Connect with us
PERTAMINA

Airport Services

Gandeng ALFI, Angkasa Pura I Terus Tingkatkan Layanan Kargo dan Logistik Bandara

MediaBUMN

Published

on

Logistik

MEDIABUMN.COM, Jakarta – PT Angkasa Pura I (Persero) menandatangani nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) dengan Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) sebagai langkah awal untuk melakukan kerja sama pengembangan dan peningkatan layanan kargo dan logistik di seluruh bandara yang dikelola Angkasa Pura I.

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Pengembangan Usaha Angkasa Pura I Dendi T. Danianto dengan Ketua Umum ALFI Yukki Nugrahawan pada Senin 1 Maret 2021 di Kantor Pusat Angkasa Pura I, Kemayoran, Jakarta.

Adapun ruang lingkup nota kesepahaman ini mencakup penjajakan rencana kerja sama pada lima bidang yaitu:

1. Perlindungan keamanan terhadap pengguna layanan kargo udara yang dikelola oleh Angkasa Pura I

2. Peningkatan service level agreement (SLA), key performance index (KPI), dan kompetensi sumber daya manusia (SDM) yang menangani kargo dan logistik di bandara Angkasa Pura I

3. Standardisasi pelayanan penanganan kargo dan logistik di bandara Angkasa Pura I

4. Penyediaan fasilitas pendukung pelaksanaan seperti lahan, warehousing, ruangan pelaku usaha logistik dan forwarder, cold storage, layanan fast track, dan lain-lain yang dapat meningkatkan volume kargo

5. Pelayanan logistik dan kargo tidak terbatas pada moda transportasi udara, namun juga transportasi darat dan laut

Selain itu, nota kesepahaman juga mencakup kegiatan pertukaran data dan informasi terkait pengembangan dan peningkatan layanan kargo dan logistik.

“Pada era yang makin kompleks dan serba tidak pasti ini, kolaborasi menjadi hal yang mutlak dilakukan dibanding kompetisi. Penandatanganan nota kesepahaman ini merupakan wujud kolaborasi Angkasa Pura I dengan stakeholder kunci di sektor logistik yang juga bertujuan untuk turut mengakselerasi penerapan ekosistem logistik nasional atau national logistic ecosystem yang diinisiasi Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan pada 2020 lalu,” ujar Direktur Pengembangan Usaha Angkasa Pura I Dendi T. Danianto.

“Kolaborasi lebih baik dibanding kompetisi. Penandatanganan nota kesepahaman ini merupakan bentuk kolaborasi yang dapat mendukung implementasi National Logistic Ecosystem sehingga biaya logistik di Indonesia semakin kompetitif dan Indonesia dapat masuk 30 besar dunia dan 3 besar di ASEAN terkait logistic performance index pada 2024,” ujar Ketua Umum Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia Yukki Nugrahawan.

Selain itu, lanjut Dendi, kolaborasi ini juga merupakan upaya untuk mendukung strategi revenue enhancement Angkasa Pura I, khususnya pada area bisnis logistik dan kargo. Pada masa pandemi, kinerja trafik kargo tahun 2020 dibanding 2019 di bandara Angkasa Pura I masih bisa tumbuh tipis 2,09% dibanding dengan trafik penumpang dan pesawat yang memang turun drastis. Oleh karena itu, untuk menjaga dan memanfaatkan pertumbuhan trafik kargo yang pada 2021 diprediksi tumbuh tipis 2,1% menjadi sekitar 445.300 ton, Angkasa Pura I melakukan beberapa inisiatif, salah satunya rencana kerja sama dengan ALFI ini.

“Diharapkan kolaborasi ini dapat mendukung rencana pengoptimalan bisnis kargo perusahaan dalam jangka pendek dan menengah,” ujar Dendi T. Danianto.

Untuk menjaga dan memanfaatkan potensi pertumbuhan trafik kargo di bandara kelolaan, Angkasa Pura I akan melakukan beberapa inisiatif seperti menginisiasi collaborative cargo and logistic develoopment yang bertujuan untuk mengajak Pemerintah Daerah untuk melakukan upaya-upaya peningkatan perdagangan di berbagai sektor industri yang secara tidak langsung dapat mendorong trafik kargo di bandara Angkasa Pura I, focus group discussion layanan kargo bersama stakeholder untuk mendiskusikan upaya perwujudan layanan kargo udara terpadu, implementasi single integrated IT platform sebagai upaya revenue safeguarding , dan cargo transhipment untuk menghindari penumpukan kargo di sisi udara serta upaya memastikan keselamatan dan keamanan penerbangan. []

Airport Services

Angkasa Pura I Luncurkan “Discover YIA”, Program Airport Educational Tour Pertama di Indonesia

MediaBUMN

Published

on

Discover YIA

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Dalam rangka mendukung penguatan dan pertumbuhan perekonomian daerah serta pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta, PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Yogyakarta bekerja sama dengan PT Natra meluncurkan program Airport Educational Tour pertama di Indonesia, yaitu Discover YIA.

Program ini merupakan komitmen PT Angkasa Pura I (Persero) dalam memberikan pelayanan dan kenyamanan kepada pengguna jasa bandara, sekaligus sebagai upaya mendukung keterbukaan informasi dan proses edukasi mengenai kearifan budaya lokal dan ikon-ikon Yogyakarta yang berada di YIA. Discover YIA juga merupakan layanan yang ditujukan untuk mengakomodir masyarakat/publik dalam mengenal kebandarudaraan, serta profil YIA.

Discover YIA

Acara peluncuran Discover YIA yang diselenggarakan pada Senin, 12 April 2021, ini dibuka oleh Direktur Utama PT Natra dan Direktur Pemasaran dan Pelayanan PT Angkasa Pura I ( Persero) Devy Suradji, serta dihadiri oleh Wakil Bupati Kabupaten Kulon Progo Fajar Gegana, PTS General Manager Bandara Internasional Yogyakarta Agus Pandu Purnama, Project Manager Bandara Internasional Yogyakarta Taochid Purnama Hadi, Komandan Satuan Radar 215 Congot Letkol. Nanang Mahfudi, Kepala Seksi Pengelolaan Informasi Pariwisata Arinta Kurnia, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Kebumen dan Pacitan serta insan pariwasata di yoggyakarta anatara lain PHRI, GIPI, beserta jajaran perwakilan stakeholder yang beroperasi di Bandara Internasional Yogyakarta.

“Bandara Internasional Yogyakarta bukan hanya dibangun sekedar menjadi Airport saja tetapi menjadi bagian dari identitas dan kearifan masyarakat Yogyakarta,seperti adanya Taman Sari, Plekung Gading, Pasar Kota Gede bahkan sebagian dari bandara ini seperti mininya Yogyakarta, dengan adanya program Discover YIA kita bisa lebih banyak cerita tentang apa yang dimiliki Yogyakarta melalui Bandara Internasional Yogyakarta. Kini, orang bisa datang ke bandara bisa belajar. Apalagi bandara ini dibangun oleh putra bangsa”, jelas Devy Suradji Direktur Pemasaran dan Pelayanan PT Angkasa Pura I (Persero).

Discover YIA

Lebih lanjut, Wakil Bupati Kulon Progo, Fajar Gegana, mengapresiasi wisata edukasi di Bandara YIA yang digagas oleh PT Angkasa Pura I (Persero). “Pengunjung bisa berkeliling bandara sehingga memberikan pengalaman tersendiri bagi mereka, Kalau jadi penumpang biasanya menuju ruang tunggu dan langsung Boarding, pengunjung akan menikmati wisata edukasi yang disediakan oleh AP I ini bisa mengelilingi bandara dengan menggunakan bus,” ungkap Wakil Bupati Kulon Progo Fajar Gegana.

Dalam program Discover YIA, pengguna jasa akan diajak untuk berkeliling terminal bandara, serta menyusuri sisi udara airside), mengunjungi Fire Station atau unit Pemadam Kebakaran dan Pertolongan Kecelakaan Pesawat (PK – PKP) dengan menggunakan bus bebas pandang sehingga peserta dapat mengamati dan mengenali bandara dengan baik. Selain itu, pengguna jasa juga akan diperkenalkan pada berbagai fasilitas dan keunggulan YIA, termasuk Galeri UMKM di bandara terbesar di Indonesia, yaitu Galeri Pasar Kotagede.

Bagi pengguna jasa bandara yang tertarik untuk mengikuti program DiscoverYIA, bisa menghubungi paling lambat H-7 sebelum jadwal pelaksanaan program melalui email info@discover-yia.id atau telp/WA 081578800111. Jumlah peserta dalam satu kali program minimal 10 orang dan maksimal 20 orang. []

Continue Reading

Airport Services

Angkasa Pura I Sabet Penghargaan Services and Operational Excellence in the Time of COVID-19 Pandemic dalam Anugerah BUMN 2021

MediaBUMN

Published

on

penghargaan

MEDIABUMN.COM, Jakarta – PT Angkasa Pura I (Persero) meraih penghargaan Special Recognition kategori Services and Operational Excellence in the Time of COVID-19 Pandemic dalam ajang penghargaan Anugerah BUMN 2021 ke-10 yang diselenggarakan oleh Majalah BUMN Track serta didukung oleh PPM Manajemen.

Pada malam penganugerahan yang diselenggarakan di Hotel The Ritz-Carlton, kawasan Mega Kuningan Jakarta, pada Kamis (8/4) malam tersebut, piala penghargaan diterima oleh Direktur Pengembangan Usaha PT Angkasa Pura I (Persero) Dendi T. Danianto.

Melalui penghargaan ini, Angkasa Pura I dinilai mampu memberikan pelayanan unggul secara konsisten kepada pengguna jasa di masa pandemi.

“Penghargaan ini merupakan wujud apresiasi atas komitmen dan kinerja perusahaan yang dinilai mampu secara konsisten dan terus menerus memberikan pelayanan terbaik dan unggul kepada seluruh pengguna jasa bandara pada kondisi pandemi COVID-19 ini. Pada masa pandemi ini, hampir seluruh perusahaan, termasuk perusahaan BUMN dituntut untuk dapat menyesuaikan diri dengan kondisi pandemi,” ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi dalam pernyataan resminya.

“Sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa kebandarudaraan, kami banyak melakukan transformasi dan inovasi dalam layanan, dengan menyesuaikan pelayanan dengan standar protokol kesehatan yang berlaku, dengan tanpa mengurangi kualitas layanan kepada pengguna jasa,” tambahnya.

Pada pelaksanaannya yang ke-10 ini, Anugerah BUMN mengusung tema “Strategi dan Transformasi di Masa Pandemi”. Dalam pelaksanaan di tahun 2021 ini, sebanyak 230 perusahaan BUMN dan Anak Perusahaan BUMN mengikuti tahap sosialisasi, terbanyak selama 10 tahun pelaksanaan. Sebanyak 122 perusahaan mengikuti seleksi tahap awal penjaringan, hingga kemudian tersaring sebanyak 89 perusahaan yang lolos seleksi penjurian tahap kedua. Dalam tahap ketiga, sebanyak 35 CEO dari perusahaan peserta mengikuti penjurian tahap akhir berupa wawancara yang dilakukan secara virtual.

Dalam sambutannya saat membuka acara, CEO BUMN Track SH Sutarto menyatakan bahwa penghargaan ini merupakan apresiasi untuk kontribusi positif perusahaan BUMN dalam masa pandemi. “Peran BUMN sebagai korporasi yang menyokong negara, juga berkontribusi yang sangat besar dalam pandemi COVID-19 ini. Sebagaimana perannya memberikan dividen kepada negara, BUMN juga berperan sebagai wakil Pemerintah untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional,” ujarnya saat membuka acara.

“Kami dari BUMN Track ingin mengapresiasi kinerja BUMN melalui fakta dan data melalui proses penjurian selama 1 bulan lebih ini. Semoga objektivitas dan kualitas penghargaan ini menjadi referensi bagi semua stakeholder, khususnya pemerintah,” imbuh SH Sutarto.

Selama proses penilaian, panelis dewan juri berfokus pada strategi dan kinerja perusahaan dalam kondisi pandemi, upaya transformasi bisnis dan organisasi, Good Corporate Governance, serta internalisasi nilai AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif) ke dalam organisasi perusahaan.

“Mewakili Manajemen dan seluruh Insan Angkasa Pura I, saya merasa bangga telah menerima penghargaan yang merupakan pengakuan terhadap upaya kami dalam memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna jasa bandara. Penghargaan ini akan kami jadikan sebagai motivasi dan cambuk untuk dapat selalu hadir dalam menjawab tantangan zaman, untuk terus menerus meningkatkan standar kualitas layanan kepada pengguna jasa, serta untuk selalu hadir untuk negeri,” pungkas Faik Fahmi.

Pada masa pandemi global COVID-19, industri penerbangan dituntut untuk beradaptasi terhadap situasi secara cepat. Untuk menyesuaikan diri dengan kondisi ini, Angkasa Pura I melakukan berbagai inovasi layanan untuk menyesuaikan dengan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Virus Corona di area bandara. Inovasi layanan seperti penerapan teknologi yang bersifat meminimalisir sentuhan (touchless) dan kontak fisik antar manusia, seperti online customer service, serta boarding pass scanner yang berfungsi untuk memindai boarding pass calon penumpang tanpa harus melakukan sentuhan fisik dengan petugas diimplementasikan di bandara kelolaan.

Selain itu, penerapan standar pelayanan yang selaras dengan implementasi protokol kesehatan juga secara ketat diberlakukan di seluruh bandara kelolaan Angkasa Pura I, di antaranya adalah melalui penerapan physical distancing di seluruh area bandara, disinfeksi pada fasilitas dan infrastruktur terminal bandara yang sering disentuh oleh pengguna jasa bandara, serta penggunaan alat pelindung diri (APD) bagi seluruh personel garis depan bandara yang berhubungan erat dengan pelayanan penumpang. []

Continue Reading

Airport Services

Kembali Sukses, Simulasi GeNose C-19 di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali Berjalan Lancar

MediaBUMN

Published

on

simulasi

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Setelah sukses melakukan simulasi penggunaan GeNose C-19 di Bandara Internasional Yogyakarta – Kulon Progo (YIA) dan Bandara Juanda Surabaya pada 18 Maret dan 25 Maret lalu dan implementasi GeNose C-19 di kedua bandara tersebut mulai 1 April, PT Angkasa Pura I (Persero) sukses melakukan simulasi penggunaan GeNose C-19 di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali pada hari ini, Kamis 8 April 2021.

Simulasi penggunaan GeNose C-19 di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali pada hari ini merupakan tahap persiapan yang dilakukan operator bandara sebelum GeNose C-19 resmi diterapkan di Bandara Bali pada Jumat 9 April 2021. Sesuai dengan Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 26 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dan Transportasi Udara Dalam Masa Pandemi Covid-19, layanan GeNose C-19 merupakan salah satu alat deteksi Covid-19 yang hasilnya dapat digunakan untuk melakukan perjalanan udara.

“Angkasa Pura I secara bertahap akan mengimplementasikan layanan GeNose C-19 di 15 bandara kelolaan, di mana sebelumnya perlu dilakukan simulasi di masing-masing bandara untuk memastikan kesiapan dan kelancaran layanan pada saat implementasi. Hari ini, simulasi penggunaan Genose C-19 di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali berjalan lancar dan layanan GeNose C-19 siap diimplementasikan secara resmi di Bandara Bali pada Jumat 9 April esok. Angkasa Pura I senantiasa berupaya memberikan kemudahan layanan tes Covid-19 sebagai salah satu syarat melakukan perjalanan udara bagi calon penumpang pada masa adaptasi kebiasaan baru melalui penambahan layanan GeNose C-19 di bandara, di samping layanan tes Covid-19 lainnya seperti Swab Antigen dan Swab PCR,” ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi.

Adapun biaya layanan GeNose C-19 di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali yang secara resmi mulai diimplementasikan pada Jumat 9 April 2021 yaitu sebesar Rp40.000. Lokasi layanan GeNose C-19 ini terletak di area publik terminal keberangkatan Bandara Bali dengan waktu operasional mulai 09.00 – 19.00 WITA. Layanan GeNose C-19 di Bandara Bali dilengkapi dengan 8 mesin GeNose C-19 dan pada tahap awal, tiap harinya disedikan 600 kantong udara,.

Sebagai informasi, layanan GeNose C-19 ini tidak menggantikan layana tes Covid-19 lainnya yang ada di bandara seperti Swab Antigen dan PCR. Bagi para calon penumpang yang berencana menggunakan layanan GeNose C-19 diimbau untuk dapat tiba di bandara 3-4 jam sebelum waktu keberangkatan. Dalam menyediakan layanan pemeriksaan GeNose C-19, Angkasa Pura I bekerja sama dengan salah satu anak perusahaan yaitu Angkasa Pura Supports yang juga bermitra dengan Farmalab. []

Continue Reading

Trending

Copyright © 2019 MEDIABUMN.COM

error: Content is protected !!