Ekspansi Perdagangan Online Bawa Keuntungan Ekonomi

by
Perdagangan Online

Ekspansi dalam perdagangan online di Indonesia meningkat pesat. Dalam kurun 5 tahun, pendapatan diperkirakan meningkat 8 kali lipat hingga US$ 65 miliar.

Hal itu terungkap dalam hasil laporan terbaru McKinsey & Company bertajuk “The digital archipelago: How online commerce is driving Indonesia’s economic development” yang terbit beberapa waktu lalu.

Pertumbuhan sektor perdagangan online ini jelas membawa keuntungan finansial bagi ekonomi, meningkatkan kesetaraan sosial dan gender, sembari meningkatkan inklusi keuangan dan pertumbuhan ekonomi di berbagai wilayah.

Baca Juga: Bank Mandiri Terus Dorong Penggunaan Kartu Debit Chip

“Sudah ada berbagai riset mengenai dampak teknologi digital pada ekonomi Indonesia. Namun yang kurang hingga saat ini dan yang menjadi fokus laporan kami adalah pada sektor riil,” kata Phillia Wibowo, Presiden Direktur PT McKinsey Indonesia.

Riset McKinsey menunjukkan tak hanya soal tentang penjualan online meningkat pesat, tetapi juga bahwa proses terebut menguntungkan bagi sektor keuangan, ekonomi makro, sekaligus mendorong kesetaraan sosial.

Menurut McKinsey, Indonesia adalah pasar perdagangan online terbesar di Asia Tenggara, dengan estimasi penjualan senilai sekitar US$ 8 miliar pada 2017, yang mewakili hanya 5 persen dari total penjualan ritel.

Evolusi perdagangan online di negara-negara lain memperlihatkan bahwa Indonesia saat ini menyerupai China pada 2010, dengan tingkat penetrasi serupa terkait e-tailing, PDB per kapita, penetrasi internet, pembelanjaan ritel, dan urbanisasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *