Empat BUMN Karya Kantongi Kontrak Baru Senilai Rp81.17 Triliun

oleh
BUMN Karya

Empat BUMN Karya yaitu PT Wijaya Karya (Wika), PT PP (PTPP), PT Adhi Karya (ADHI) dan PT Waskita Karya (WSKT) sampai dengan triwulan III tahun ini atau sampai September 2018 baru mengantongi kontrak senilai Rp81.17 triliun. Nilai kontrak tersebut menggambarkan sepi nya proyek pada tahun ini dibanding proyek tahun lalu.

Jika dilihat pada periode yang sama tahun lalu, ke empat BUMN Karya tersebut berhasil meraih kontrak senilai Rp120.77 triliun. jika dibandingkan dengan nilai kontrak pada saat ini berarti ada penurunan kontrak sebesar 31,7 persen.

Jika dilihat dari total nilai kontrak pada triwulan III tahun 2018 adalah PTPP yang meraih nilai kontrak tertinggi yaitu sebesar Rp49.1 triliun atau mencapai 32,45 persen dari total kontrak empat BUMN Karya. Kontrak kerja yang berhasil dikantongi PTPP pada saat ini mengalami kenaikan tipis dibanding periode sama tahun 2017 yaitu sebesar Rp31.9 triliun.

Baca Juga: Triwulan III 2018, Laba BNI Tumbuh 12,6 Persen

Kemudian disusul oleh ADHI yang berhasil meraih kontrak sebesar RP11.4 triliun. nilai kontrak tersebut mengalami kenaikan sebesar 10,6 persen dibandingkan periode sama tahun lalu.

Adapun WIKA juga berhasil mengantongi kontrak senilai Rp25.32 triliun. namun nilai kontrak WIKA tersebut merosot 34,4 persen dibandingkan periode sama tahun lalu yaitu sebesar Rp34.07 triliun.

Sementara pencapaian terburuk dihadapi oleh WSKT. Perusahaan ini hanya mampu mengantongi Rp 12 triliun sepanjang Januari-September 2018 atau 24% dari Rp 50 triliun target mereka tahun ini. Padahal pada periode yang sama tahun lalu, mereka mampu mengantongi kontrak anyar Rp 44,5 triliun.

Menurut Sekretaris Perusahaan Waskita, Shatia Hadiarti, pihaknya belum merevisi target meskipun capaian dalam hingga kuartal III masih minim.

“Saat ini kami ada kontrak dengan penawaran terendah Rp7 triliun lagi. Sekarang kami tengah menunggu pengumuman hasil tender,” ujarnya. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *