Ekonomi Digital Indonesia Akan Tumbuh Mencapai Rp1.700 Triliun di Tahun 2020

by

Perubahan! Ya Kalimat tersebut sering kali terdengar dari seluruh pelaku industri yang mulai tergeser bisnisnya karena digitalisasi zaman yang menuntut kecepatan dan kemudahan pelayanan.

Ekonomi digital kini menjelma menjadi salah satu sumber pertumbuhan ekonomi sebuah negara. Bagi Indonesia, pertumbuhan ekonomi berbasis digital menjadi peluang sekaligus tantangan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Dalam beberapa kesempatan, Presiden Joko Widodo kerap kali mengatakan bahwa Indonesia memiliki potensi besar untuk mengembangkan ekonomi digital dan memiliki potensi pasar yang cukup besar. Indonesia menjadi negara ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara karena 94,3 juta dari 250 juta jumlah penduduk merupakan pengguna internet.

Baca Juga : Sri Mulyani: “Saya Optimis Menatap Ekonomi 2018”

Agar dapat bersaing dan meraih peluang tersebut maka dibutuhkan percepatan infrastruktur yang strategis yang berhungungan dengan ekonomi digital tersebut. Tantangannya yaitu, Indonesia harus mampu menciptakan sistem yang saling keterkaitan antara logistik dunia dengan produk-produk yang ada di rural area. Selain itu, permodalan kepada pelaku pemula (startup) juga menjadi sangat penting agar dapat tumbuh dan berkembang. Begitu pula dengan deregulasi strategis untuk membangun industri e-commerce yang baik

Sementara itu, menurut Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara menyebut beberapa tantangan yang harus dihadapi dalam ekonomi digital. Pada tahun 2020, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memproyeksikan ekonomi digital di Indonesia mampu tumbuh mencapai 130 miliar dollar AS atau Rp 1.700 triliun (kurs Rp Rp 13.333 per dollar AS). Angka tersebut diproyeksikan mencapai 20 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia. Proyeksi tersebut naik dari realisasi 2017 sebesar 75 miliar dollar AS atau Rp1.000 Triliun.

Baca Juga : 56% Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Disumbang oleh Sektor Konsumsi

Menurutnya ada tujuh syarat yang harus dipenuhi agar tujuan ekonomi digital Indonesia sesuai dengan harapan. Syarat pertama yaitu Sumber Daya Manusia (SDM) yang memadai. Kemudian syarat kedua adalah infrastrukur logistik yang harus dapat terpenuhi, karena seperti diketahui bahwa 24 persen PDB habis untuk keperluan logistik. Selanjutnya syarat ketiga sampai syarat ketujuh di antaranya proteksi konsumen, perpajakan, keamanan dan infrastruktur pendukung teknologi. []ct

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *