Connect with us
PERTAMINA

Finansial

Erick Thohir Saksikan PNM Serahkan Bantuan Kepada Nasabah Difabel

MediaBUMN

Published

on

Bantuan

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Menteri BUMN, Erick Thohir menyaksikan langsung penyerahan bantuan tanggung jawab sosial PNM berupa gerobak PNM Mekaar kepada Imah atau yang akrab disapa Mbah Imah, nasabah difabel PNM Mekaar pada Sabtu (16/1) dalam rangkaian acara BERTEMAN PNM (Bersama Erick Thohir Temu AO dan Nasabah PNM).

Dalam sambutannya Menteri BUMN, Erick Thohir menyampaikan terimakasih kepada Mbah Imah atas perjuangannya.

“Kita harus berkaca kepada Ibu Imah yang memberi semangat dan inspirasi kepada kita semua. Ibu Imah bisa, kita tentu juga bisa”, ungkapnya. Diakhir sesi dialog dengan Ibu Imah, Menteri BUMN mengatakan akan berkunjung ke tempat Mbah Imah di Desa Peleyan Timur, Kapongan setelah pandemi berlalu.

Mbah Imah merupakan nasabah Mekaar cabang Kapongan yang sudah tergabung sejak tahun 2017. Dalam kesehariannya sebelum pandemi, Mbah Ima berjualan jajanan di salah satu sekolah dasar yang terdapat di sekitar rumahnya.

Namun, selama pandemi sekolah tersebut melaksanakan pembelajaran jarak jauh dan murid-murid belajar dari rumah. Oleh sebab itu, penyerahan bantuan berupa gerobak warung Mekaar ini diharapkan dapat membantu Mbah Imah agar dapat tetap berjualan di depan rumah.

Pada kesempatan yang sama Direktur Utama PT Permodalan Nasional Madani (Persero), Arief Mulyadi menyampaikan “Saat ini 90% AO PNM adalah perempuan dan 98% diantaranya milenial berusia dibawah 25 tahun, dengan mayoritas pendidikan terakhir SMA/SMK.

Sebagai bentuk apresiasi kami atas pengabdian dan loyalitas mereka dalam mendampingi nasabah, PNM bekerjasama dengan Universitas Terbuka agar AO dapat memperoleh pendidikan yang lebih tinggi, sebagai bekal mereka di masa yang akan datang.”

Menteri BUMN, Erick Thohir, turut menyampaikan apresiasi kepada AO PNM, sebagai generasi muda yang langsung turun digaris terdepan membantu nasabah PNM Mekaar. “AO PNM menjadi contoh konkrit untuk pimpinan BUMN agar tidak hanya memberikan pengarahan tapi juga turun langsung melihat realitas di lapangan.”

Lebih lanjut Menteri BUMN memotivasi AO agar tidak berhenti bermimpi dan harus berani mengeksekusi cita-cita.

“Kami mendukung AO mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi melalui program CSR BUMN, yang arahnya akan lebih besar di bidang pendidikan. Saya yakin ada AO yang bisa menjadi direksi. Tetapi tentu diawali dengan pendidikan yang baik. PNM akan melalukan mapping AO yang kinerjanya baik, kami dari Kementerian akan memberikan beasiswa langsung kepada AO di PNM” tutupnya. []

Perbankan

Ingin Tahu Trik Pemasaran WhatsApp dan Google My Business? Yuk Ikuti Webinarnya!

MediaBUMN

Published

on

Pemasaran

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Di era pandemi COVID-19, pemasaran digital telah menjadi hal yang mulai wajib dikuasai para pelaku bisnis, tak terkecuali bisnis UMKM. Pasalnya, pandemi mulai merubah perilaku konsumen dari belanja konvensional menuju belanja digital.

Hal tersebut dipicu oleh pembatasan mobilitas sosial untuk menghindari transmisi penularan virus. Hampir seluruh kegiatan masyarakat di berbagai sektor diubah ke dalam bentuk digital agar tetap dapat terhubung meski saling berjauhan.

Fenomena inilah yang perlu ditangkap para pelaku bisnis UMKM. Para pebisnis harus mulai mengembangkan berbagai akses digital untuk memudahkan konsumen melakukan transaksi tanpa perlu bertatap muka, mengunjungi toko, ataupun menggunakan uang konvensional.

Dalam rangka mengedukasi para pelaku usaha terkait pemanfaatan platform digital, bank bjb bakal menyelenggarakan webinar Bincang Jumat Bisnis Online pada Jumat (26/2/2021). Bincang bisnis yang dilakukan melalui aplikasi ZOOM Cloud Meetings ini membahas Tips Pemasaran Via WA dan Optimasi Google My Business.

Google dan WhatsApp adalah dua platform online yang sangat penting dikuasai pebisnis karena sering dimanfaatkan masyarakat dalam mencari produk yang mereka butuhkan. Dua platform ini berbeda, namun saling berkaitan dalam proses pemasaran secara online.

Bincang Jumat Bisnis Online kali ini akan dipandu Dinar Sudianto, seorang konsultan marketing online, owner Positive Plus Consultant sekaligus founder dari CustomHade.id.

Bincang bisnis ini akan mengupas cara optimalisasi pemasaran produk bisnis UMKM melalui dua platform tersebut. Termasuk trik menggunakan WhatsApp sebagai media pemasaran yang efektif dan penggunaan Google My Business agar bidang usaha yang bersangkutan dapat eksis di mesin pencarian Google.

Daftarkan diri Anda segera melalui tautan https://bit.ly/RegisterPesertaBincangJumatBisnis2021 atau melalui WA ke 0821 1341 9761 (https://wa.me/message/ABBGRZ4WQP3NG1). []

Continue Reading

Jasa Keuangan

Sukses Pacu Kinerja dan Inovasi, Dirut Pegadaian Raih Best CEO 2020

CHRIESTIAN

Published

on

BEST CEO

MEDIABUMN.COM, Jakarta – PT Pegadaian (Persero) yang terus memposisikan diri sebagai perusahaan berkinerja positif tidak terlepas dari peran Kuswiyoto sebagai Direktur Utama.

Bersama Kuswiyoto, perusahaan pelat merah ini berhasil tumbuh mencetak kinerja gemilang dan dianggap paling sukses dalam melakukan inovasi digital.

Atas dasar itulah, Kuswiyoto berhasil menyabet predikat Best CEO pilihan karyawan di masa pandemi versi Majalah SWA.

Kuswiyoto juga dinilai berhasil mendongkrak kinerja perseroan dengan melakukan berbagai kolaborasi bisnis dengan berbagai pihak strategis.

Seperti diketahui kinerja Pegadaian sepanjang tahun 2020 berhasil melanjutkan tren yang positif dengan perolehan pendapatan usaha sebesar Rp17,67 triliun atau naik 24,27 persen dibanding tahun 2019 yang sebesar Rp21,96 triliun.

Kinerja dari sisi aset pun tumbuh dengan baik, dimana tahun 2020 Pegadaian berhasil mencatat aset sebesar Rp71,47 triliun dimana catatan aset ini mengalami kenaikan sebesar 9,40 persen dibanding tahun 2019 yaitu sebesar Rp65,32 triliun.

Pun demikian dengan peningkatan jumlah nasabah yang berhasil tumbuh 22,15 persen dimana pada tahun 2019 jumlah nasabah tercatat sebanyak 13,86 juta orang menjadi 16,93 juta orang di tahun 2020.

Selain itu perseroan juga mencarar pertumbuhan pada omset pembiayaan yang disalurkan yang meningkat 13,34 persen dari tahun 2019 sebesar Rp145,63 triliun menjadi Rp165,06 triliun di tahun 2020.

Sepanjang tahun 2020, imbuh Kuswiyoto, Pegadaian sangat aktiv dalam meluncurkan berbagai program strategis dalam rangka mendorong laju bisnis perusahaan dan mendorong perekonomian masyarakat.

Salah satu yang diluncurkan yaitu program Gadai Peduli (Gadai Tanpa Bunga) yang merupakan program yang memberikan pinjaman senilai Rp1 Juta kepada masyarakat khususnya bagi yang terdampak pandemi.

Selain itu, program ini juga telah relaksasi dengan memberikan perpanjangan masa jatuh tempo lelang dari 15 hari menjadi 30 hari, dan relaksasi kredit mikro berupa pembebasan denda keterlambatan angsuran serta restrukturisasi pinjaman.

“Di masa pandemi kami meluncurkan program Gadai Peduli, yang dikhususkan bagi masyarakat dan UMKM yang memiliki kesulitan untuk mengembangkan usaha dan mencukupi kebutuhan ekonomi” ujar Kuswiyoto.

Parameter Best CEO

Apresiasi penghargan Best CEO Pilihan Karyawan di Era Pandemi ini telah melalui penilaian dan proses yang panjang, dimana survei telah dilaksanakan dari Oktober- Desember 2020. Bagi CEO yang hendak mengikuti survei, harus menunjukan kinerja bisnis yang bagus dan memiliki komitmen untuk menerapkan prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG) di era kepemimpinannya.

Chief Editor SWA Group, Kemal E. Gani mengatakan parameter penilaian menggunakan konsep leadership yang dikembangkan oleh Franklin Cove, yaitu The 4 Essential Roles of Leadership, yang merupakan penyempurnaan dari konsep Four Roles of Leadership. Melalui parameter tersebut seorang CEO harus memiliki kemampuan yaitu Inspire Trust (membangun kepercayaan pada karyawan di tengah perubahan agar perusahaan survive), Create Vision (mengkreasikan purpose/tujuan perusahaan), Execute Strategy (mengesekusikan strategi), dan Coach Potential (kemampuan menempatkan orang yang tepat di organisasi).

“Apresiasi penghargaan best CEO kali ini kami berikan bobot lebih tinggi untuk parameter Inspire Trust dan Execute Strategy. Adapun detail bobot penilaian yaitu Inspire Trust 30 persen, Create Vision 25 persen, Execute Strategy 30persen dan Coach Potential 15 persen”, Ujar Kemal.

Kemal menambahkan pada survei pemilihan CEO terbaik, melibatkan minimal 30 responden yang merupakan karyawan dari perusahaan itu sendiri. Melalui metode tersebut terpilihlah 13 CEO terbaik tahun 2020 dengan indeks BEST CEO di atas 90.

“Kami lakukan survei dengan mengedepankan parameter The 4 Essential Roles of Leadership, untuk menjawab tantangan CEO di era VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity dan Ambiguity). Lalu setelah itu kami lakukan proses validasi dan pengelohana data survey. Setelah kami lakukan penilaian, terpilihlah 13 CEO terbaik tahun 2020, dimana salah satunya adalah Direktur Utama PT Pegadaian Persero, Kuswiyoto”, Ucap Kemal. []

Continue Reading

Perbankan

BTN Kenalkan Tabungan Investa, Bidik Segmen Menengah Atas

MediaBUMN

Published

on

Tabungan Investa

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Tabungan Investa diluncurkan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, sebagai salah satu inovasi produk yang memposisikan BTN kembali kepada khitahnya sebagai bank tabungan.

Produk tabungan dengan bunga ciamik tersebut dihadirkan Bank BTN untuk mengincar kalangan menengah atas.

Plt. Direktur Utama Bank BTN Nixon LP Napitupulu mengatakan kondisi pandemi membuka banyak pandangan di masyarakat termasuk dalam hal berinvestasi untuk masa depan. Berbagai instrument investasi, kian marak digandrungi masyarakat terutama kalangan menengah ke atas yang jumlahnya mencapai lebih dari 52 juta orang.

Menjawab perubahan dan kebutuhan tersebut, Bank BTN meluncurkan produk tabungan dengan keuntungan lebih. “Kami melihat potensi yang kian besar terutama di masa pandemi ini. Karena itu, produk Tabungan Investa ini kami hadirkan agar nasabah nyaman menabung sekaligus berinvestasi di Bank BTN,” jelas Nixon di sela peluncuran Tabungan BTN Investa di Jakarta, Selasa (23/2).

Selain kalangan menengah ke atas, Nixon mengungkapkan pihaknya juga mengincar para pelaku usaha dan professional muda sebagai target pasar TabunganBTN Investa. “Kami optimistis mampu menghimpun dana mencapai Rp3 triliun dari tabungan investasi ini,” kata Nixon.

Untuk mencapai target tersebut, emiten bersandi saham BBTN ini menawarkan berbagai fitur ciamik pada Tabungan BTN Investa. Tabungan BTN Investa dirancang memiliki bunga menarik melebihi tabungan biasa. Meski demikian, nasabah tabungan ini dapat tetap fleksibel dalam bertransaksi dan dapat menarik dananya kapan saja tanpa pinalti. Pengguna tabungan BTN Investa juga dapat melakukan pemindahbukuan atau mutasi secara otomatis dengan tabungan transaksional Batara. Nasabah juga bisa memperoleh poin loyalitas yakni poin Spekta.

BBTN juga meracik Program BTN Investa Deals dalam peluncuran produk anyar tersebut. Melalui program itu, nasabah dapat melakukan penawaran penempatan dana setinggi-tingginya untuk memperebutkan gawai terkini mulai dari Iphone 12 Promax 256 GB hingga Sepeda Eletrik Xiaomi Himo z20.

Pembukaan Tabungan BTN Investa dapat dilakukan di jaringan kantor BTN terdekat. Bagi nasabah baru maupun existing, Bank BTN juga menawarkan promo khusus pembukaan tabungan berupa saldo e-wallet, voucher, hingga pilihan investasi reksadana.

Sementara itu, hingga akhir Desember 2020, Bank BTN mencatatkan total penghimpunan Dana Pihak Ketiga (DPK) sebesar Rp279,14 triliun. Posisi tersebut naik 23,84% secara tahunan (year-on-year/yoy) dari Rp225,4 triliun di periode yang sama tahun sebelumnya.

Adapun, data World Bank yang dilansir 30 Januari 2020 mencatat ada sekitar 20% masyarakat Indonesia atau lebih dari 52 juta orang yang masuk kategori kelas menengah atas (affluent). Kelompok tersebut pun mencatatkan pertumbuhan signifikan di level rata-rata 10% per tahun. []

Continue Reading

Trending

Copyright © 2019 MEDIABUMN.COM

error: Content is protected !!