Connect with us
PERTAMINA

Industri

Ekspansi Bisnis Ala Perum Perindo

MediaBUMN

Published

on

Dirut Perum Perindo Risyanto Suanda

Berbagai upaya terus dilakukan oleh Perusahaan Umum Perikanan Indonesia (Perum Perindo) untuk meraih hasil yang maskimal khususnya kinerja. Salah satunya yang concern dilakukan adalah upaya pengembangan bisnis, dimana perusahaan kini telah merambah seluruh lini bisnis perikanan dan kelautan dari hulu hingga hilir yang mencakup seluruh nusantara.

Direktur Utama Perum Perindo Risyanto Suanda mengatakan bahwa selain fokus terhadap core business, perusahaan juga fokus dalam pengembangan core business tersebut. Adapun pengembangan bisnis yang dimaksud antara lain yaitu pada sektor wisata dengan membangun pasar ikan modern yang dilengkapi dengan kuliner khas laut serta wisata edukasi maritim.

“Pasar ikan modern ini diproyeksikan akan menjadi destinasi wisata baru di DKI Jakarta. Jadi orang dating berwisata ke Jakarta bukan hanya ke Monas, Museum tetapi kini ada icon wisata baru di Jakarta yaitu pasar ikan modern ini,” pungkasnya.

Wisata edukasi maritim yang akan kami hadirkan di Muara Baru, jelas Risyanto, menjadi sangat penting khususnya bagi anak-anak sekolah. Jadi orang datang ke pasar ikan bukan hanya sekedar melihat pasar dan kuliner saja, tetapi kami ingin berbagi wawasan khususnya kepada anak-anak.

“Kami punya kapal latih tangkap yang kita bisa kenalkan kepada anak-anak. Mereka bisa lihat bagaimana cara menangkap ikan yang modern, pengolahan ikan yang modern dan berbagai aktivitas kelautan dan perikanan lainnya. Sehingga dengan diperkenalkan sejak dini maka mereka akan lebih cinta kepada laut dan perikanan. Dengan demikian menumbuhkan kesadaran mereka akan kekeyaan laut Indonesia yang harus dijaga dan dimanfatkan sebesar-besarnya bagi bangsa Indonesia,” papar Risyanto.

Laman: 1 2

Transportasi

Protokol Kesehatan KAI Diganjar Safe Guard Label SIBV

EKO PRASETYO

Published

on

Protokol kesehatan

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Protokol kesehatan KAI yang selama ini dijalankan secara ketat mendapat Safe Guard Label SIBV dari PT Surveyor Indonesia (Persero).

Pelabelan Safe Guard Label itu mengacu pada rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan disesuaikan dengan aturan Kementerian Kesehatan.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) selama ini dinilai telah konsisten dalam menerapkan protokol kesehatan di lingkungan kereta api dan juga stasiun.

Direktur Utama PT KAI, Didiek Hartantyo mengatakam audit untuk pelabelan ini tujuannya untuk menunjukkan komitmen dan keseriusan PT KAI dalam menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan perusahaan.

“Sebagai BUMN yang bergerak di sektor jasa transportasi, kami perlu meyakinkan masyarakat bahwa seluruh layanan PT KAI telah memenuhi standar protokol pencegahan Covid-19,” kata Didiek, melalui keterangan tertulisnya, Jumat (25/9/2020).

Menurut Didiek, pemberian Safe Guard Label SIBV kepada PT KAI akan meningkatkan kepercayaan seluruh stakeholder saat berada di kereta, stasiun, dan seluruh lingkungan KAI selama masa pandemi Covid-19.

Audit ini sebelumnya dilakukan oleh Bureau Veritas Indonesia dan Surveyor Indonesia selama tiga pekan dengan sampling 11 lokasi, mulai dari balai yasa, perkantoran hingga stasiun kereta api.

Adapun parameter yang yang menjadi penentu untuk mendapatkan Safe Guard Label SIBV ini ditentukan oleh beberapa pihak, mulai dari Kantor Pusat BV, international best practices, World Health Organization, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, regulasi Kementerian Kesehatan dan Kementerian Perhubungan.

“Selama ini KAI memang secara konsisten menerapkan protokol kesehatan yang ketat di berbagai wilayah kerja, agar risiko penularan Covid-19 dapat ditekan,” ujarnya.

Komitmen Tingkatkan Protokol Kesehatan KAI

Didiek menambahkan, pihaknya juga menyusun pedoman protokol kesehatan KAI tidak hanya untuk pelanggan tapi juga bagi bagi pekerja dan mitra usaha.

Bahkan seluruh jajaran perseroan harus konsisten menerapkan protokol kesehatan KAI yang telah disusun agar bisnis perusahaan bisa berjalan baik pada masa new normal.

“Kami berharap dengan Safe Guard Label ini, masyarakat tidak perlu ragu lagi dalam menggunakan transportasi kereta api, karena PT KAI tetap konsisten menerapkan protokol kesehatan,” tutur Didiek.

Sementara, Dirut PT Surveyor Indonesia, Dian M Noer mengatakan, perolehan Safe Guard Label SIBV ini sejalan dengan upaya pemerintah untuk mencegah penyebaran Covid-19 di bebagai wilayah.

Khususnya di lingkungan KAI serta masyarakat pengguna jasa kereta api, sehingga akan memberikan rasa aman kepada semua stakeholders.

“Saya ucapkan selamat kepada KAI yang telah mendapatkan Safe Guard Label SIBV atas penerapan Protokol kesehatan Covid-19. Selama ini KAI secara konsisten mengimplementasikannya di semua tempat, seperti di kantor utama Jakarta, kantor pusat Bandung, dua balai yasa dan tujuh stasiun pelayanan kereta api,” ungkap Dian. []

Continue Reading

Jasa Keuangan

Utang PNM Senilai Rp390 Milliar Kepada Investor Lunas

GUNADI WITJAKSONO

Published

on

Utang PNM

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Utang PNM atau PT Permodalan Nasional Madani (Persero) senilai Rp390 miliar resmi dilunasi pada Jumat, (25/9/2020).

Utang PNM itu berupa surat utang jangka menengah atau medium terms notes (MTN) XVIII tahun 2018 Seri A.

Surat utang jangka menengah ini digunakan pihak PNM untuk modal kerja yang disalurkan sebagai pembiayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan ultra mikro yang jatuh tempo pada 27 September 2020.

Sunar Basuki selaku Executive Vice President Keuangan dan Operasional PT PNM (Persero) mengatakan, pihaknya tetap berkomitmen menjaga kepercayaan investor.

Salah satunya dengan melunasi setiap utang PNM dan kewajiban yang akan jatuh tempo termasuk, surat utang jangka menengah tahun 2018.
Menurut Basuki, meskipun PT PNM juga terdampak pandemi covid-19, namun likuiditas perusahaan masih tetap terjaga.

“Hal itu lantaran ekonomi nasabah yang kami biayai saat ini kembali bangkit. Pertumbuhan penyaluran pembiayaan sudha terjadi sejak awal semester II tahun ini, dan menjadi momentum kebangkitan kinerja perseroan,” kata Basuki di Jakarta, Jumat (25/9/2020).

Tercatat hingga 24 September 2020, penyaluran pembiayaan dari PNM sudah mencapai Rp16,0 triliun untuk program Unit Layanan Modal Mikro (UlaMM) dan PNM Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar).

Pada periode yang sama, outstanding PT PNM mencapai Rp19,1 triliun, sementara rasio non performing loan (NPL) konsolidasi pada level 1,38 persen

“Dengan tetap menjalankan protokol kesehatan, kami telah menyalurkan pembiayaan kepada 6.838.121 nasabah. Agar dapat tetap produktif selama pandemi, perseroan juga tetap memberikan pelatihan dan pendampingan kepada nasabah melalui Program Pengembangan Kapasitas Usaha,” jelasnya.

Sebagai informasi, surat utang jangka menengah (MTN) XVIII PT PNM tahun 2018 Seri A diterbitkan pada 27 September 2018 dan memiliki besaran bunga 9,25 persen.

Sebelumnya, perusahaan pembiayaan ini juga telah melunasi Obligasi Berkelanjutan II Tahap 1 Seri A Tahun 2017 sebesar Rp750 milliar yang jatuh tempo pada 12 Juli lalu.

Saat ini PT PNM memiliki lebih dari 3.000 kantor layanan di seluruh daerah di Indonesia yang melayani Usaha Mikro dan Kecil di 34 Provinsi, 427 Kabupaten/Kota, dan 4.290 Kecamatan.

Continue Reading

Teknologi & Komunikasi

DigiSaham Resmi Dilaunching, MCAS Gandeng Telkomsel

Alfian Setya Saputra

Published

on

DigiSaham

MEDIABUMN.COM, Jakarta – DigiSaham, sebuah platform edukasi saham berbasis aplikasi WhatsApp resmi dilaunching oleh PT M Cash Integrasi Tbk. (MCAS).

Dalam peluncuran DigiSaham, MCAS menggandeng anak PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk yakni, PT Telekomunikasi Seluler atau Telkomsel.

Direktur MCAS M. Anis Yunianto menjelaskan, DigiSaham merupakan salah satu inisiatif dari pihak perusahaan dengan membuat platform di WA.

DigiSaham dapat dinikmati oleh semua orang tanpa biaya, dan tersedia berbagai fitur personalisasi pada multiple watchlist, push/pull alert, notifikasi, berparameter dan fitur-fitur lainnya.

Yunianto menilai secara umum para pengguna ponsel tidak mau memiliki terlalu banyak aplikasi di dalam HP mereka.

Sehingga pemanfaatan platform WhatsApp dapat memudahkan masyarakat mendapatkan informasi mengenai pasar modal.

“Jadi investor ritel tidak perlu lagi duduk di depan komputer mereka karena sudah bisa dengan mudah mendapatkan notifikasi harga saham melalui WhatsApp mereka,” kata Anis Yunianto dalam keterangan resminya, Jumat (25/9/2020)

Dengan berbagai kemudahan ini, ia berharapkan platform DigiSaham dapat menjadi alat edukasi untuk mengenalkan dunia pasar modal kepada kaum milenial.

Dengan begitu, para generasi muda akan termotivasi untuk belajar mengenai saham dan berinvestasi sejak dini.

Penggunaan DigiSaham

Untuk penggunaan DigiSaham juga cukup sederhana, pengguna hanya perlu menyimpan kontak DigiSaham di nomor 081145608888 dan mengirimkan command “MCAS” ke WW DigiSaham untuk mulai melakukan fungsi pemantauan dasar pada berbagai saham favorit pengguna.

Ada juga paket premium yang disediakan bagi para investor yang membutuhkan analisis teknis yang lebih mendalam.

“Kami akan terus menghadirkan berbagai layanan inovasi baru yang dapat diakses dengan mudah melalui WA. Berbagai inovasi dari MCAS kami harapkan mmpu memberdayakan pengguna berbagai layanan yang dapat beroperasi di dalam satu platform,” harapnya.

Dalam menjalankan platform DigiSaham, MCAS juga bekerjasama dengan Telkomsel, yaitu pelanggan Telkomsel bisa berlangganan paket premium DigiSaham menggunakan Telkomsel POIN.

Denok Andriani selaku General Manager Loyalty Management PT Telkomsel, mengatakan, pelanggan Telkomsel cukup dengan menukarkan 5 Telkomsel POIN.

Selanjutnya pelanggan bisa mendapatkan voucher berlangganan premium DigiSaham untuk satu bulan.

“Telkomsel berkomitmen untuk terus maju menghadirkan berbagai produk inovasi yang dapat memberikan manfaat teknologi digital bagi semua pelanggan dan di segala sektor kehidupan,” tutupnya. []

Continue Reading

Trending

Copyright © 2019 MEDIABUMN.COM

error: Content is protected !!