolaan jalan tol ini akan mendapatkan total modal tambahan senilai Rp 11 triliun.

Senior Executive Vice President (SEVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Muhammad Fauzan mengatakan, penambahan dana PMN ini sejalan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 23/2020 tentang Program Pemulihan Ekonomi Nasional.

Keseluruhan dana PMN yang diterima Hutama Karya akan digunakan perusahaan untuk melanjutkan pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) sepanjang 2.765 km dari Lampung hingga Aceh.

“Hutama Karya menjadi salah satu BUMN yang akan menerima tambahan dana PMN. Pihak perseroan tentunya sangat berterima kasih atas dukungan dan kepercayaan yang telah diberikan pemerintah dalam melanjutkan pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera,” ujar Fauzan dalam keterangannya, Rabu (27/5/2020).

Dengan tambahan Dana PMN ini, menurut Fauzan akan memperkuat perusahaan dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh pemerintah. Sebab sebelumnya HK juga telah menerbitkan Global Bonds senilai Rp 9 triliun.

Selanjutnya, dana tersebut akan digunakan untuk pembangunan ruas Pekanbaru – Pangkalan sepanjang 95 km (Rp 4,3 triliun), ruas Muara Enim – Simpang Indralaya sepanjang 119 km (Rp 3,2 triliun), dan ruas Dumai- Pekanbaru sepanjang 131 km dengan nilai proyek Rp 2 triliun.

Kemudian menutup pembiayaan untuk ruas tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung di Sumatera Selatan dan Lampung sepanjang 189 km senilai Rp 1,5 triliun.

Penambahan Dana PMN

Menurut Fauzan, penambahan dana PMN untuk BUMN ini tidak dilakukan secara merata, tetapi didasarkan pada kriteria yang telah disusun oleh pemerintah.

Mulai dari pengaruh terhadap hajat hidup orang banyak, pengaruh terhadap sistem keuangan, peran sovereign atau kuasa penuh yang dijalankan BUMN, dan kepemilikan pemerintah serta total aset.

“Dana PMN ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas usaha dan memperbaiki struktur permodalan Hutama Karya. Dana PMN ini merupakan kelanjutan dari penyaluran PMN yang telah diterima HK sejak tahun 2015 lalu,” jelasnya.

Untuk diketahui, Hutama Karya telah menyelesaikan sekitar 500 km jalan tol, sepanjang 368 km di antaranya sudah beroperasi penuh. Mulai dari ruas tol Lampung yaitu Bakauheni – Terbanggi Besar 140 km dan Terbanggi – Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung sepanjang 189 km.

kemudian di Sumsel yaitu ruas tol Palembang – Indralaya sepanjang 22 km, dan di Sumut ruas tol Medan – Binjai seksi 2 dan 3 sepanjang 17 km.

“Di tahun 2020, HK akan membangun beberapa ruas prioritas, di antaranya ruas tol Pekanbaru – Dumai, ruas tol Sigli – Banda Aceh, dan ruas Medan – Binjai seksi 1 Tanjung Mulia – Helvetia,” tutupnya. []

Continue Reading

Jasa Pelayanan & Logistik

Aplikasi Space Diluncurkan PT Pos, Bisa Vicon dengan Data Rendah

Alfian Setya Saputra

Published

on

Aplikasi Space

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Aplikasi Space resmi diluncurkan PT Pos Indonesia (Persero) sebagai bagian dari persiapan menghadapi skenario new normal atau normal baru.

Layanan digital yang didapat dari aplikasi Space ini yaitu video conference sebagai media rapat virtual sehingga tetap bisa mengadakan berbagai rapat tanpa harus bertatap muka.

Direktur Strategic PT Pos Indonesia (Persero) Noer Fajrieansyah mengatakan aplikasi Space dibangun oleh Divisi IT secara inhouse dan dinahkodai langsung oleh Noer.

Pengembangan aplikasi digital ini juga sejalan dengan arahan Kementerian BUMN tentang Antisipasi Skenario The New Normal Badan Usaha Milik Negara.

“Pengembangan aplikasi Space pada tahap awal ini, diharapkan sebagai solusi atas kebutuhan komunikasi dan koordinasi internal yang efisien dan lebih cepat dalam menunjang operasional bisnis,” kata Noer, dalam pernyataan tertulis, Rabu (27/5/2020).

Meski tidak jauh berbeda dengan apikasi video conference lainnya, Space dipastikan lebih aman, efektif dan efisien dari sisi biaya bagi Pos Indonesia karena dikembangkan sendiri oleh tim IT internal.

Aplikasi Space juga punya kelebihan dari layanan virtual lain, karena tetap bisa berjalan pada koneksi data rendah minimal 50 Kbps juga mampu menjangkau wilayah pelosok.

“Layanan Space sangat cocok untuk menjembatani komunikasi di internal PT Pos Indonesia, karena memiliki jumlah karyawan yang besar, kondisi regional yang tersebar di seluruh Indonesia, dan akses internet tidak merata,” jelasnya.

Fitur yang ditawarkan Aplikasi Space antara lain aplikasi berbasis web, terintegrasi dengan Sistem Informasi Manajemen SDM PT Pos Indonesia dan tersedia versi android mobile.

Selain Aplikasi Space, PT Pos juga menyediakan aplikasi di bidang layanan keuangan yaitu Pos Giro Mobile (PGM). Masyarakat dapat memanfaatkan layanan PGM untuk melakukan transaksi layanan jasa keuangan Pos Indonesia sebagaimana biasanya.

Melalui layanan berbasis online ini, diharapkan dapat mendukung masyarakat agar tidak perlu keluar rumah untuk menghindari penyebaran Covid-19.

“Dalam skema new normal, kami mengimbau para pelanggan agar menggunakan transaksi digital. Aplikasi PGM bisa diunduh di Playstore yang kami kembangkan untuk berkompetisi merebut pasar financial technology dan sebagai upaya perseroan dalam meningkatkan Financial Inclusion di Indonesia. Ini juga sesuai target strategis nasional,” ujar Noer.

Noer pun menyarankan seluruh pelanggan untuk melakukan transaksi jasa keuangan melalui PGM. Sedangkan jasa kurir dan logistik dapat manfaatkan layanan pick up dengan menghubungi kantor pos terdekat di daerah masing-masing. []

Continue Reading

Teknologi & Komunikasi

Bisnis Digital Tumbuh Signifikan, Telkom Raup Laba Rp18,66 Triliun

EKO PRASETYO

Published

on

Bisnis digital

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Bisnis digital Telkom atau PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk mengalami pertumbuhan signifikan, terutama yang dikelola oleh Telkomsel dan Indihome.

Pertumbuhan ini berdampak pada pendapatan PT Telkom yang mencapai Rp 135,57 triliun sepanjang 2019, atau tumbuh sebesar Rp 4,78 triliun alias 3,7 persen dibanding tahun 2018.

Vice President Corporate Communication Telkom, Arif Prabowo menjelaskan, Laba sebelum Bunga, Pajak, Depresiasi, dan Amortisasi atau EBITDA Telkom mencapai Rp 64,83 triliun di tahun 2019 atau naik 9,5 persen.

Sementara laba bersih sebesar Rp 18,66 triliun, naik 3,5 persen disbanding tahun 2018.

Arif menjelaskan, melalui Telkomsel, perseroan mencatat memiliki basis pelanggan terbesar di Indonesia dengan 171,1 juta pelanggan dengan pengguna mobile data tercatat 110,3 juta pelanggan.

Kebutuhan layanan data yang terus meningkat sesuai perubahan gaya hidup masyarakat, mendorong pertumbuhan trafik data menjadi 6.558 petabyte atau naik 53,6 persen.

“Bisnis digital Telkomsel dan IndiHome tumbuh signifikan dan menjadi kontributor utama pertumbuhan Perseroan. Pendapatan bisnis digital Telkomsel tumbuh cukup signifikan sebesar 23,1 persen atau Rp 10,94 triliun,” ujar Arif Prabowo dalam keterangan tertulis, Selasa (26/5/2020).

Pertumbuhan pendapatan bisnis digital Telkomsel ini, tercatat sebagai pertumbuhan tertinggi secara industri di tahun 2019. Sehingga pendapatan bisnis digital Telkomsel menjadi Rp 58,24 triliun.

Kontribusi pendapatan bisnis digital pun meningkat menjadi 64 persen dari total pendapatan Telkomsel, dari 53 persen pada tahun sebelumnya.

“Pendapatan ini seiring dengan pengembangan berbagai layanan digital, seperti Big Data, Digital Lifestyle, Digital Enterprise Solution, Mobile Payment hingga Digital Advertising,” jelasnya.

Di tahun 2019, Telkomsel juga berhasil membangun 23.162 Base Tranceiver Station (BTS) 4G LTE baru.

Sehingga jangkauan layanan 4G LTE sudah mencapai lebih dari 90 persen populasi penduduk. Tercatat saat ini Telkomsel telah memiliki sebanyak 212.235 BTS. Sebanyak 161.938 unit di antaranya adalah BTS untuk 3G dan 4G.

“Jumlah dan jangkauan BTS 3G dan 4G, serta peningkatan lalu lintas data akan menjadi pondasi untuk pertumbuhan positif kinerja Telkomsel di tahun 2020 dan tahun berikutnya,” ujar Arif.

Seolah tak mau ketinggalan, IndiHome juga terus melanjutkan kinerja positif dan menjadi pendorong pertumbuhan Perseroan.

Di segmen consumernya, jumlah pelanggan IndiHome menjadi 7 juta pelanggan pada akhir 2019, tumbuh 37,2 persen dari tahun sebelumnya.

IndiHome juga mencatat kenaikan pendapatan sebesar Rp 18,3 triliun atau naik 28,1 persen.

“Pencapaian positif yang diraih IndiHome semakin mengukuhkan posisinya sebagai market leader bisnis fixed broadband di Indonesia. Pendapatan dan laba IndiHome juga semakin baik dengan EBITDA margin mencapai 33,9 persen, angka ini mendekati standar profitabilitas global,” ujar Arif. []

Continue Reading

Trending

Copyright © 2019 MEDIABUMN.COM