Connect with us
new year eve

HIGHLIGHT BUMN

Ekonomi Digital Indonesia Kuasai Pasar ASEAN, ini Kata Erick Thohir!

Published

on

Ekonomi Digital Indonesia

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Ekonomi Digital Indonesia diprediksi akan terus bertumbuh hingga menjadi yang terbesar di kawasan Asia Tenggara.

Bahkan pada tahun 2030 mendatang diperkirakan Ekonomi Digital Indonesia nilainya bisa tumbuh hingga Rp4.800 triliun.

Hal ini disampaikan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir melalui YouTube, Selasa (23/8/2022).

Menurutnya, saat ini kelas menengah di Indonesia yang jumlahnya mencapai 145 juta akan terus bertumbuh, dan sebagian besar merupakan usia produktif.

Maka dalam waktu 8 tahun hingga 2030 nanti potensi pertumbuhan ekonomi digital Indonesia bisa semakin pesat karena didukung faktor demografi.

“Ekonomi digital kita akan menjadi yang terbesar di Asia Tenggara, maka dari sekarang kita harus menangkap momentum itu sebagai peluang untuk meningkatkan ekonomi di masa depan,” kata Erick Thohir.

Jika peluang ini bisa dimaksimalkan, Erick optimis cita-cita Indonesia menjadi negara maju di tahun 2045 nanti bisa terwujud.

Ia menjelaskan, saat ini sedang terjadi perubahan secara global dan merupakan sebuah momentum besar yang harus dimanfaatkan Indonesia.

Bahkan momentum perubahan yang luar biasa akan terjadi di tahun 2030, dan di 2038 grafiknya berubah.

“Maka kita harus tentukan kita mau dimana posisinya, apa mau jadi pemain atau penonton, atau mau jadi komentator? Dari sekarang harus dipersiapkan, karena tahun 2045 sebenarnya sudah nggak lama lagi,” ungkapnya.

Untuk meningkatkan ekonomi digital Indonesia, Kementerian BUMN terus mendorong seluruh perusahaan pelat merah untuk beradaptasi dan berinovasi sesuai kemajuan zaman.

Penekanan ini terutama bagi BUMN yang bergerak di bidang IT, seperti PT Telkom Indonesia untuk membangun infrastruktur, mengembangkan data center hingga peningkatan kualitas jaringan.

Menurut Erick, inovasi itu bagian dari nafas perusahaan agar tetap bertahan, jangan seperti dinosaurus yang tak mau beradaptasi hingga akhirnya punah.

Selain itu, Kementerian BUMN juga telah menyiapkan pendanaan perusahaan rintisan atau startup lokal untuk mengembangkan teknologi terkini.

Dengan bertumbuhnya startup teknologi, maka akan mendorong kemandirian negara dalam pengenbangan ekonomi digital agar nantinya bisa menjadi pemain, tak hanya penonton saja.

“Kami meminta perusahaan startup teknologi yang aada di Indonesia untuk memberikan kontribusi terbaik dalam membangun negara. Baik itu dari penerimaan pajak dan pembukaan lapangan kerja,” kata dia.

Bagi perusahaan yang sudah maju, Erick juga mengimbau agar mau melepas saham (go public) di Indonesia, bukan di luar negeri agar pajaknya juga masuk ke kas negara. []

Continue Reading

HIGHLIGHT BUMN

Transformasi BUMN Tuai Apresiasi ADB dalam Bentuk Pinjaman US$ 500 juta

Published

on

The Asian Development Bank

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Transformasi BUMN yang dikoordinasi oleh Kementerian BUMN di bawah pimpinan Erick Thoir selama tiga tahun , terbukti membuahkan hasil. Erick telah membawa perubahan di perusahaan-perusahaan pelat merah sehingga makin inovatif dan efisien. Pembentukan holding dan subholding, terbukti mampu meningkatkan pendapatan dan aset BUMN.

Atas kerja keras yang dilakukan Kementerian BUMN ini, The Asian Development Bank (ADB) memberikan dukungan agar transformasi BUMN dapat terus dijalankan. Melalui siaran pers pada hari Kamis (17/11) kemarin, ADB menyatakan telah menyetuji pinjaman sebesar US $ 500 juta untuk mendukung reformasi di kementerian BUMN.

“ADB dengan senang hati memberikan dukungan kepada pemerintah, melalui reformasi di BUMN,” kata Senior Public Management Specialist ADB untuk Asia Tenggara Yurendra Basnett.

Gaung tranformasi BUMN memang mulai terdengar dan mendapat dukungan dunia internasional. Bukan cuma ADB, Bank Pembangunan Jerman KfW, juga akan turut dalam pembiayaan bersama dengan pinjaman sebesar 300 juta euro atau sekitar US$ 295,8 juta.

“Kami bersyukur kerja keras selama tiga tahun terakhir membuahkan hasil yang signifikan dan ini diakui secara internasional,” kata Erick Thohir menanggapi kepercayaan lembaga keuangan internasional terhadak kinerja kementeriannya.

Sebagai informasi, pinjaman dari ADB dan KfW merupakan pinjaman program yang semua dananya langsung masuk ke kas negara untuk pendanaan defisit negara. “Jadi tidak ada yg masuk ke Kementerian BUMN,” ujar Erick.

Jadi, imbuh Erick, Kementerian BUMN memberikan kontribusi ke kas negara sekitar $800 juta atau Rp 12,5 trilliun di 2023. Selain dipercaya lembaga keuangan internasional, BUMN juga akan memberikan kontribusi dividen sebesar Rp 48 trilliun di 2023.

ADB juga melihat peran BUMN sebagai garda utama dalam menanggulangi pandemi COVID-19 dan punya peran kunci dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional. Oleh karena itu, keberlanjutan reformasi dan transformasi BUMN menjadi penting.

Dalam hal ini, ADB mengapresiasi reformasi dan transformasi di Kementerian BUMN dan BUMN yang akan dilakukan di 2023 dan 2024. Sebagai contoh, salah satu kebijakan yang sedang di dorong oleh Erick agar Kementerian BUMN menerima persentase kecil dari dividen.

“Sejak 2020, saya telah berjuang agar Kementerian BUMN mendapatkan 1% dari dividen BUMN. Ini penting sebagai bagian dari apresiasi terhadap kinerja Kementerian BUMN karena kami harus mengawal aset-aset BUMN. Alhamdullilah, ADB juga melihat hal yang sama,” ujar Erick.

Untuk memastikan keberlanjutan dari reformasi dan transformasi BUMN, Kementerian BUMN sedang membuat peta jalan 2024-2034 yang merupakan kelanjutan dari peta jalan 2020-2024. Peta jalan 2024-2034 di targetkan selesai di kwartal pertama 2023. Salah satu target peta jalan ini adalah memastikan BUMN sebagai salah satu aktor utama dalam mendorong tercapainya tujuan Indonesia menjadi negara berpenghasilan tinggi pada tahun 2045.

Melalui program transformasi BUMN, pada tahun 2021 pendapatan konsolidasi BUMN meningkat 18,8% menjadi Rp 2,295 triliun. Sementara itu, laba konsolidasi BUMN juga melesat 838,3% jadi Rp 124,7 trilun pada tahun 2021 lalu.

Laporan keuangan gabungan atau agregat BUMN ini, baru pertama kali diterbitkan oleh Kementerian BUMN dalam sejarah untuk tahun buku 2021. Dengan adanya laporan keuangan ini, maka kementerian BUMN berharap tidak ada lagi risiko pencatatan ganda sehingga akuntabilitas dan transparansi pada publik dapat dipertanggungjawabkan.

“Kami berharap, BUMN dapat memberikan kontribusi yang terus meningkat pada perekeonomian Indonesia dan bermanfaat bagi lebih banyak orang,” tutup Erick. []

Continue Reading

HIGHLIGHT BUMN

FIFA dan IOC Hadir di KTT G20, Erick Thohir: “Dunia Dukung Kemajuan Olahraga Indonesia”

Published

on

FIFA dan IOC

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Menteri BUMN, Erick Thohir menyatakan kehadiran IOC dan FIFA pada KTT G20 di Bali sejalan dengan persepsi positif negara-negara maju terhadap perkembangan Indonesia di masa depan. Menurut Erick, pertumbuhan ekonomi yang stabil dan prospek market yang luas membuat kedua organisasi olahraga internasional optimistis olahraga Indonesia akan turut berkembang.

“Sejak pembukaan G20 ini, semua negara memberikan apresiasi kepada Presiden Joko Widodo dan Indonesia atas kemajuan dan prospek masa depan Indonesia. Karena kemajuan olahraga sejalan dengan pertumbuhan ekonomi dan pasar yang besar, maka IOC dan FIFA juga melihat hal serupa dan keduanya siap memberikan dukungan bagi olahraga kita,” ujar Erick Thohir usai menjamu Presiden IOC, Thomas Bach dan Presiden FIFA, Gianni Infantino di sela-sela G2- Leaders’s Lunch di Apurva, Badung, Bali, Selasa (15/11).

Dalam jamuan yang didampingi Ketua Indonesia Olympic Commitee, Raja Sapta Oktohari itu, Erick menjelaskan kehadiran Thomas Bach dan Gianni Infantino juga bertujuan untuk memperkuat sinergitas dengan Indonesia yang akan menjadi tuan rumah kejuaraan berlevel dunia.

“Sejak kesuksesan Asian Games 2018, dunia kian mengakui kemampuan Indonesia dalam menggelar event internasional. Baik soal teknis, fasilitas, maupun hospitality. Apalagi sebentar lagi kita akan jadi tuan rumah Piala Dunia FIFA U-20, lalu Kejuaraan Dunia Basket, World Beach Games, jadi saya pikir, jika IOC dan FIFA optimistis, maka kita harus lebih yakin bahwa olahraga kita bisa maju, termasuk industrinya,” tambah Erick yang juga IOC Member.

Dengan semangat perdamaian dan sportifitas yang dijunjung tinggi olahraga, Erick menambahkan keberadaan IOC dan FIFA di G20 juga menyebarkan pesan bahwa olahraga harus menjadi pemersatu, mendamaikan, dan penghilang konflik.

“Pesan yang disampaikan IOC dan FIFA di G20, dan dikaitkan dengan konflik di belahan dunia lain, kita harus sadar olahraga itu seharusnya mendamaikan dan tidak memunculkan perpecahan. Ini juga harus menjadi pelajaran bagi kita agar tak ada lagi kerusuhan atau konflik di olahraga dan sepakbola kita,” ujarnya. []

Continue Reading

HIGHLIGHT BUMN

Erick Thohir Ajak Millenials BUMN Jadi Pahlawan BUMN

Published

on

Millenials

MEDIABUMN.COM, Jakarta – Menteri BUMN, Erick Thohir mengatakan bahwa millenial BUMN harus menjadi Pahlawan BUMN dengan menerapkan Core Value AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmoni, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif). Ini merupakan peranan penting dalam pembangunan Indonesia yang berkelanjutan juga perkembangan teknologi yang begitu cepat dan dinamis untuk bertransformasi menuju BUMN yang unggul.

Hal ini disampaikan oleh Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga, Rabu (9/11) dalam kegiatan Gelora Millenial BUMN 2022 untuk memperingati hari Pahlawan diatas KM Sinabung armada milik PT.Pelni (Persero).

“Pak Erick ingin millenial muda BUMN menjadi pemimpin masa depan Indonesia sebagai pahlawan BUMN yang siap berkontribusi untuk masyarakat Indonesia agar terciptanya Indonesia maju. Oleh karena itu milenial muda BUMN harus menjadi agent of change di perusahaan BUMN masing-masing” ungkap Arya.

Lebih lanjut Arya meminta peserta Gelora Millenial BUMN untuk merancang program tahun 2023 yang berkaitan dengan pilar berkolaborasi antar klaster BUMN yang kedepannya program tersebut dapat dilaksanakan di masing-masing BUMN di seluruh Indonesia. “Pak Erick memberikan kesempatan serta ruang yang luas untuk Millenial muda BUMN menciptakan ide – ide inovatif dan terobosan baru dalam menggerakkan BUMN berkarya untuk masyarakat indonesia” pungkas Arya.

Hal ini juga didukung oleh Direktur SDM dan Umum PT.Pelni (Persero), Rainoc, berharap agar program-program tersebut dapat diimplementasikan sehingga dapat mendorong perekonomian Indonesia di sektor bahari. “Saya berharap program yang terbentuk dari kegiatan Gelora Millenial BUMN ini tidak hanya rencana saja tapi benar-benar dapat terlaksana di tahun 2023 tidak lupa memperhatikan juga sektor bahari di Indonesia” ucap Rainoc.

Direktur Usaha Barang dan Tol Laut PT.Pelni (Persero), Yossianis Marciano yang juga Direksi BUMN Millenial, hadir memberikan motivasi kepada peserta tentang semangat millenial dalam bekerja di BUMN.

“Millenial BUMN sekarang tidak mengenal kata menyerah, tidak ada kata mungkin, semua harus bisa. Kita harus berjuang layaknya pahlawan BUMN, doing the best bekerja di BUMN, jadi mari kita satukan visi misi untuk masa depan BUMN untuk Indonesia” tegas Yossi.

Kegiatan Gelora Millenial BUMN tahun 2022 ini merupakan kegiatan yang pertama kalinya diselenggarakan dengan berlayar dari Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar dan akan berlabuh di Pelabuhan Surabaya menggunakan KM Sinabung armada milik PT. Pelni (Persero).

Acara ini berlangsung selama 2 hari yaitu pada 8 s.d. 10 November 2022 diikuti oleh 200 Peserta millenial perwakilan dari 14 klaster BUMN dan juga Anggota BUMN Muda dari seluruh Indonesia. Diawali dengan kegiatan Forum Group Discussion (FGD) perancangan program tahun 2023, pembagian kaos AKHLAK kepada penumpang kemudian ditutup dengan upacara bendera merah putih diatas kapal dalam rangka peringatan hari pahlawan 10 November 2022 yang turut dihadiri Direktur Utama PT.Pelni (Persero), Tri Andayani.[]

Continue Reading

BNI

Label

Trending

Copyright © 2019 MEDIABUMN.COM